Upaya Guru dalam Meningkatkan Karakter Tanggung jawab Peserta Didik di Sekolah Dasar

Authors

  • Yunike Helwend Universitas Pattimura
  • Korneles Tuamain Universitas Pattimura

DOI:

https://doi.org/10.56393/sistemamong.v3i2.1723

Keywords:

Karakter, Tanggung Jawab, Peserta Didik, Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini mengangkat isu penting mengenai peran guru wali kelas dalam membentuk karakter tanggung jawab peserta didik di Sekolah Dasar Kristen Yatoke. Penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dilakukan, melibatkan 5 guru dan 1 kepala sekolah sebagai subjek penelitian. Dengan fokus pada pemanfaatan media pembelajaran, penerapan bahan ajar, lembaran kerja peserta didik, dan model pembelajaran terstruktur, penelitian ini membuktikan bahwa guru memiliki dampak yang signifikan dalam membentuk karakteristik tanggung jawab pada siswa. Wawancara dengan para informan menguatkan pentingnya implementasi perencanaan pembelajaran yang terencana dan berkelanjutan. Hasil penelitian ini memberikan pandangan mendalam tentang bagaimana guru dapat menjadi teladan dan memberikan pengaruh positif dalam membentuk karakter tanggung jawab peserta didik. Dengan terus mengembangkan perangkat pembelajaran, guru dapat menciptakan siswa yang siap menghadapi tantangan kehidupan dengan sikap integritas dan tanggung jawab. Kesimpulannya, peran guru wali kelas dalam membentuk karakter tanggung jawab peserta didik sangat penting dan melibatkan berbagai strategi perencanaan pembelajaran. Guru wali kelas tidak hanya mengajarkan materi akademik, tetapi juga memberikan contoh perilaku yang baik dan memfasilitasi siswa dalam mengembangkan karakter tanggung jawab melalui pendekatan yang terencana dan berkelanjutan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agung, I. (2017). Peran Fasilitator Guru dalam Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Perspektif Ilmu Pendidikan, 31(2), 106-119.

Akhwani, A., Nafiah, N., & Taufiq, M. (2021). Pendidikan karakter berbasis nilai-nilai Pancasila melalui keteladanan dan pembiasaan di Sekolah Dasar. JPK (Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan), 6(1), 1-10.

Amazona, R. H., & Hamidah, S. (2016). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Islam Terpadu Hidayatullah Yogyakarta. Journal of Culinary Education and Technology, 5(1).

Ameliola, S., & Nugraha, H. D. (2013). Perkembangan media informasi dan teknologi terhadap anak dalam era globalisasi. In Prosiding In International Conference On Indonesian Studies" Ethnicity And Globalization (pp. 362-371).

Aprilianto, A., & Mariana, W. (2018). Permainan Edukasi (Game) Sebagai Strategi Pendidikan Karakter. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 139-158.

Arfandi, A., & Samsudin, M. A. (2021). Peran guru profesional sebagai fasilitator dan komunikator dalam kegiatan belajar mengajar. Edupedia: Jurnal Studi Pendidikan Dan Pedagogi Islam, 5(2), 124-132.

Asrori, M. A. R. (2016). Integrasi nilai-nilai Pancasila dalam pendidikan karakter dan budaya bangsa yang berbasis pada lingkungan sekolah. Jurnal Rontal Keilmuan Pancasila dan Kewarganegaraan, 2(1).

Farcha, A. R., & Fitri, A. (2023). Peran Guru Dalam Menerapkan Karakter Tanggung Jawab Siswa Di SDN 1 Jeumpet Kabupaten Aceh Besar. Elementary Education Research, 8(1).

Kurniawati, A. (2022). Implementasi Kegiatan Kampus Mengajar Melalui Kolaborasi Sekolah Berkah dan Sekolah Membaca di SDN 01 Sukasenang Bayongbong Garut. Problematika Aktivitas Pendidikan Jasmani Dan Olahraga Dimasa Pandemi, 1.

Lestariningsih, N., & Suardiman, S. P. (2017). Pengembangan bahan ajar tematik-integratif berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan karakter peduli dan tanggung jawab. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(1).

Mahendra, Y. (2019). Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. In Prosiding Seminar Nasional Pagelaran Pendidikan Dasar Nasional (PPDN) 2019 (Vol. 1, No. 1, pp. 257-266).

Musya’Adah, U. (2020). Peran Penting Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar. Aulada: Jurnal Pendidikan dan Perkembangan Anak, 2(1), 9-27.

Ningrum, R. W., Ismaya, E. A., & Fajrie, N. (2020). Faktor–Faktor Pembentuk Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Dalam Ekstrakurikuler Pramuka. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 3(1).

Palunga, R., & Marzuki, M. (2017). Peran guru dalam pengembangan karakter peserta didik di sekolah menengah pertama negeri 2 depok sleman. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(1).

Pratiwi, R., & Trisiana, A. (2020). Pentingnya Peran Guru PKn dalam Membangun Moral Anak Bangsa. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 11(2).

Ramdhani, M. A. (2014). Lingkungan pendidikan dalam implementasi pendidikan karakter. Jurnal pendidikan universitas garut, 8(1), 28-37.

Rumalutur, R. (2022). Peran Tenaga Pengajar Dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran Al-Qur’an di TPQ Al-Hijrah 2 Desa Kahena Kecamatan Sirimau Kota Ambon (Doctoral dissertation, IAIN Ambon).

Salsabila, U. H., Seviarica, H. P., & Hikmah, M. N. (2020). Urgensi Penggunaan Media Audiovisual dalam Meningkatkan Motivasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 25(2), 284-304.

Suwartini, S. (2017). Pendidikan karakter dan pembangunan sumber daya manusia keberlanjutan. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 4(1).

Tanu, I. K. (2017). Pentingnya pendidikan anak usia dini agar dapat tumbuh dan berkembang sebagai generasi bangsa harapan di masa depan. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 19-29.

Downloads

Published

2023-10-09

How to Cite

Helwend, Y., & Tuamain, K. (2023). Upaya Guru dalam Meningkatkan Karakter Tanggung jawab Peserta Didik di Sekolah Dasar. Sistem-Among : Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(2), 42–47. https://doi.org/10.56393/sistemamong.v3i2.1723

Issue

Section

Articles