Penggunaan Media Mind Mapping untuk Meningkatkan Aktivitas Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan

Authors

  • Nurul Adimah Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Sepuluh Bangkalan

DOI:

https://doi.org/10.56393/lucerna.v2i1.1536

Keywords:

Mind Mapping, Pendidikan Kewarganegaraan, Peningkatan Aktivitas, Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan

Abstract

Penelitian ini tentang penggunaan mind mapping bertujuan untuk memudahkan dalam pembelajaran karena sistem pemetaan gagasan dan perencanaan dalam belajar. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui penggunaan media mind mapping dalam meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Metode yang kami gunakan yakni secara deskriptif, dan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang secara kolaboratif dengan menggunakan teknik penelitian observasi dengan alat lembar observasi dokumen. Penelitian ini menggunakan subyek peserta didik total 20 dari kelas V. Kami mengadakan penelitian. Kami menggunakan 4 langkah prosedur yakni: perencanaan, pelasanaan, observasi, dan terakhir refleksi. Data yang kami peroleh dianalisis dengan kolaborasi antara peneliti dengan pengamat. Hasil yang kami peroleh dari penelitian ini yakni penggunaan media mind mapping untuk meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan untuk siklus 1 dengan perolehan 35,12%, sedangkan untuk siklus 2 memeroleh 53,57% yang berarti memiliki peningkatan sebanyak 18,45%. Untuk siklus 3 sebanyak 70,83%, siklus 4 sebanyak 82,74%. Dengan hasil demekian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan penggunaan media mind mapping dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cintia, N. I., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa. Perspektif ilmu pendidikan, 32(1), 67-75.

Fajri, Z. (2019). Model pembelajaran discovery learning dalam meningkatkan prestasi belajar siswa SD. Jurnal Ika Pgsd (Ikatan Alumni Pgsd) Unars, 7(2), 64-73.

Gultom, A. F. (2011). Guru Bukan Buruh. Malang: Servaminora.

Hale, C. B., Wadu, L. B., & Gultom, A. F. (2021). Keterlibatan Warga Negara Dalam Pembangunan Berkelanjutan Untuk Mewujudkan Lingkungan Yang Bersih. De Cive: Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 1(12).

Hanafiah & Suhana. (2009). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama

Latifah, A. Z., Hidayat, H., Mulyani, H., Fatimah, A. S., & Sholihat, A. (2020). Penerapan metode mind mapping untuk meningkatkan kreativitas pada pembelajaran pendidikan kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan, 21(1), 38-50.

Mulyani, N. M. H. (2020). Peningkatan kreativitas dan hasil belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan melalui Penggunaan mind map interaktif dengan media MS PowerPoint di SMK Negeri 2 Magelang. JNANALOKA, 73-80.

Ningsih, N., Soetjipto, B. E., & Sumarmi, S. (2017, June). Aktivitas Belajar Dan Hasil Belajar IPS Melalui Pembelajaran Kooperatif Round Table. In Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Kerjasama Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud 2016.

Ruminiati. (2007). Pengembangan Pendidikan Kewarganegaraan SD. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Sardiman. 2012). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Suharsimi Arikunto. 2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Sutanto Windura. 2009). Langkah Demi Langkah Mind Map. Jakarta: Elex Media Komputindo Gramedia.

Udin S Winataputra,dkk. 2008). Pembelajaran Pkn di SD. Jakarta ; Universitas Terbuka.

Utomo Dananjaya. (2012). Media Pembelajaran Aktif. Bandung: Nuansa Cendekia.

Winarno, W. (2017). Penerapan Mind Map Dengan Model Pembelajaran Peradilan Semu Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan (PPKN). Integralistik, 28(1), 81-93.

Wisnu T. Hanggoro. (2008). Membongkar 7 Mitos Pembelajaran yang Menyesatkan. Jakarta: Erlangga.

Zainal Aqib. (2013). Model-Model, Media dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.

Downloads

Published

2022-05-31

How to Cite

Adimah, N. (2022). Penggunaan Media Mind Mapping untuk Meningkatkan Aktivitas Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Lucerna : Jurnal Riset Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 9–15. https://doi.org/10.56393/lucerna.v2i1.1536

Issue

Section

Articles