Membangun Karakter Yang Baik Bagi Para Siswa Melalui Pendidikan Kewarganegaraan

Authors

  • Farah Annisa Universitas Pendidikan Indonesia
  • Dinie Anggraeni Dewi Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56393/konstruksisosial.v1i8.237

Keywords:

Pendidikan Kewarganegaraan, Karakter, Pembangunan Bangsa, Para Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perkembangan karakter yang baik bagi para siswa melalu Pendidikan Kewarganegaraan. Penelitian ini menggunakan metode kajian pustaka, yang bersumber dari jurnal ataupun dari sumber lain yang terkait mengenai Pendidikan Kewarganegaraan. Hasil penelitian menunjukkan pertama, bahwa pada siswa Sekolah Dasar proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dapat membangun karakter siswa. Pendidikan kewarganegaraan mempunyai peran yang fundamental dalam pembentukan karakter bangsa. Pembangunan karakter siswa yang dimaksud sebagai upaya membangun karakter yang baik yaitu kedisiplinan, kejujuran, kepedulian, dan persaudaraan. Kedua, pembelajaran menjadikan generasi muda menguasai kompetensi yang ditargetkan, juga dibuat untuk menjadikan peserta didik mengenal, menyadari, menginternalisasikan nilai-nilai dan menjadikannya perilaku. Ketiga, kegiatan ekstrakurikuler didukung dengan adanya pedoman pelaksanaan, pengembangan sumber daya manusia untuk mewujudkan karakter dan pembauran kegiatan dalam pembelajaran dan ekstrakurikuler yang sudah ada ke arah penegmbangan karakter. Ketiga, alternatif pengembangan dan pembinaan karakter di sekolah sebagai aktualisasi budaya. Keempat, kegiatan keseharian di rumah dan di masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbal, M. (2017, October). Pendidikan Kewarganegaraan dalam pembangunan karakter bangsa. In Prosiding Seminar Nasional Himpunan Sarjana Ilmu-Ilmu Sosial (Vol. 2, pp. 485-493).

Andriana, A. (2016). Posisi Nilai Pancasila pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dalam Pembentukan Karakter Bangsa. Jurnal Civicus, 16(2), 42-56.

Cogan, J.J. (1999). Developing the Civil Society: The Role of Civic Education. Bandung: CICED

Dalmeri, D. (2014). Pendidikan Untuk Pengembangan Karakter (Telaah terhadap Gagasan Thomas Lickona dalam Educating For Character). Al-Ulum, 14(1), 269-288.

Dianti, P. (2014). Integrasi Pendidikan Karakter dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan untuk mengembangkan karakter siswa. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 23(1).

Farid, M. (2017, October). Menulis Artikel Ilmiah: Proses Menemukan Ide Hingga Publikasi. In Makalah Seminar Penulisan Artikel Ilmiah, Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) NPUST, NPUST Campus, Ping-tung (Vol. 28).

Gultom, A.F., Widijatmoko, E.K, & Wadu, L.B. (2020). Penginternalisasikan Karakter Kewarganegaraan Generasi Muda Kota Batu Melalui Kegiatan Retret, 2(2), 45-51.

Hudi, I. (2017). Pengaruh Pengetahuan Moral Terhadap Perilaku Moral pada Siswa SMP Negeri Kota Pekan Baru Berdasarkan Pendidikan Orangtua. Jurnal Moral Ke-masyarakatan, 2(1), 30-44.

Izma, T., & Kesuma, V. Y. (2019). Peran Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membangun Karakter Bangsa. Wahana Didaktika: Jurnal Ilmu Kependidikan, 17(1), 84-92.

Juliardi, B. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Bhinneka Tunggal Ika, 2(2), 3.

Nasution, A. R. (2016). Urgensi Pendidikan Kewarganegaraan sebagai Pendidikan Karakter Bangsa Indonesia melalui Demokrasi, HAM dan Masyarakat Madani. Jupiis: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 8(2).

Noe, W. (2013). Peram Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Dalam Membangun Karakter Siswa (Studi Deskriptif pada SD YPI 45 Kota Bekasi). Pedagogik (Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar), 1(2), 66-76.

Rahmatiani, L. (2020, September). Pendidi-kan kewarganegaraan sebagai pembentuk karakter bangsa. In Seminar Nasional Kewarganegaraan (Vol. 2, pp. 87-94).

Seno, D. (2016). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran PKn Kelas II SD Gugus Larasati Kota Semarang (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).

Sofyan, F. S., & Sundawa, D. (2015). Hubungan mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan dengan peningkatan wawasan kebangsaan dan semangat nasionalisme mahasiswa. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 24(2), 185-198.

Winataputra, U. S. (2014). Diskursus Aktual Tentang Paradigma Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dalam konteks Kurikulum 2013. Bahan Diskusi dalam Semnas PKn-AP3KnI

Downloads

Published

2024-04-24

How to Cite

Annisa, F., & Dewi, D. A. (2024). Membangun Karakter Yang Baik Bagi Para Siswa Melalui Pendidikan Kewarganegaraan. Konstruksi Sosial : Jurnal Penelitian Ilmu Sosial, 2(2), 39–45. https://doi.org/10.56393/konstruksisosial.v1i8.237

Issue

Section

Articles