Penggunaan Lectora Inspire untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Manusia dan Lingkungan di Kelas V Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.56393/pelita.v4i2.2777Keywords:
Media Pembelajaran, Lectora Inspire, Hasil Belajar, Sekolah DasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis Authoring Tool Lectora Inspire. Fokus penelitian ini adalah materi manusia dan lingkungan untuk siswa kelas V. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Sebelum pelaksanaan tindakan, dilakukan kegiatan pra-siklus untuk memperoleh data awal terkait tingkat pemahaman siswa. Media pembelajaran interaktif dipilih karena mampu memberikan pengalaman belajar yang lebih menarik dan meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis Lectora Inspire efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Peningkatan terlihat dari nilai N-gain pada setiap siklus, di mana pada siklus I mencapai 0,27 dengan kriteria rendah, dan meningkat menjadi 0,40 dengan kriteria sedang pada siklus II. Selain itu, siswa menunjukkan respons yang lebih positif terhadap materi yang disajikan, dengan peningkatan partisipasi aktif selama pembelajaran. Hasil ini menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif dapat menjadi solusi efektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, khususnya pada materi manusia dan lingkungan.
Downloads
References
Aqip. Zaenal (2015). Model-model, Media dan Strategi Pembelajaran Konteksmal (Inovatif) Bandung: Yrama Widya
Arikunto, S. (2006) Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta, Bumi Aksara
Asnawir, H. dan Usman Baryiruddin, M. (2002). Media Pembelajaran. Jakarta Delina Citra Utama
Atahiyah Ummi (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Semester II Kelas X SMA Berbasst Lectora Inspire. Jurnal Nalar Pendidikan.
Dimyati dan Mudjono. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Etin Solihatin& Raharjo (2005). Coorperative Learning. Analisis Mosel Pembelajaran IPS. Jakarta: Bumi Aksara.
Fasthea, Sholeh, dkk. (2014). Merancang Desain Multimedia Pembelajaran Interaksif Menggunakan Software Lectora Inspire. Yogyakarta: Aura Pustaka.
Hasan, 1, (2001), Teori Analisis Deskriptif. Jakarta: Bumi Aksara.
Joesolo. (2013). Lectora Portable: Aplikasi Media Pembelajaran Interaktif. http//surakartahadiningrat.com/2013/04/membangunpembelajaran-interaktif
Mas'ud. M. (2013). Membuat Multimedia Pembelajaran dengan Menggunakan Lectora. Yogyakarta: Pustaka Shonif.
Moh. Uzer Usman, (2006). Menjadi Guru Profesional. Bandung PT.. Manana Jaya Cemerlang
Muhammad Arsyad. (2002). Pusat Studi dan Pengembangan. Banjarmasin: Bomeo.
Purwanto, (2010). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta Pustaka Pelajar
Sagala, (2006). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung Alfabeta
Shalikhah, Norma Dewi. (2017). Media Pembelajaran Interaktif Lectora Inspire Sebagai Inovasi Pembelajaran. Jumal WARTA LPM, Vol. 20, No. 1, Maret2017 916, hal ISSN 9344, dan ISSN: 2549-5631
Sholeh Fasthea. (2014). Merancang Desain Multimedia Pembelajaran Interaktif Menggunakan Software Lectora Inspire. Yogyakarta: Aura Pustaka
Suardi. Moh. (2018).Belajar dan Pembelajaran, Yogyakarta: Deepublish.
Sundari, Nenden, (2008) Perbandingan Prestasi Belajar Antara Siswa Sekolah.Dasar Unggulan dan Siswa Sekolah Dasar Non-Unggulan di Kabupaten Serang. Jurnal Pendidikan Dasar, no.9.
Suprihatiningrum Jamil (2014). Strategi Pembelajaran Teori dan Aplikasi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Suprijono. (2009). Cooperatif Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Susanto, A. (2014). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bandung: CV Alfabeta.
Susanto, Ahmad. (2014). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group
Usman dan Asnawir, (2002). Media Pembelajaran. Jakarta Selatan: Ciputat Pers. Media.