Penerapan Metode Jarimatika untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Kemampuan Perkalian Siswa Selolah Dasar

Authors

  • Darsono Darsono Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Asih Wahyuningsih Universitas Muhammadiyah Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.56393/paidea.v3i2.1705

Keywords:

Metode Jarimatika, Hasil Belajar, Kemampuan Perkalian

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa, Dan hasil belajar dalam penerapan metode jarimatika untuk meningkatkan hasil belajar pada kemampuan perkalian siswa kelas IV di Sekolah Dasar Negeri Karangsari Indramayu. Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas, teknik pengumpulan data yaitu Instrumen Tes dan Instrumen Non tes. Instrumen tes dilakukan untuk mengukur kemampuan peserta siswa dalam Perkalian yang berupa tes lisan. Instrumen Non Tes yang digunakan adalah Observasi Guru dan Siswa serta Dokumentasi. Hasil temuan pertama aktivitas Guru dalam mengelola pembelajaran melalui metode jarimatika pada siklus I yaitu 64,70% berada pada kategori cukup, siklus II dengan nilai 91,18% berada pada kategori baik sekali. Hal ini dikarenakan aktivitas guru dalam melaksanakan pembelajaran telah berhasil, Hasil temuan kedua aktivitas siswa selama proses pembelajaran dalam aspek disiplin, keterampilan, dan pengetahuan mengalami perubahan sehingga pembelajaran berhasil, Hasil temuan ketiga hasil belajar siswa pada siklus I menunjukkan sebanyak 8 siswa sudah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal dengan persentase nilai 62,5%, dan pada siklus II meningkat menjadi 7 siswa dengan persentase nilai 87,5%. Dari ketiga hasil temuan dapat disimpulkan dari setiap siklus I hingga Siklus II mengalami perubahan yang bisa dikatakan dalam kategori sangat baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aulia, M. (2009). Jarimagic Penambahan Dan Pengurangan. Yogyakarta: Pustaka Widyatama.

Esti, R. (2010). “Penggunaan teknik jarimatika untuk meningkatkan kemampuan berhitung perkalian pada siswa kelas II sdn Manisharjo 01 bendosari sukoharjo tahun ajaran 2009/ 2010”. Sukoharjo.

Gamal Komandoko. (2009). Ensiklopedia Istilah Islam, Edisi pertama. Yogyakarta: Penerbit Cakrawala.

Hamalik, Oemar. (2015). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Indriyati, D. (2016). Penerapan Metode Jarimatika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas II SDN 48 Ampenan Tahun Pelajaran 2015/2016. 1-12.

Lestari, D.W. (2019). Pengaruh Penggunaan Metode Jarimatika Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IV Sdn Ngestirahayu. Metro: Tidak Diterbitkan.

Maulidar. (2016). “Upaya Meningkatkan Minat Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Pada Materi Operasi Hitung Perkalian Melalui Metode Jarimagic Di Kelas II Sd Negeri Lam Ura Kabupaten Aceh Besar”. Jurnal Pendidikan Serambi Ilmu. 25, (2), 181-189.

Nurdiyanti, D. et al. (2022). Pedoman Penulisan Karya Tulis Ilmiah. Cirebon: FKIP Cirebon.

Prasetyo. et al. (2008). Pintar Jarimatika. Yogyakarta: Diva Press.

Prasetyono, Dwi Sunar. Buku Pintar ASI Ekslusif. Pengenalan Praktek. DanKemanfaatannya. Yogyakarta: Penerbit Diva Press;2009.

Ruseffendi. (1989). Dasar-Dasar Matematika Modern Dan Komputer. Bandung: Tarsito.

Sardiman A.M, (2016). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo.

Trivia Astuti (2013). Metode Berhitung Lebih Cepat Jarimatika. Jakarta: Lingkar Media.

Wulandani, S.P. (2008). Jarimatika Berhitung Mudah dan Menyenangkan Dengan Menggunakan Jari Buku Panduan Untuk Putra Putri Anda Usia 3-10 Tahun. Salatiga: Yayasan Jarimatika Indonesia.

Wulandani, S.P. (2013). Jarimatika Perkalian dan Pembagian. Jakarta: Kawan Pustaka.

Downloads

Published

2023-08-01

How to Cite

Darsono, D., & Wahyuningsih, A. (2023). Penerapan Metode Jarimatika untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Kemampuan Perkalian Siswa Selolah Dasar. Paidea : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia, 3(2), 59–64. https://doi.org/10.56393/paidea.v3i2.1705

Issue

Section

Articles