Nilai-Nilai Pancasila Untuk Meningkatkan Nasionalisme di Era Global

Authors

  • Syifaun Nafisah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Dinie Anggraeni Dewi Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56393/konstruksisosial.v1i10.239

Keywords:

Implementasi, Pancasila, Pedoman hidup, Prinsip

Abstract

Beberapa pengaruh muncul diakibatkan oleh globalisasi, secara tidak langsung akan berdampak pada nasionalisme suatu bangsa tentunya. Akan tetapi, dilihat dari keseluruhan dampak yang ditimbulkan dari globalisasi ini berpengaruh terhadap rasa nasionalisme yang berkurang bahkan hilang. menjadi berkurang atau hilang. Oleh karena itu, Pancasila memiliki peran sebagai dasar negara, pandangan hidup serta ideologi bangsa Indonesia.  Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan studi kepustakaan. Nilai-nilai Pancasila untuk meningkatkan nasionalisme, pertama, nilai ketuhanan atau religiusitas. Nilai religius ini berkaitan dengan sesuatu yang dianggap mempunyai kekuatan suci, sakral, mulia dan agung. Kedua, nilai kemanusiaan atau moralitas, berkaitan dengan manusia yang adil dan berperadaban. Ketiga, nilai persatuan Indonesia,  dimana persatuan ini merupakan kehadiran bangsa Indonesia. Bangsa Indonesia sendiri hadir untuk menciptakan kasih sayang terhadap segenap suku bangsa. Keempat, nilai permusyawaratan dan perwakilan, kaitannya yaitu manusia sebagai makhluk sosial. Kelima, nilai keadilan sosial, dimana pada nilai ini merupakan nilai yang menjejaki norma atas ketidakberpihakkan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustiwi, & A. (n.d.). Hukum Sebagai Instrumen Politik Dalam Era Globalisasi. Jurnal Rechtstaat Nieuw Vol. 1 No. 1, 46.

Asmaroini, A. (2017). Menjaga Eksistensi Pancasila Dan Penerapannya Bagi Masyarakat Di Era Globalisasi. Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, Vol. 1, No. 2, 54

Asmaroini, A. (2016). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Bagi Siswa Di Era Globalisasi. CITIZENSHIP: Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 444 - 445.

Ayu, F. M. S., & Trisiana, A. (2018). Penguatan Pancasila Dalam Perbuatan (Alternatif Tindakan Kuratif Di Era Globalisasi). Jurnal Global Citizen: Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 4(2).

Damanhuri, Hardika, W., Alwan , F., & Rahman, I. (2016). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Upaya Pembangunan Karakter Bangsa. Untirta Civic Education Journal UCEJ, Vol. 1, No. 2.

Fauzi, A. (2020). Contoh Penerapan Nilai Pancasila Dalam Kehidupan Sehari. Cerdika.

Gultom, A.F., Widijatmoko, E.K, & Wadu, L.B. (2020). Penginternalisasikan Karakter Kewarganegaraan Generasi Muda Kota Batu Melalui Kegiatan Retret, 2(2), 45-51.

Gultom, A. F. Kerapuhan Imajinasi Dalam Politik Kewargaan The Fragility of Imagination In The Politic Of Citizenship.

Irhandayaningsih, A. (2012). Peranan Pancasila Dalam Menumbuhkan Kesadaran Nasionalisme Generasi Muda Di Era Global. Humanika.

Muchtar, Mahanani, P., & Rosyadi, M. (2017). Pemahaman Mahasiswa Pgsd Terhadap Implementasinilai-Nilai Pancasila. 182.

Nurhaidah, & Musa, M. (2015). Dampak Pengaruh Globalisasi Bagi Kehidupan Bangsa Indonesia. Jurnal Pesona Dasar Vol.3 No.3.

Octavian, W. (2018). Urgensi memahami Dan Mengimplementasikan Nilai-Nilai Pancasila Dalam Kehidupan Sehari-Hari Sebagai Sebuah Bangsa. Jurnal Bhinneka Tunggal Ika, Vol.5, No.2.

Oentoro, J. (2013). Indonesia satu, Indonesia beda, Indonesia bisa. Gramedia Pustaka Utama.

Rahman, A. (2018). Nilai Pancasila Kondisi Dan Implementasinya Dalam Masyarakat Global. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 3(1), 34-48.

Yudhanegara, F. (2015). Pancasila Sebagai Filter Pengaruh Globalisasi Terhadap Nilai-Nilai Nasionalisme. CENDIKIA Jurnal Ilmu Administrasi Negara Vol.8 No.2.

Wadu, L. B. (2016). Partisipasi Masyarakat Dalam Pembangunan Berkelanjutan Bidang Kebudayaan. Jurnal Ilmiah Mimbar Demokrasi, 15(2).

Downloads

Published

2024-04-24

How to Cite

Nafisah, S., & Dewi, D. A. (2024). Nilai-Nilai Pancasila Untuk Meningkatkan Nasionalisme di Era Global . Konstruksi Sosial : Jurnal Penelitian Ilmu Sosial, 2(4), 114–119. https://doi.org/10.56393/konstruksisosial.v1i10.239

Issue

Section

Articles