Minat Mahasiswa Program Studi Pendidikan Keagamaan Katolik terhadap Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka

Authors

  • Imelda Theresia Natalia Universitas Sanata Dharma

DOI:

https://doi.org/10.56393/paidea.v2i3.940

Keywords:

Minat Mahasiswa, Kurikulum, Merdeka Belajar Kampus Merdeka

Abstract

Merdeka Belajar Kampus Merdeka merupakan kebijakan baru yang dikeluarkan oleh Kemendikbud dan diterapkan di hampir seluruh lembaga pendidikan tinggi di Indonesia dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Program Studi Pendidikan Keagamaan Katolik menjadi salah satu program studi yang turut menerapkan kebijakan baru pemerintah, maka penulis melakukan penelitian untuk mengetahui minat mahasiswa Program Studi Pendidikan Keagamaan Katolik terhadap beberapa program diantaranya: magang atau praktik industri, proyek di desa, pertukaran pelajar, penelitian atau riset, wirausaha dan mengajar di sekolah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif deskriptif. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuota sampling dengan menentukan minimum sampling dan purposive sampling dengan menentukan kriteria tertentu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dua program yang memiliki hasil persentase tertinggi yaitu program pertukaran pelajar dengan persentase 28,4% dan program mengajar di sekolah dengan persentase 31,3% responden menyatakan sangat setuju bahwa mereka mengetahui dan tertarik dengan program tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, M. (2015). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Ahmadi, H. Abu; Supriyono, Widodo. (1991). Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Amin, M. M. (2006). Pengembangan Bakat dan Minat Siswa SMK. Jakarta: Direktorat Pembinaan SMK Ditjen Dikdasmen Kemdikbud.

Arifin, Z. (2011). Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Bina, Nuraini Sri; Ramadhani, Rahmi. (2021). Statistika Penelitian Pendidikan. Jakarta: Prenada Media.

Darmadi, H. (2014). Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Bandung: Alfabeta.

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. (2020). Buku Pendidikan Tinggi di Masa Pandemi COVID-19: Pembelajaran Perguruan Tinggi dan Implementasi Merdeka Belajar di Masa Pandemi Covid-19. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud RI.

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. (2020). Buku Saku Panduan Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud RI.

Djamarah, S. B. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Fitri. (2013). Kurikulum Nasional Berbasis Kompetensi. Diakses dari https://lldikti12.ristekdikti.go.id pada 18 Juli 2022.

Gultom, A. F. (2019). Metafisika Kebersamaan Dalam Lensa Gabriel Marcel. Antropologi Metafisika & Isu-Isu Kekinian, 1.

Gultom, A. F. (2022). Kerapuhan Evidensi Dalam Civic Literacy. Sophia Dharma: Jurnal Filsafat, Agama Hindu, Dan Masyarakat, 5(1), 1-18.

Hapudin, S. M. (2021). Teori Belajar dan Pembelajaran: Menciptakan Pembelajaran yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Kencana.

II, K. V. (2019). Pernyataan "Gravissium Educationis" Tentang Pendidikan Kristen. (R. Hardawiryana, Trans.) Jakarta: OBOR.

Joenaidy, A. M. (2019). Revolusi Industri 4.0. Yogyakarta: Laksana.

Nastiti, Dwi; Laili, Nurfi. (2020). Buku Ajar Asesmen Minat dan Bakat Teori dan Aplikasi. Sidoarjo: UMSIDA Press.

Saputra, H. (2016). Pengembangan Mutu Pendidikan Menuju Era Global. Bandung: Smile's.

Sefrina, A. (2013). Deteksi Minat Bakat Anak. Jakarta: PT Buku Seru.

Siregar, N., Shirah, R., & Harahap, A. A. (2020). Konsep Kampus Merdeka Belajar di Era Revolusi Industri 4.0. Journal of Islamic Education (FJIE), 150.

Siregar, Sahirah, Harahap. (2020). Konsep Kampus Merdeka Belajar Di Era Revolusi Industri 4.0. Fitrah: Journal of Islamic Education (FJIE), 1, 142. Retrieved September 4, 2021, from http://jurnal.staisumatera-medan.ac.id/index.php/fitrah

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumardjoko, D. B. (2010). Membangun Budaya Pendidikan Mutu Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sutrisno & Suyadi. (2016). Desain Kurikulum Perguruan Tinggi: Mengacu Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Syah, M. (2008). Psikologi Belajar. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Thahir, A. (2021). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Erlangga.

Tilaar, H. A. (2012). Perubahan Sosial dan Pendidikan: Pengantar pedagogik transformasi untuk Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Widyastuti, A. (2022). Merdeka Belajar dan Implementasinya. Jakarta: PT Elex Media Komputindo Kompas - Gramedia.

Yamin, M. (2012). Panduan Manajemen Mutu Kurikulum Pendidikan. (N. Lubis, Penyunt.) Yogyakarta: Diva Press.

Downloads

Published

2023-06-09

How to Cite

Natalia, I. T. (2023). Minat Mahasiswa Program Studi Pendidikan Keagamaan Katolik terhadap Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Paidea : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia, 3(2), 37–44. https://doi.org/10.56393/paidea.v2i3.940

Issue

Section

Articles