Implementasi Nilai-Nilai Pancasila untuk Menangkal Intoleransi dalam Hidup Sosial Warga Negara

Authors

  • Indah Cahaya Putri Universitas Pendidikan Indonesia
  • Dinie Anggraeni Dewi Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56393/konstruksisosial.v1i3.221

Keywords:

Implementasi Nilai, Prinsip Pancasila, Pedoman Hidup

Abstract

Tujuan penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi nilai-nilai Pancasila untuk menangkal intoleransi dalam hidup sosial warga negara. Pancasila memiliki nilai-nilai dasar yakni ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan, dan keadilan. Nilai-nilai itu menjadi landasan yang menjadi fokus peneliti untuk menyelesaikan masalah intoleransi dalam hidup sosial warga negara. Penelitian ini menggungakan studi kepustakaan. Teknik pengumpulan data menggunakan beberapa pustaka seperti buku, jurnal ilmiah, artikel ilmiah. Hasil penelitian menemukan dua poin penting yaitu pertama, nilai-nilai dasar dalam Pancasila perlu dimengerti dari konsep abstrak menjadi bentuk-bentuk tindakan untuk menatap perbedaan sebagai suatu kelumrahan.  Kedua, nilai ketuhanan universal menjadi pedoman dan sumber bagi sila-sila lainnya untuk mengerti bahwa ada konteks hidup bersama dalam universalitas untuk bisa mengerti tentang manusia, persatuan antar individu dan kelompok yang berbeda, penyelesaian dengan musyawarah, dan terwujudnya keadilan. Nilai-nilai dasar Pancasila di masing-masing pribadi dilakukan dengan menanamkan nilai toleransi dalam diri individu dengan menghargai perbedaan dan menganggap perbedaan sebagai bagian dari kebhinekaan dalam negara.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arliman, L. (2018). Perlindungan Hukum Bagi Anak Dalam Perspektif Pancasila dan Bela Negara. Unifikasi: Jurnal Ilmu Hukum, 5(1).

Asshiddiqie, J. (2011). Membudayakan Nilai-Nilai Pancasila dan Kaedah-Kaedah Undang-Undang Dasar Negara RI Tahun 1945. Prosiding Kongres Pancasila III.

Bo’a, F. Y. (2018). Pancasila sebagai Sumber Hukum Dalam Sistem Hukum Nasional. Jurnal Konstitusi, 15(1).

Detu, F. A. (2018). Kinerja Guru PKn Dalam Meningkatkan Nasionalisme Siswa (Studi Deskriptif di SMP Cokroaminoto Kotamobagu). Skripsi, 1(221410052).

Djamal D. (1986). Pokok-Pokok Bahasan Pancasila. Bandung. Penerbit: Remadja Karya

Gultom, A. F. (2010). Dialog Transformatif Agama Dan Kekerasan. JPAK: Jurnal Pendidikan Agama Katolik, 4(2), 279-289.

Gultom, A. F. (2016). Enigma Kejahatan dalam Sekam Filsafat Ketuhanan. Intizar, 22(1), 23-34.

Hanifah, I. (2021). Peluang Tenaga Kerja Asing Untuk Bekerja Di Indonesia Berdasarkan Rancangan Undang- Undang Cipta Kerja. De Lega Lata: Jurnal Ilmu Hukum, 6(1).

Harefa, A. (2011). Implementasi Pancasila sebagai Dasar Filsafat dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara. Didaktik: Jurnal Ilmiah Pendidikan, Humaniora, Sains, dan Pembelajarannya, 5(2).

Jones, S., Sarapung, E., Menchik, J., Azca, M. N., Jaffrey, S., Firawati, T., & Bagir, Z. A. (2015). Sisi Gelap Demokrasi: Kekerasan Masyarakat Madani di Indonesia. Centre for the Study of Islam and Democracy.

Kaelan. (2013). Negara Kebangsaan Pancasila. Yogyakarta: Penerbit Paradigma

Laboratorium Pancasila. (1981). Pancasila Dalam Kedudukan Dan Fungsinya Sebagai Dasar Negara Dan Pandangan Hidup Bangsa Indonesia, Surabaya, Penerbit: Usaha Nasional.

Laboratorium Pancasila. (1981). Pancasila Dalam Kedudukan Dan Fungsinya Sebagai Dasar Negara Dan Pandangan Hidup Bangsa Indonesia. Surabaya. Penerbit: Usaha Nasional.

Lubis, M.A. (2019). Pembelajaran PPKn di SD/MI Kelas Rendah, Bandung: Manggu Makmur Tanjung Lestari.

Maftuh, B. (2008). Internalisasi nilai-nilai Pancasila dan nasionalisme melalui pendidikan kewarganegaraan. Jurnal Educationist, 2(2), 134-144.

Mahfud MD. (2012). Makna dan Implikasi Pancasila sebagai Cita Hukum Dalam Peraturan Perundang- undangan di Indonesia, Jakarta, Penyelenggara: Institut Leimena & Center for Indonesian Constitutional Jurisprudence & Hanns Seidel Foundation.

Muslimin, H. (2016). Tantangan terhadap Pancasila sebagai ideologi dan dasar negara pasca reformasi. Jurnal Cakrawala Hukum, 7(1).

Sandi, R. N. G. (2020). Konsep Pancasila Dalam Pemikiran Mohammad Yamin 1945 (Doctoral dissertation, Universitas Jambi).

Siswoyo, D. (2013). Pandangan Bung Karno Tentang Pancasila Dan Pendidikan. JurnalCakrawala Pendidikan, 5(1).

Zabda, S. (2017). Aktualisasi Nilai-nilai Pancasila sebagai Dasar Falsafah Negara dan Implementasinya Dalam Pembangunan Karakter Bangsa. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 26(2).

Downloads

Published

2024-04-24

How to Cite

Putri, I. C., & Dewi, D. A. (2024). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila untuk Menangkal Intoleransi dalam Hidup Sosial Warga Negara. Konstruksi Sosial : Jurnal Penelitian Ilmu Sosial, 1(3), 72–78. https://doi.org/10.56393/konstruksisosial.v1i3.221

Issue

Section

Articles