Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Kemampuan Mengelola Emosi Diri Anak di Taman Kanak-Kanak

Authors

  • Maria Sabarina Rato Lada Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • Rina Wijayanti Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • Henni Anggraini Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

DOI:

https://doi.org/10.56393/lucerna.v3i2.1831

Keywords:

Pengaruh Gadget, Kemampuan Mengelola Emosi Diri

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji tentang pengaruh penggunaan gadget terhadap kemampuan mengelola emosi diri anak. Gadget merupakan salah satu teknologi yang sangat berperan pada era globalisasi saat ini. Penggunaan gadget pada anak usia dini hanya digunakan untuk digunakan bermain game dan menonton youtube. Metode penelitian ini yaitu metode dekriptif. Subyek dalam penelitian ini yaitu 32 oran tua wali terdiri dari 20 laki-laki dan 12 perempuan. Teknik analisis data digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif presentase. Uji validitas dan reliabilitas instrumen yang digunakan untuk mengetahui kualitas pertanyaan yang dibagikan kepada orang tua wali murid anak kelompok B TK Katolik Santa Maria 3 Malang sebagai alat untuk mengukur penelitian. Hasil penelitian, adanya situasi sekarang pandemi Covid-19, anak - anak lebih banyak menghabiskan waktu bersama orang tua. Di rumah anak sering diberi gadget sehingga akan berpengaruh kesemuanya seperti anak kurang berinteraksi dan bergaul bersama teman-temanya karena anak lebih fokus dengan bermain gadget, menonton youtube.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al- Ayouby. (2017). Dampak Penggunaan Gadget pada Anak Usia Dini.FakultasIlmu Sosial dan Ilmu Politik . Universitas Lampung : Bandar Lampung.

Ayouby , M. H. A. (2017). Dampak Penggunaan Gadget pada Anak Usia Dini :Studi di PAUD dan TK Handayani Bandar Lampung . Skripsi . Bandar Lampung : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Lampung.

Damayanti, E., Ahmad, A., & Bara, A. (2020). Dampak Negatif Penggunaan Gadget Berdasarkan Aspek Perkembangan Anak Di Sorowako. Martabat: Jurnal Perempuan Dan Anak, 4(1), 1-22.

Ferliana , Jovita Maria. ( 2016) . Anak dan Gadget Yang Penting Aturan Main. Di unduh Pada 10 januari 2016 dari http: //nakita.grid.id/balita/anak-dan-gadget-yang-penting-aturan-main?page=2

Gandana, G. (2015). Meningkatkan Kecerdasan Emosional Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional “Kaulinan Barudak”. Tesis : UPI.

Goleman D. 2003. Kecerdasan Emosi Untuk Mencapai Puncak Prestasi. Jakarta: PT Gramedia

Goleman, D. ( 2009). Emotional intellegence. ( Hermaya , Terjemahan ) . Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.

Goleman, D. (2001). Kecerdasan Emosi untuk Mencapai Puncak Prestasi. Jakarta: Gramedia.

Goleman, D. (2006). Kecerdasan Emosional. Jakarta: PTGramedia Pustaka Utama.

Goleman, D. (2016). Kecerdasan Emosi. Jakarta: Gramedia.

Gultom, A. F., Suparno, S., & Wadu, L. B. (2023). Strategi Anti Perundungan di Media Sosial dalam Paradigma Kewarganegaraan. De Cive: Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 3(7).

Gultom, Andri, "Keracunan Sains dan Obat Penawarnya," Researchgate, 2022<https://www.researchgate.net/publication/363207278_Keracunan_Sains_dan_Obat_Penawarnya>

Lahiwu, R. J., Maramis, F. R., & Kolibu, F. K. (2021). Hubungan Kebiasaan Penggunaan Gadget Dengan Status Mental Kecerdasan Emosional Pada Anak Sekolah Di Sd Negeri 1 Tahuna Kabupaten Sangihe. KESMAS: Jurnal Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi, 10(2).

Putri, L. D. (2021). Waspadai dampak penggunaan gadget terhadap perkembangan sosial anak usia dini. Jendela PLS: Jurnal Cendekiawan Ilmiah Pendidikan Luar Sekolah, 6(1), 58-66.

Situmorang, E. L., Agustin, D., Butar-Butar, R. D., Siantajani, Y., Telaumbanua, F., & Waruwu, R. Y. (2021). Edukasi Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Sosial, Emosional Pada Anak Usia Dini. Real Coster: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 4(1), 1-12.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Cetakan ke-15. Bandung: Alfabeta.

Syifa, L., Setianingsih, E. S., & Sulianto, J. (2019). Dampak penggunaan gadget terhadap perkembangan psikologi pada anak sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 527-533.

Downloads

Published

2023-11-18

How to Cite

Lada, M. S. R., Wijayanti, R., & Anggraini, H. (2023). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Kemampuan Mengelola Emosi Diri Anak di Taman Kanak-Kanak. Lucerna : Jurnal Riset Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 84–92. https://doi.org/10.56393/lucerna.v3i2.1831

Issue

Section

Articles