Menjelajahi Potensi Rekonstruksionisme Pendidikan Kristen di Era Transformasi Digital

Authors

  • Herlina Barre Allo Institut Agama Kristen Negeri Toraja

DOI:

https://doi.org/10.56393/intheos.v4i7.2133

Keywords:

Digitalisasi, Pendidikan, Transformasi, Rekonstruksionisme

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan metode studi kepustakaan dan berfokus pada transformasi pendidikan di era digital, khususnya dalam konteks pendidikan Kristen. Di era digitalisasi, pendidikan mengalami transformasi yang signifikan, dimana penggunaan media digital semakin meluas dan memberikan peluang baru dalam proses belajar mengajar. Tidak lagi terkurung dalam empat dinding ruang kelas, siswa kini dapat mengakses berbagai informasi dan sumber daya melalui internet, memungkinkan pengalaman belajar yang lebih personal dan fleksibel. Transformasi ini sangat relevan bagi pendidikan Kristen, membuka peluang untuk menggali potensi rekonstruksionisme. Penelitian ini menemukan bahwa rekonstruksionisme di era digital melibatkan reorganisasi dan rekonstruksi praktik pendidikan Kristen tradisional agar dapat selaras dengan kemajuan teknologi dan kebutuhan peserta didik di era digital. Dengan mengintegrasikan alat dan sumber daya digital, pendidikan Kristen dapat beradaptasi dengan lanskap pendidikan yang terus berubah, menyediakan lingkungan belajar yang lebih menarik dan efektif bagi siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Antoniuk, Larysa, and Victoria Zasiadivko. 2023. “Literasi Digital Dan Teknologi Untuk Pendidikan: Prinsip Dan Alat.” Grail dari Sains.

Echols, John M, and Hassan Shadily. 2005. Kamus Indonesia Inggris. Jakarata: Gramedia.

Fauziyyah, N. 2020. “Pintar Pendidik Untuk Siswa Era Digital.” INSANIA: Jurnal Pemikiran Pendidikan Alternatif.

H.Sihotang. 2020. “Penggunaan Media Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Di Masa Pandemi Covid-19.” Immanuel: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen.

Hafidah, Ruli, and Sunardi. 2023. “Pendidikan Di Indonesia Berbasis Aliran Pendidikan (Konsep Dan Praktek).” Pendidikan: Jurnal Ilmu Pendidikan.

Haqqi, H., and H. Wijayati. 2019. Revolusi Industri 4.0 Di Tengah Society 5.0: Sebuah Integrasi Ruang, Terobosan Teknologi, Dan Transformasi Kehidupan Di Era Disruptif. Anak Hebat Indonesia. Yogyakarta: Quadrant.

Idris, Saifullah. 2014. Demokrasi Dan Filsafat Pendidikan (Akar Filsafat Dan Implikasinya Dalam Perkembangan Filsafat Pendidikan. Banda Aceh: Ar-Raniry Press.

Ikmal, H. 2021. Nalar Humanis Dalam Pendidikan: Belajar Dari Ki Hadjar Dewantara Dan Paulo Freire. Jakarata: Nawa Litera Penerbitan.

Jihad, A. 2013. Menjadi Guru Profesional: Strategi Peningkatan Kualifikasi Dan Kualitas Guru Di Era Global. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Karo, Desire Karo, Christien Sekar Mawarni Waruwu, and Aris Katanga Mbuha Jarang. 2023. “Desain Materi Pembelajaran Berbasis Proyek: Memotivasi Siswa Melalui Belajar Aktif Pada Pelajaran Pendidikan Agama Kristen.” Jurnal Pendidikan Kristen.

Kristiawan, Muhammad. 2016. Filsafat Pendidikan Yogyakarta. Yogyakarta: Valia Pustaka.

Mohamad, A. 2017. Kurikulum: Esensi, Landasan, Desain Dan Pengembangan. Jakarta: Prenada Media.

Munti, N. Y. S., and D. A. Syaifuddin. 2020. “Analisa Dampak Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Bidang Pendidikan.” Jurnal Pendidikan Tambusai.

Ndruru, B., and M Lawalata. 2023. “Signifikansi Guru Pendidikan Agama Kristen Di Era Teknologi Terhadap Karakter Rohani Peserta Didik.” Jurnal Teologi Cultivation.

Nide, Ester. 2023. “Kontribusi Pendidikan Agama Kristen Di Era Digital.” Jurnal Teologi Injili dan Pendidikan Keagamaan.

Qomariyah, N. 2017. “Pendidikan Islam Dan Aliran Filsafat Pendidikan Rekonstruksionis.” Al-Falah : Jurnal Ilmiah Islam dan Masyarakat.

Rantung, Djoys Anneke, and Lamhot Naibaho. 2023. “Integrasi Teknologi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen (PAK) Sebagai Peluang Dan Tantangan Di Era Digital.” Jurnal pada Pendidikan.

Ruskandi, Kanda, Erik Yuda Pratam, and Dina Jatnika Nurmala Asri. 2021. Transformasi Arah Tujuan Pendidikan Di Era Society 5.0. Jawa Barat: CV. Caraka Khatulistiwa.

Sari, Dwi Wulan, and Kiki Ayu Hermawati. 2023. “Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Menggunakan Pendekatan Rekonstruksi Sosial.” Raudhah Bangga Menjadi Profesional : Jurnal Tarbiyah Islamiyah.

Setiawan, D. 2018. “Dampak Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Terhadap Budaya.” JURNAL SIMBOLIKA: Research and Learning in Communication Study.

Simanjuntak, Junihot. 2021. Filsafat Pendidikan Dan Pendidikan Kristen. Penerbit Andi.

Thung, Khoe Yao. 2021. Filsafat Pendidikan Kristen : Meletakkan Landasan Dan Filosofi Pendidikan Kristen Di Tengah Tantangan Filsafat Dunia. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Uni, Orindevisa, and Maria Kapurung. 2023. “Peran Pendidikan Agama Kristen Dalam Mengantisipasi Dampak Negatif Internet Di Gereja Toraja Jemaat Tallunglipu.” Theologi Insani 2.

Wakaf, Rita Klara, Wiesye Agnes Wattimury, and Ricky Donald Montang. 2023. “Peran Gereja Dalam Meningkatkan Kualitas Spiritual Remaja:.” EIRENE: Jurnal Teologi Ilmiah.

Wily, Mohammad, and Nabilla Ryca Maulidiyah. 2023. “Pengaruh Akses Internet Terhadap Aspek Kualitas Kehidupan Masyarakat Indonesia.” Triwikrama: Jurnal Ilmu Sosial.

Yuliana. 2021. “The Philosophy Of Pancasila In The Religious Perspective In Indonesia During The Covid-19 Pandemic.” Pancasila : Jurnal Keindonesiaan.

Zubaidah, S. 2016. “Keterampilan Abad Ke-21: Keterampilan Yang Diajarkan Melalui Pembelajaran.” In Seminar Nasional Pendidikan,.

Downloads

Published

2024-05-25

How to Cite

Allo, H. B. (2024). Menjelajahi Potensi Rekonstruksionisme Pendidikan Kristen di Era Transformasi Digital. In Theos : Jurnal Pendidikan Dan Theologi, 4(7), 249–260. https://doi.org/10.56393/intheos.v4i7.2133

Issue

Section

Articles