Upaya Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Melalui Pembelajaran Model Role Playing pada Mata Pelajaran PPKn
DOI:
https://doi.org/10.56393/pelita.v2i2.988Keywords:
Pembelajaran Kooperatif, Model Role Playing, Minat Belajar Siswa, Mata Pelajaran PPKnAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menguraikan pembelajaran kooperatif model Role Playing dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran PPKn di Sekolah Menengah Pertama Negeri Satu Atap Kuala Keritang. Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitiannya adalah siswa kelas VIII.1 dengan jumlah 23 orang. Instrumen penelitiannya menggunakan lembar observasi dan dokumentasi kemudian data dianalisis dengan deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I rata-rata aktivitas belajar siswa hanya 70,33%, sehingga siswa yang telah tuntas hanya mencapai 74,82% dan yang belum tuntas mencapai 16,52%. Pada siklus II rata- rata aktivitas belajar siswa meningkat sampai 85,55%, siswa yang tuntas menjadi 89,96% dan siswa yang tidak tuntas mengalami penurunan hingga 7,88%. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran kooperatif model Role Playing dapat meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran PPKn di Sekolah Menengah Pertama Negeri Satu Atap Kuala Keritang. Rekomendasi penelitian, guru terus mengeksplorasi berbagai model pembelajaran untuk diterapkan dalam kelas terutama pada mata pelajaran PPKn.
Downloads
References
Ainiyah, N. (2013). Pembentukan karakter melalui pendidikan agama Islam. Al-Ulum, 13(1), 25-38.
Ayu Maningrum, R., & Syarafuddin, H. (2018). Pengaruh Teknik Role Playing Terhadap Kecemasan Belajar pada Siswa Kelas VIII di SMPN 2 Praya. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 4(2), 198-205. doi:https://doi.org/10.33394/jk.v4i2.1130
Fitry, T., Maizora, S., & Rusdi, R. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Role Playing Ditinjau Dari Hasil Belajar Matematika Siswa Smp Negeri 21 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 3(1), 6-12.
Kokom, K. (2014). Pembelajaran Kontekstual Konsep Dan Aplikasi. Bandung : PT Refika Aditama.
Kristin, F. (2018). Meta-analisis pengaruh model pembelajaran role playing terhadap hasil belajar IPS. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2).
Made Ardani, A. (2021). Penerapan Metode Bermain Peran untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Terhadap Konsep Pecahan Sederhana pada Mata Pelajaran Matematika di SD Inpres I Nambaru. Jurnal Paedagogy, 8(2), 210-216. doi:https://doi.org/10.33394/jp.v8i2.3483
Meliana, I. (2019). Pengaruh metode role playing terhadap minat belajar PKN kelas V di MIS Tanjung Kabupaten Pekalongan (Doctoral dissertation, IAIN Pekalongan).
Munif Khatib. (2013). Gurunya Manusia Menjadikan Semua Anak Istimewa Dan Semua Anak Juara. Bandung: Kaifa Mizan Pustaka
Priatna, A., & Setyarini, G. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas IV SD Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(2), 147-159.
Retnowati, W. F. (2018). Penerapan Metode Role Playing untuk Meningkatkan Minat Belajar Al Islam Kelas 8 D di SMP Muhammadiyah 5 Tulangan. Penerapan Metode Role Playing untuk Meningkatkan Minat Belajar Al Islam Kelas 8 D di SMP Muhammadiyah 5 Tulangan, 1-27.
Sakti, H., & Parhan, H. (2020). Pengaruh Media Papan Flanel Terhadap Minat Belajar Siswa. Jurnal Paedagogy, 7(3), 226-231. doi:https://doi.org/10.33394/jp.v7i3.2744
Sari, Y., & Trisnawati, N. (2021). Analisis Pengaruh E-Learning dan Kesiapan Belajar Terhadap Minat Belajar Melalui Motivasi Belajar Sebagai Variabel Intervening Mahasiswa Program Beasiswa FLATS di Surabaya pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 7(2), 346-360.doi:https://doi.org/10.33394/jk.v7i2.3736
Saufi, I., & Rizka, M. (2021). Analisis Pengaruh Media Pembelajaran Film Dokumenter Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran, 6(1), 55-59.doi:https://doi.org/10.33394/jtp.v6i1.3626
Suharsimi Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Putra
Wadu, L. B., Gultom, A. F., & Pantus, F. (2020). Penyediaan Air Bersih Dan Sanitasi: Bentuk Keterlibatan Masyarakat Dalam Pembangunan Berkelanjutan. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 10(2), 80-88.
Ulomo, C. (2021). Upaya Peningkatan Minat Dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Pkn Siswa Kelas V Sd I Kuwukan Menggunakan Metode Role Playing. Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an, 8(1), 161-167.