Pengembangan Media Pembelajaran Educandygame untuk Meningkatkan Pemahaman Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.56393/didactica.v4i1.2428Keywords:
Media Pembelajaran, Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial, Game Educandy, Sekolah DasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan kelayakan permainan edukatif dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dengan materi "Tumbuhan Sebagai Sumber Kehidupan di Bumi" di kelas IV Sekolah Dasar Negeri Bandungrejosari 3, 2) Mendeskripsikan kepraktisan penggunaan permainan edukatif lingkungan hidup dalam pembelajaran IPA di kelas IV Sekolah Dasar Negeri Bandungrejosari 3, dan 3) Mendeskripsikan keefektifan permainan edukatif lingkungan hidup dalam pembelajaran IPA di kelas IV Sekolah Dasar Negeri Bandungrejosari 3. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan, dengan menerapkan model Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation (ADDIE), yang mencakup lima tahap: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Bandungrejosari 3. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner yang divalidasi oleh ahli materi, ahli bahasa, ahli media, serta guru kelas IV. Analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan kelayakan yang tinggi (materi 90%, bahasa 84,37%, media 91,66%), kepraktisan yang baik (guru 95%, siswa 83,90%), serta efektivitas yang sangat baik dengan hasil belajar siswa mencapai 97,91%. Permainan edukatif lingkungan hidup Educandy dinyatakan sangat layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran IPA.
Downloads
References
Agung, L., & Wahyuni, S. (2013). Perencanaan Pembelajaran Sejarah.Yogyakarta: Penerbit Ombak
Daryanto. (2016). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Grava Media
Fathurrohman, Pupuh & Sutikno, S. (2014). Strategi belajar mengajar. Bandung: PT Refika Aditama
Gafur, A. (2012). Desain Pembelajaran. Yogyakarta: Ombak Dua
Indriana, D. (2011). Ragam Alat Bantu Media Pembelajaran. Yogyakarta: DIVA press.
Kuntowijoyo. (2013). Pengantar Ilmu Sejarah. Yogyakarta: Tiara Wacana
Rusman, D. (2012). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Susilana, Rudi., Riyana, Cepi. 2009. Media Pembelajaran: Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan dan penilaian. Bandung: Wacana Prima.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sanjaya, W. (2012). Media Komunikasi Pembelajaran, Jakarta: Pranada media group.
Sitiatava Rizema, P. (2013). Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis educandy. Yogyakarta: DIVA press.
Sumiharsono, Rudy. & Hasanah, Hisbiyatul. 2017. Media Pembelajaran: Buku Bacaan Wajib Dosen, Guru dan Calon Pendidik. Jember: Pustaka Abadi.
Winarmo. (2009). Teknik Multimedia Pembelajaran. Yogyakarta: Genius Prima Media.
Yoran, Angela Mariana. 2013. Lernetui Als Lernmedien Des Deutschen Wortschatz Für Die Lesefertigkeit In
Yumarlin, MZ. (2013). Pengembangan Permainan Ular Tangga. Jurnal Teknik, 3, 75-84.