Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Wordwall dalam Meningkatkan Kosakata Siswa di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.56393/sistemamong.v4i1.2110Keywords:
Media Pembelajaran Interaktif Wordwall, Peningkatan Kosakata SiswaAbstract
Penelitian ini dilakukan di UPT SPF SDN Pannara Kota Makassar yang didasari oleh permasalahan rendahnya peningkatan kosakata siswa kelas II. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui gambaran Penggunaan media pembelajaran interaktif Wordwall pada kelas II, (2) mengetahui gambaran peningkatan kosakata siswa kelas II, dan (3) Meneliti pengaruh media pembelajaran interaktif Wordwall dalam meningkatkan kosakata siswa kelas II. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi eksperimental. Teknik purposive sampling digunakan untuk memilih dua kelas sebagai sampel yaitu kelas eksperimen (II B) dan kelas kontrol (II A). data dikumpulkan melalui observasi, tes, dan dokumentasi, kemudian dianalisis dengan analisis statisktik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan (1) gambaran penggunaan media pembelajaran interaktif Wordwall di kelas II berjalan dengan sangat baik, dikarenakan hasil pengamatan observasi pertemuan pertama dan kedua mengalami peningkatan secara signifikan, (2) gambaran peningkatan kosakata siswa kelas II menunjukkan bahwa kelas eksperimen mengalami peningkatan kosakata lebih baik dibandingkan kelas kontrol setelah kelas eksperimen menerima perlakuan (Treatment), (3) pengaruh media pembelajaran interaktif Wordwall dalam meningkatkan kosakata siswa kelas II, berdasarkan hasil analisis statistik SPSS, terdapat pengaruh positif media pembelajaran interaktif Wordwall dalam meningkatkan kosakata siswa kelas II.
Downloads
References
Azizah, H. N. (2020). Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Melalui Penggunaan Media Word Wall. ALSUNIYAT: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, Dan Budaya Arab, 1(1), 1-16.
Choli, I. (2020). Pendidikan Agama Islam Dan Industri 4.0. Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 20-40.
Fidya, I., Romdanih, R., & Oktaviana, E. (2021). Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Media Game Interaktif Wordwall. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III (pp. 219-227).
Ilham, D. (2019). Menggagas pendidikan nilai dalam sistem pendidikan nasional. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 8(3), 109-122.
Imanulhaq, R., & Prastowo, A. (2022). Edugame Wordwall: Inovasi Pembelajaran Matematika di Madrasah Ibtidaiyah. PEDAGOGOS: Jurnal Pendidikan, 4(1), 33-41.
Magdalena, I., Ulfi, N., & Awaliah, S. (2021). Analisis pentingnya keterampilan berbahasa pada siswa kelas IV di SDN Gondrong 2. Edisi, 3(2), 243-252.
Maghfiroh, K. (2018). Penggunaan media Word Wall untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa Kelas IV MI Roudlotul Huda. Jurnal Profesi Keguruan, 4(1), 64-70.
Mailani, O., Nuraeni, I., Syakila, S. A., & Lazuardi, J. (2022). Bahasa sebagai alat komunikasi dalam kehidupan manusia. Kampret Journal, 1(2), 1-10.
Misbahuddin, M. (2020). Fungsi, Hakikat Dan Wujud Bahasa. Intajuna: Jurnal Hasil Pemikiran, Penelitian, Produk Bidang Pendidikan Bahasa Arab, 3(2), 104-112.
Mulyani, A. Y. (2022). Pengembangan Critical Thinking Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di Indonesia. DIAJAR: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 100-105.
Nisa, M. A., & Susanto, R. (2022). Pengaruh Penggunaan Game Edukasi Berbasis Wordwall Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Motivasi Belajar. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 7(1), 140.
Septikasari, R., & Frasandy, R. N. (2018). Keterampilan 4C abad 21 dalam pembelajaran pendidikan dasar. Tarbiyah Al-Awlad: Jurnal Kependidikan Islam Tingkat Dasar, 8(2), 107-117.
Sugiarti, U. (2012). Pentingnya pembinaan kegiatan membaca sebagai implikasi pembelajaran bahasa indonesia. Basastra, 1(1), 54467.
Utama, A. B. (2011). Pembentukan Karakter Anak Melalui Aktivitas BermainDalam Pendidikan Jasmani. Jurnal pendidikan jasmani indonesia, 8(1).
Zafi, A. A. (2018). Transformasi budaya melalui lembaga pendidikan (pembudayaan dalam pembentukan karakter). Al Ghazali, 1(1), 1-16.