Peran Guru Dalam Mewujudkan Sikap Sosial Siswa di Sekolah Dasar

Authors

  • Ariantjie Lessnusa Universitas Pattimura
  • Samuel Patra Ritiauw Universitas Pattimura
  • Sintje Adriana Rusfadir Universitas Pattimura

DOI:

https://doi.org/10.56393/lucerna.v4i1.2299

Keywords:

Peran Guru, Sikap Sosial, Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi peran guru dalam pembentukan sikap sosial siswa kelas II di Sekolah Dasar Negeri 7 Ambon. Tujuan utamanya adalah memahami bagaimana guru berkontribusi terhadap perkembangan sikap sosial siswa selama proses pembelajaran. Penelitian ini melibatkan lima guru mata pelajaran, diantaranya Matematika, IPA, IPS, Pendidikan Jasmani, dan Seni Budaya, serta wali kelas II. Data dikumpulkan melalui wawancara dan dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif oleh Mathew B. Miles dan A. Michael Huberman. Temuan menunjukkan bahwa guru di sekolah tersebut memandang sikap sosial sebagai komponen penting dalam pengembangan karakter siswa. Guru menciptakan lingkungan yang mendukung pengembangan sikap sosial positif melalui berbagai metode, seperti memberikan contoh perilaku positif, mengadakan proyek yang menarik, memberikan penguatan positif, dan menunjukkan empati. Penelitian ini menegaskan pentingnya peran guru dalam membentuk sikap sosial melalui pendekatan holistik, yang menekankan penciptaan lingkungan belajar yang kondusif untuk perkembangan karakter secara menyeluruh. Temuan ini mendukung pentingnya pendidikan karakter untuk membentuk individu yang bertanggung jawab, berempati, dan mampu berkolaborasi dalam masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Babbie, R Earl, and J A Tylor. "The Practice of Social Research (10th ed)." Belmot, CA: wadsworth, 2004.

Bandura, A. Social foundations of thought and action: A social cognitive theory. Prentice-Hall, Inc, 1986.

Elita, L., Maulida, M., & Wahyuni, W. (2024). Penanaman Sikap Toleransi pada Peserta Didik dalam Pembelajaran PKn di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(3), 14-14.

Fatmawati, I. (2021). Peran Guru Dalam Pengembangan Kurikulum Dan Pembelajaran. Revorma: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran, 20-37.

Hasbullah, H. (2018). Lingkungan pendidikan dalam al-qur’an dan hadis. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 4(01), 13-26.

Kadir, Abdul. "Dkk. Dasar-Dasar Pendidikan." Jakarta: Kencana Prenada Media Group , 2012.

Maunah, Binti. "Landasan Pendidikan." Yogyakarta: Teras, 2009.

Maulia, S. (2023). Peran Komunikasi Efektif Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar (SD). Elementa: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1).

Muzzamil, F. (2021). Pengaruh Lingkungan Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak. Murangkalih: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(02).

Nugraha, Moh Fahmi. "Pengantar Pendidikan dan Pembelajaran di Sekolah Dasar ." Tasikmalaya : Edu Publiser, 2020.

Nurdin, Muhamad. "Kiat Menjadi Guru Profesional." Jogjakarta: Ar Ruzz Media Grup, 2008.

Sapriya. "Pendidikan IPS." Bandung: Remaja Rosda Karya , 2009.

Siswati, S., Utomo, C. B., & Muntholib, A. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Membentuk Sikap dan Perilaku Sosial Peserta Didik Melalui Pembelajaran Sejarah di SMA PGRI 1 Pati Tahun Pelajaran 2017/2018. Indonesian Journal of History Education, 6(1), 1-13.

Suprijono, Agus. "Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM." Yogyakarta : pustaka Pelajar, 2012.

Tilaar, A. R. "Standarisasi Pendidikan Nasional: Suatu Tinjauan Kritis." Jakarta: PT rineka Cipta, 2006.

Downloads

Published

2024-05-31

How to Cite

Lessnusa, A., Ritiauw, S. P., & Rusfadir, S. A. (2024). Peran Guru Dalam Mewujudkan Sikap Sosial Siswa di Sekolah Dasar. Lucerna : Jurnal Riset Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 9–14. https://doi.org/10.56393/lucerna.v4i1.2299

Issue

Section

Articles