Pengembangan Permainan Multiply Cards Sebagai Media Pembelajaran Perkalian Pada Siswa Kelas IV SD Negeri

Authors

  • Khairunnisa Khairunnisa Universitas PGRI Yogyakarta
  • Mahilda Dea Komalasari Universitas PGRI Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.56393/kognisi.v1i1.68

Keywords:

Pengembangan Permainan, Multiply Cards, Media Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan produk media pembelajaran multiply cards yang layak digunakan untuk materi kelipatan suatu bilangan. Tujuan kedua, untuk mengetahui tingkat keterampilan berhitung perkalian pada siswa dengan menggunakan media pembelajaran permainan multiply cards. Instrumen pengumpulan data menggunakan pedoman observasi angket wawancara respon guru, angket validasi ahli materi dan media, angket respon siswa, soal pretest dan posttest. Hasil penelitian menyatakan bahwa yang diperoleh dari ahli materi adalah 95% berkategori sangat baik, hasil oleh ahli media adalah 98%, berkategori sangat baik. Hasil dari respon siswa diperoleh 88% dengan kategori sangat baik, hasil respon guru diperoleh 93% berkategori sangat baik. Hasil uji efektivitas pengembangan media multiply cards dilihat dari berdasarkan nilai rata-rata pretest dan posttest. Nilai rata-rata pretest yaitu 64,66 sedangkan nilai rata-rata posttest yaitu 78,66. Maka adanya kenaikan dari nilai rata-rata posttest menunjukkan bahwa nilai rata-rata posttest lebih tinggi, dapat disimpulkan pengembangan media multiply cards efektif digunakan untuk meningkatkan keterampilan berhitung perkalian siswa kelas IV SD.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asyhar, Rayandra. 2012. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: GP Press.

BSNP. 2006. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP

Cahyaningtyas, Y. (2016). Pengembangan Permainan Multiply Cards sebagai Media Pembelajaran Perkalian pada Siswa Kelas IV MI Miftahul Huda Kecamatan Mijen (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).

Gultom, A. F. (2011). Guru Bukan Buruh. Malang: Servaminora.

Gultom, A. F. (2019). Konsumtivisme Masyarakat Satu Dimensi Dalam Optik Herbert Marcuse. Waskita: Jurnal Pendidikan Nilai dan Pembangunan Karakter, 2(1), 17-30. https://doi.org/10.21776/ub.waskita.2018.002.01.2

Gultom, A. F., Munir, M., & Ariani, I. (2019). Pemikiran Kierkegaard Tentang Manusia Agony dan Proses Penyembuhan Diri. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 4(2), 55-61. https://doi.org/10.21067/jmk.v4i2.4087

Kasanah, S. A., Damayani, A. T., & Rofian, R. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Role Playing Berbantu Media Multiply Cards terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 519-526.

Sadiman, Arief, dkk. 2012. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sanjaya,Wina. 2008. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sudjana, Nana, dkk. 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2003. Metode Penelitian & Pengembangan Reaserech and Development. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2021-06-29

How to Cite

Khairunnisa, K., & Komalasari, M. D. (2021). Pengembangan Permainan Multiply Cards Sebagai Media Pembelajaran Perkalian Pada Siswa Kelas IV SD Negeri. Kognisi : Jurnal Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 1(1), 30–34. https://doi.org/10.56393/kognisi.v1i1.68

Issue

Section

Articles