Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Terbimbing Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa

Authors

  • Rofi’ul Huda Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

DOI:

https://doi.org/10.56393/lucerna.v2i1.1541

Keywords:

Inqury Terbimbing, Motivasi, Hasil Belajar

Abstract

Hasil observasi awal peneliti di kelas VIII-A Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 7 Malang, menunjukan bahwa siswa kurang termotivasi hal ini diamati dari beberapa indikator yang ditunjukkan siswa saat pembelajaran berlangsung ditinjau dari perhatian siswa, tanggung jawab siswa, kerjasama siswa, rasa ingin tahu siswa, konsentrasi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial  di kelas VIII-A SMP Negeri 7 Malang, dengan penerapan model Inquiry Terbimbing. Penelitian ini dirancang menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) model Kemmis dan taggard. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pada siklus I hasil belajar mencapai presentase ketuntasan sebesar 58%, sedangkan motivasi belajar siswa  mencapai skor 74,15 dengan kategori kurang motivasi. Silus II  menunjukan peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa  mencapai presentase ketuntasan 88%, sedangkan skor motivasi 84,39 dengan kategori termotivasi. Berdasarkan hasil penelitian dengan menerapkan model pembelajaran Inquiry Terbimbing untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa SMPN7 Malang, pada tindakan siklus II masih ada 7 orang siswa yang belum tuntas. Oleh karena itu peneliti selanjutnya diharapkan dapat menindaklanjuti tindakan sampai semua siswa mendapatkan hasil belajar yang baik dan tuntas dengan nilai diatas Kriteria ketuntasan minimal.

References

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rineka Cipta

Arikunto, Suharsimi. Suharjono, Supardi 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Damanik. 2010. Hubungan Antara Persepsi Tentang Keterampilan Guru Mengajar Dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas Akselerasi. Online. (http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/17468/3/Chapter%20II.pd f). Akses 20 November 2017.

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. Gulo, W. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Gramedia Widiarsana.

Harahap, I. 2011. Keaktifan Belajar, (Online), (http://irpan1990.wordpress.com/ 2011/08/11/keaktifan-belajar/). diakses 12 september 2016.

I’is. 2013. Pengaruh Tingkat Kedisiplinan dan Motivasi belajar Terhadap Prestasi Belajar IPS Geografi Siswa SMP PGRI 3 Malang Tahun Ajaran 2012/2013. Universitas Kanjuruhan Malang. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Program Studi Pendidikan Geografi.

Ina, Maria Alisia 2015. Pengaruh Motivasi Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas X IPS Di SMA Nasional Malang. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: FKIP Universitas Kanjuruhan Malang.

Mulyasa,E. 2005. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya. Oles, Bernardinus Realing 2017. Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Terbimbing Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIII-B Di SMP PGRI 2 Lawang. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: FKIP Universitas Kanjuruhan Malang.

Ramadhan, Nurhidayat 2015. Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Terbimbing Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Viii-B Pada Mata Pelajaran Ips Di Smp Negeri 1 Kepanjen. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: FKIP Universitas Kanjuruhan Malang.

Sabu, Benedikta Lein 2017. Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas XI IPS SMA Kristen Petra Malang. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Program Studi Pendidikan Geografi.

Sardiman, 2003. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: rajawali Press. Sudjana, Nana. 2009. Penilaian hasil belajar mengajar. (online), (http:// eprints.uny .ac.id/8652/1/jurnal%20skripsi.), diakses 20 september.

Sumantri, Mulyani dan Johar permana. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Maulana.

Suyitno, Edi. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Untuk meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar IPS Siswa. Skripsi tidak diterbitkan Malang: FKIP Universitas Kanjuruhan Malang.

Suryanti, Rofina. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VII-D SMP Kartika IV-9 Malang. Skripsi tidak diterbitkan Malang: FKIP Universitas Kanjuruhan Malang.

Uno, Hamzah B. 2007. Teori Motivasi dan Pengukurannya (Analisis di Bidang Pendidikan). Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2022-05-31

How to Cite

Huda, R. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Terbimbing Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Lucerna : Jurnal Riset Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 32–40. https://doi.org/10.56393/lucerna.v2i1.1541

Issue

Section

Articles