Implementasi K-Means untuk Pembentukan Kelompok Belajar Berdasarkan Nilai Siswa di Sekolah Dasar

Authors

  • Fajar Dwi Arfianto Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • Farida Nur Kumala Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • Cicilia Ika Rahayu Nita Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • Hena Dian Ayu Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

DOI:

https://doi.org/10.56393/pelita.v4i1.2429

Keywords:

Pengembangan Buku Digital, Pembelajaran Penemuan, Pembelajaran Bahasa

Abstract

Penelitian ini berfokus pada pengembangan media buku digital (digital book) untuk pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Jatirejoyoso, khususnya pada materi teks nonfiksi untuk siswa kelas V dan VI. Media ini dirancang dan dievaluasi melalui tahapan perancangan, validasi, dan uji coba dengan siswa. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa buku digital ini layak digunakan, dengan nilai validasi sebesar 92% dari ahli materi dan 87% dari ahli media. Tahapan uji coba dilakukan dengan melibatkan siswa secara langsung dalam proses pembelajaran, untuk memastikan bahwa media tersebut sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik siswa. Tingkat kepraktisan mencapai 90,37%, menunjukkan bahwa media ini mudah dan efisien digunakan. Nilai N-Gain sebesar 0,414 (kategori "sedang") menunjukkan peningkatan signifikan dalam keterampilan menulis teks nonfiksi siswa. Penerapan buku digital ini juga mendapat respons positif dari guru, yang menyatakan bahwa media ini dapat membantu memfasilitasi pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan. Kesimpulan menunjukkan bahwa buku digital berbasis Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning) efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi "Teks Nonfiksi."

Downloads

Download data is not yet available.

References

Angga,aPandeeMadeeWeda, IkkKomangsSudarma, dan IIIKadek Suartama. 2020. “E-Komik pendidikan untuk membentuk karakter dan meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran Bahasa Indonesia.” Jurnal Edutech Undiksha 8 (2): 93–106.

Angriani, Andi Dian, Andi Kusumayanti, dan Nur Yuliany. 2020. “Pengembangan media pembelajaran digital book pada materi aljabar.” Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika 9 (2).

Asuti, Endah Resandari Puji, dan Muh Husein Baysha. 2019. “Pengembangan Media Video Pembelajaran Pkn Ma Hidayatussibyan Nw Sengkerang Kabupaten Lombok Tengah.” JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan) 3 (3).

Eko, Chandra. 2014. “Penerapan Model Pembelajaran Guided Discovery pada Materi Pemantulan Cahaya Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis.” Unnes : Physics Education Journal.

Febrianti, Fitri Ayu. 2021. “Pengembangan Digital Book Berbasis Flip PDF Professional untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa.” Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar 4 (2): 102–15.

Khair, Ummul. 2018. “Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra (BASASTRA) di SD dan MI.” Ar-Riayah: Jurnal Pendidikan Dasar 2 (1): 81.

Khasinah, Siti. 2021. “Discovery Learning : Definisi, Sintaksis, Keunggulan dan Kelemahan.” Jurnal Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam 11 (3): 402–13.

Khofiyah, Santoso, dan Akbar. 2019. “Pengaruh Model Discovery Learning berbantuan Media Benda Nyata Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemahaman Konsep IPA.” Jurnal Pendidikan 4 (1).

Kurniasih, Sani. 2014. Strategi - Strategi Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Nurokhim. 2020. Model Pembelajaran Discovery Learning Di Sekolah Dasar. Semarang: Qahar Publisher.

Prastowo, A. 2018. Sumber Belajar & Pusat Sumber Belajar. Depok: Prenadamedia Grup.

Rahmayani. 2019. “Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Menggunakan Media Video Terhadap Hasil Belajar.” Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar 3 (2): 246–53.

Sani, Ridwan Abdullah. 2015. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Sundari, Sundari, dan Endang Fauziati. 2021. “Implikasi Teori Belajar Bruner dalam Model Pembelajaran Kurikulum 2013.” Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar 3 (2): 128–36.

Susmiati, Eri. 2020. “Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Melalui Penerapan Model Discovery Learning dan Media Video Dalam Kondisi Pandemi Covid-19 bagi Siswa SMPN 2 Gangga.” Jurnal Paedagogy 7 (3): 210–15.

Vince, Marselina, dan Ali Muhtadi. 2019. “Pengembangan buku digital interaktif matematika pada materi geometri.” Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan 6 (2): 196–207.

Yupita, Ina Azariya, dan Tjipto. 2013. “Penerapan Model Pembelajaran discovery Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Di Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 1 (2).

Zaini, Hilman, Deni Darmawan, dan Hudiana Hernawan. 2019a. “Penggunaan Bahan Ajar Berbasis Digital Book untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Matematika pada Materi Logika Matematika.” Teknologi Pembelajaran 4 (2).

Downloads

Published

2024-04-30

How to Cite

Arfianto, F. D., Kumala, F. N., Nita, C. I. R., & Ayu, H. D. (2024). Implementasi K-Means untuk Pembentukan Kelompok Belajar Berdasarkan Nilai Siswa di Sekolah Dasar. Pelita : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia, 4(1), 15–19. https://doi.org/10.56393/pelita.v4i1.2429

Issue

Section

Articles