Pengembangan Media Maze Adventure Game Untuk Meningkatkan Prestasi dan Minat Belajar Matematika
DOI:
https://doi.org/10.56393/didactica.v1i1.103Keywords:
Matematika, Maze Adventure Game, Minat Belajar, Prestasi BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan dan respon siswa media maze adventure game yang layak dalam pembelajaran matematika kelas IV SD N 1 Buayan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, kuesioner, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian yaitu: (1) media maze adventure game layak digunakan dilihat dari hasil penilaian ahli materi yaitu 86 kriteria baik sekali dan ahli media yaitu 67 kriteria baik sekali; (2) respon siswa terhadap media maze adventure game sangat baik dilihat dari hasil angket respon siswa yaitu 73 (91%). Respon guru terhadap media sangat baik dilihat dari hasil wawancara guru yaitu 29,5 (98,3%); (3) media maze adventure game dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dilihat dari skor rata-rata hasil pretest dan postest yaitu 56,25 menjadi 83,75; (4) media maze adventure game dapat meningkatkan minat belajar siswa dilihat dari skor rata-rata dan persentase hasil angket minat siswa sebelum dan sesudah menggunakan media maze adventure game yaitu 91 (75,8%) baik menjadi 115 (95,8%) sangat baik.
Downloads
References
Astri Nur Wulandari dan Mawardi. 2018. Pengembangan Media Papan Tempel Bangun Datar Berbasis Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Pigur Volume 01, Nomor 02, Agustus 2018. Salatiga: UKSW.
Djaali. 2015. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Donni Juni Priansa. 2017. Pengembangan Strategi dan Model Pembelajaran. Bandung: CV Pustaka Setia.
Gultom, A. F. (2011). Guru Bukan Buruh. Malang: Servaminora.
Heruman. 2007. Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
KBBI, 2016. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). [Online] Available at: http://kbbi.web.id/labirin [Diakses 3 Februari 2020].
KBBI, 2016. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). [Online] Available at: http://kbbi.web.id/petualangan [Diakses 3 Februari 2020].
Prayudi, K. A. W., Arthana, I. K. R., & Wirawan, I. M. A. (2015). Pengembangan Game Labrin Matematika Tingkat SD. KARMAPATI (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika), 4(5), 414-421.
Rayandra Asyhar. 2012. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi Jakarta.
Sriyanto. 2017. Mengobarkan Api Matematika. Jawa Barat: CV Jejak.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development. Bandung: Alfabeta.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.
Susanto, Eko. 2009. 60 Games untuk Mengajar. Yogyakarta: Lukita.
Syaiful Bahri Djamarah. 2012. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.
Undang-undang No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.