Dampak Game Online Mobile Legends terhadap Perilaku Remaja
DOI:
https://doi.org/10.56393/antropocene.v1i1.16Keywords:
Game Online, Mobile Legends, Remaja, PerilakuAbstract
Game online mobile legends merupakan permainan yang terhubung melalui jaringan internet dan dimainkan secara individu atau kelompok. Game online mobile legends berdampak bagi para remaja yang dapat mengubah perilaku remaja pemain game online mobile legends. Penelitian ini berfokus pada ketertarikan remaja yang bermain game online mobile legends dan dampak dari game online mobile legends terhadap perilaku remaja yang ada di Kelurahan Manguharjo Kecamatan Manguharjo Kota Madiun. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis dan mendeskripsikan mengenai ketertarikan remaja yang bermain game online mobile legends dan dampak dari game online mobile legends terhadap perilaku remaja yang ada di Kelurahan Manguharjo Kecamatan Manguharjo Kota Madiun. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian dilakukan di Kelurahan Manguharjo Kecamatan Manguharjo Kota Madiun dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dampak game online mobile legends sangat berpengaruh terhadap perilaku remaja yang memainkannya dan lingkungan di sekitarnya. Peran orangtua sangat penting untuk mengantisipasi perilaku buruk remaja yang diakibatkan oleh game online mobile legends.
Downloads
References
Arif, Kustiawan Andri, & Widhiya Bayu Utomo. Andy. (2019). Jangan Suka Game Online Pengaruh Game Online Dan Tindakan Pencegahan. Magetan. CV. AE MEDIA GRAFIKA.
Bachri, Bachtiar S. (2010). Meyakinkan Validitas Data Melalui Triangulasi Pada Penelitian Kualitatif. Surabaya: (online), (http:// yusuf.staff.ub. ac.id/files/2012/11/ meyakinkan-validitas-data-melalui-triangulasi-pada-penelitian-kualitatif.pdf, diunduh 6 Juli 2020.
Gultom, A. F. (2019). Konsumtivisme Masyarakat Satu Dimensi Dalam Optik Herbert Marcuse. Waskita: Jurnal Pendidikan Nilai dan Pembangunan Karakter, 2(1), 17-30. https://doi.org/10.21776/ub.waskita.2018.002.01.2
Gultom, A. F., Munir, M., & Ariani, I. (2019). Perubahan Identitas Diri Dalam Eksistensialisme Kierkegaard: Relevansinya Bagi Mental Warga Negara Indonesia. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 9(2), 77-84. http://dx.doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v9i2.8052
Haekal, Mohammad. (2017). Hubungan Intensitas Bermain Game Online Terhadap Terjadinya Stres, Depresi, Social, Phobia, Gangguan Tidur Serta Perilaku Agresif. Medan: Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Univesitas Sumatera Utara Medan.
Hariyanti, Mey. (2015). Analisis Data Kualitatif Miles Dan Hubermen. Malang: (online), (https://www.kompasiana.com/meykurniawan/556c450057937332048b456c/analisis-data-kualitatif-miles-dan-hubermen, diunduh 6 Juli 2020).
Khoiriyah, Siti. (2018). Dampak Game Online Terhadap Perilaku Remaja Dalam Pelaksanaan Ibadah Sholat Lima Waktu Di Desa Rangai Kecamatan Katibung Kabupaten Lampung Selatan. Lampung: Fakultas Dakwah Dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Kewuel, H. K. (2019). Journalism Ethics And Role Of Interfaith Harmony Forum In Social Media. Waskita: Jurnal Pendidikan Nilai Dan Pembangunan Karakter, 3(2), 17–26. https://doi.org/https://doi.org/10.21776/ub.waskita.2019.003.02.2
M. Hikmat, & DR. Mahi. (2011). Metode Penelitian Dalam Perspektif Ilmu Komunikasi Dan Sastra. Yogyakarta; GRAHA ILMU.
Nainggolan. Sardo. (2019). Pengaruh Game Online Pada Perkembangan Anak. Medan: (online),(https://www.kompasiana.com/sardo45219/5db9a2c0d541df048d420e02/pengaruh-game-online-pada-perkembangan-anak, di unduh 29 Juli 2020).
Rahardjo, Mudjia. (2010). Triangulasi Dalam Penelitian Kualitatif. Malang: (online), (https://scholar.google.co.id/citations?user=E-DA_7EAAAAJ&hl=id, di unduh 22 Juli 2020).
Rustan. Syah. (2015). Memahami Triangulasi. Cirebon: (online), (https://www.kompasiana.com/syahrustan/557c52fdf61b97e377620/memahami-triangulasi, di unduh 22 Juli 2020).
Qothrun, Nada Ika. (2019). Pengaruh Game Online Mobile Legends Terhadap Sikap Belajar Siswa Kelas XI MIPA 2 SMAN 1 Taman Sidoarjo. Sidoarjo: Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.
Rani, Devita. (2018). Dampak Game Online Mobile Legends:Bang Bang Terhadap Mahasiswa Di Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Medan Area. Medan: Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Medan Area.
Saputra, Irsan. (2013). Analisis Strategi Pemberdayaan Pegawai Dengan Pendekatan “Strength Based Management” Di Sekretariat Daerah Provinsi Kepualuan Bangka Belitung. Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Terbuka Jakarta.
Saputra, Pengki. (2019). Kemampuan Kontrol Diri Remaja Pecandu Game Mobile Legends Di Kelurahan Kebun Beler Kota Bengkulu. Bengkulu: Prodi Bimbingan Konseling Islam Jurusan Dakwah Fakultas Ushuluddin Adab Dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu.
Suhaidi, Achmad. (2014). Pengertian Sumber Data, Jenis-Jenis Data Dan Metode Pengumpulan Data.(online), (https://ahcmadsuhaidi. wordpress.com//2014/02/26/ pengertian-sumber-data-jenis-jenis-data-dan-metode-pengumpulan-data/, diunduh 6 Juli 2020).
Trikanti, Utami Windi. (2019). Hubungan Kebiasaan Bermain Game Online Dengan Perilaku Belajar Siswa Kelas V SD Al-Kautsar Bandar Lampung. Bandar Lampung: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung Bandar Lampung.
Ulfa, Mimi. (2017). Pengaruh Kecanduan Game Online Terhadap Perilaku Remaja Di Mabes Game Center Jalan HR.Subrantas Kecamatan Tampan Pekanbaru. Pekanbaru: (online). (https://media.neliti.com/media/publications/119938-ID-pengruh-kecanduan-game-online-terhadap.pdf. diunduh 10 April 2020).
Ulum, Bahrul. (2018). Game “Mobile Legends Bang” Di Kalangan Mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya Dalam Tinjauan “One Dimensional Man” Herbert Marcuse. Surabaya: Program Studi Aqidah Dan Filsafat Islam Fakultas Ushuludin Dan Filsafat Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.