Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Pancasila dalam Mengantisipasi Interaksi Asosial pada Generasi Z

Authors

  • Ervina Yunica Universitas Pendidikan Indonesia
  • Dinie Anggraeni Dewi Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56393/konstruksisosial.v1i4.222

Keywords:

Implementasi Nilai-Nilai, Pendidikan Pancasila, Interaksi Asosial, Generasi Z

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh interaksi asosial pada generasi muda di masa sekarang. Nilai-nilai Pancasila menjadi hal mendasar untuk mengantisipasi adanya interaksi asosial, terutama pada generasi Z.  Tujuan Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengkaji implementasi nilai-nilai Pancasila agar generasi Z di Indonesia tidak terjebak pada interaksi asosial, yang cenderung mengabaikan nilai kebersamaan antar individu dalam tata sosial karena adanya pengaruh media sosial. Penelitian ini menggunakan metode penelitian secara kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian, pertama generasi Z diajak untuk menghasilkan karya-karya inovasi berbasis teknologi kompetitif yang memiliki nilai-nilai Pancasila. Kedua, penerapan nilai-nilai Pendidikan Pancasila memerlukan tindakan aktif dari relasi antara para pendidik dan peserta didik untuk bersosialisasi dengan orang lain melalui forum diskusi baik di sekolah, di keluarga, maupun di lingkungan sosial. Rekomendasi dari peneliti adalah bahwa generasi Z dengan demikian mampu menghargai perbedaan di dalam lingkungan terdekat, akan dapat menumbuhkan rasa cinta dan bangga kepada diri sendiri sebagai warga negara yang baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aminullah, A. (2018). Implementasi Nilai-Nilai Pancasiladalam Kehidupan Bermasyarakat. Jurnal Ilmiah IKIP Mataram, 3(1), 620-628.

Bahar, S., & Hudawati, N. (2019). Risalah Sidang Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI).

Baureh, M. G. (2018, Desember). Dampak Yuridis Degradasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Kehidupan Sosial di Era Milenial. In Seminar Ilmiah Nasional Teknologi, Sains, dan Sosial Humaniora (SINTESA) (Vol. 1, No. 1).

Bencsik, A., & Machova, R. (2016). Knowledge Sharing Problems from the View Point of Intergeneration Management. In ICMLG2016, 4th International Conference on Management, Leadership and Governance: ICMLG 2016. Academic Conferences and publishing limited.

Corbin, J., & Strauss, A. (2014). Basics of Qualitative Research: Techniques and Procedures for Developing Grounded Theory. Sage Publications.

Fadilah, N. (2019). Tantangan dan Penguatan Ideologi Pancasila dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Journal of Digital Education, Communication, and Arts (DECA), 2(02), 66-78.

Fitriyani, P. (2018). Pendidikan karakter bagi generasi Z. Prosiding Konferensi Nasional Ke-7 Asosiasi Program Pascasarjana Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah (APPPTMA). Jakarta, 23-25.

Gultom, A. F. (2010). Dialog Transformatif Agama Dan Kekerasan. JPAK: Jurnal Pendidikan Agama Katolik, 4(2), 279-289.

Gultom, A. F. (2016). Enigma Kejahatan dalam Sekam Filsafat Ketuhanan. Intizar, 22(1), 23-34.

Idris, Zahara. (1987). Dasar-Dasar Kependidikan. Padang: Angkasa Raya.

Kaelan. (2016). Pendidikan Pancasila. Yogyakarta: Penerbit Paradigma

Kaelan, & Zubaidi, Ahmad. (2007). Pendidikan Kewarganegaraan untuk Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Paradigma.

Koesnadi Hardjasoemantri. (2000). Hukum Tata Lingkungan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Mannheim, K. (1952). The Problem of Generations. Essays on the Sociology of Knowledge. Amherst, MA: HRD Press.

Mulia, B. A. P. P. B. (2019). Korelasi Penggunaan Media Sosial terhadap Sikap Antisosial pada Remaja Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Sukoharjo. IJMS-Indonesian Journal on Medical Science, 6(2).

Musfah, J. (2012). Pendidikan Holistik: Pendekatan Lintas Perspektif. Jakarta: Prenada Media.

Muzayin. (1992). Ideologi Pancasila (Bimbingan ke Arah Penghayatan dan Pengamalan bagi Remaja). Jakarta: Golden Terayon Press.

Strauss, Anselm dan Yuliet Corbin. (2007). Dasar-dasar Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Untari, S. (2012). Pancasila dalam Kehidupan Berasyarakat, Berbangsa, dan Bernegara, dalam Margono (Ed). Pendidikan Pancasila Topik Aktual Kenegaraan dan Kebangsaan. Malang: Universitas Negeri Malang (UM Press).

Downloads

Published

2024-04-24

How to Cite

Yunica, E., & Dewi, D. A. (2024). Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Pancasila dalam Mengantisipasi Interaksi Asosial pada Generasi Z. Konstruksi Sosial : Jurnal Penelitian Ilmu Sosial, 1(4), 111–117. https://doi.org/10.56393/konstruksisosial.v1i4.222

Issue

Section

Articles