Efektivitas Aplikasi Quizziz Mode Kertas Dalam Pembelajaran Matematika Materi Perkalian Kelas 3 Sekolah Dasar

Authors

  • Najla Delfina Andarawan Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Vivi Oktaviani Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Kowiyah Kowiyah Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

DOI:

https://doi.org/10.56393/sistemamong.v4i2.2546

Keywords:

Pembelajaran Matematika, Quizziz, Perkalian, Partisipasi Aktif, Sekolah Dasar

Abstract

Media pembelajaran yang inovatif diperlukan untuk menunjang pembelajaran supaya peserta didik dapat memahami materi dengan mudah. Namun, mayoritas guru saat ini masih berfokus pada capaian materi pembelajaran tanpa melihat kemampuan penalaran peserta didik.  Penelitian ini dirancang supaya dapat mengetahui tingkat efektivitas media pembelajaran berbasis web Quizziz menggunakan Mode Kertas dalam pembelajaran matematika materi perkalian kelas 3 Sekolah Dasar. Metode yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini bertujuan guna meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap materi perkalian, mengingat guru sebelumnya belum memanfaatkan pembelajaran digital secara optimal. Pada penelitian ini, data diperoleh melalui pre-test dan post-test yang melibatkan 32 peserta didik. Hasil menunjukkan bahwa rata-rata nilai peserta didik meningkat dari 66 pada pre-test menjadi 85 pada post-test, serta persentase ketuntasan belajar naik dari 62,07% menjadi 93,10%. Penerapan paper Mode Kertas terbukti dapat meningkatkan minat dan konsentrasi peserta didik dalam pembelajaran, dan juga dapat menciptakan suasana kelas yang lebih interaktif dan menyenangkan. Temuan ini menunjukkan pentingnya integrasi teknologi dalam pendidikan untuk mengembangkan kualitas pembelajaran. Maka dari itu, kami memberikan rekomendasi agar guru terus mengembangkan metode pembelajaran yang inovatif dan mengimplementasikan teknologi digital dalam proses belajar mengajar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardiansyah, M. (2022). Efektivitas Penggunaan Platform Quizizz dalam Meningkatkan Minat dan Pemahaman Konsep Matematika. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 6(3), 417–423. https://doi.org/10.30998/sap.v6i3.9892

Fauzi, E., Visar Sinatrya, M., Daru Ramdhani, N., Ramadhan, R., & Muhammad Rasid Safari, Z. (2022). Pengaruh kemajuan teknologi informasi terhadap perkembangan akuntansi. Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi, 7(2), 189–197. https://doi.org/10.21067/jrpe.v7i2.6877

Fricticarani, A., Hayati, A., R, R., Hoirunisa, I., & Rosdalina, G. M. (2023). Strategi Pendidikan Untuk Sukses Di Era Teknologi 5.0. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi (JIPTI), 4(1), 56–68. https://doi.org/10.52060/pti.v4i1.1173

Halim, A. (2022). Signifikansi dan Implementasi Berpikir Kritis dalam Proyeksi Dunia Pendidikan Abad 21 Pada Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, 3(3), 404–418. https://doi.org/10.36418/jist.v3i3.385

Irawan, A., Majid, L. A., Putri, A. I., Yanti, D. K., Tinggi, S., Tarbiyah, I., Mubarok, A., & Tengah, L. (2023). Penerapan Media Megasiz (Media Game Edukasi Quizizz) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas V SD Negeri 13 Mataram Tahun Pelajaran 2022/2023. Journal of Science Instruction and Technology, 08(September), 5081–5091.

M. Ferdi, Ida Laela, Syifa Mutia, Linda, Badri Munawar, A. B. (2024). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Dengan Media Quizizz Mode Kertas di SDN Munjul 1. Serumpun Mendidik, 01.

Maryani, E., & Syamsudin, H. (2009). Pengembangan Program Pembelajaran IPS Untuk Meningkatkan Kompetensi Keterampilan Sosial. Jurnal Penelitian, 9(1), 1–111.

Nurhaidah Anggraeni Putri, Sapri Sapri, & Lailatun Nur Kamalia Siregar. (2024). Pengaruh Penggunaan Paper Mode Berbasis Aplikasi Quizizz terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SDIT Khairur Rahman. JISPENDIORA Jurnal Ilmu Sosial Pendidikan Dan Humaniora, 3(1), 232–243. https://doi.org/10.56910/jispendiora.v3i1.1389

Pare, A., & Sihotang, H. (2023). Pendidikan Holistik untuk Mengembangkan Keterampilan Abad 21 dalam Menghadapi Tantangan Era Digital. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 27778–27787.

Rika Widianita, D. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dengan Menggunakan Mode Kertas Quizizz Siswa Kelas IV SD Negeri 6 Cakranegara Tahun Pelajaran 2022/2023. AT-Tawassuth: Jurnal Ekonomi Islam, VIII(I), 1–19.

Risna Nur Haryanti, M. Y. (2024). Implementasi Pembelajaran Matematika Berbasis Soal Model PISA Dengan Pendekatan PBL Dalam Meningkatkan Keterampilan Siswa Abad 21. October.

Salsabila Hasibuan, Muhammad Arifin, T. R. H. (2024). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Media Interaktif Quizizz Paper Mode Siswa Kelas VI SD Negeri 064974 Medan Tembung. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(3), 500–510. https://doi.org/10.3176/chem.geol.1975.2.10

Saodah, N. A., & Heryanto, A. (2024). Pengaruh Model Snowball Throwing berbantuan Quizizz Paper Mode terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri 242 Palembang. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(4), 137–147.

Septi, A., Intan, A., & Imaculata, S. (2022). NeoTeknologi Informasi Era Metaverse.

Winarsih, & Nisa, A. F. (2023). Paper Mode Quizizz sebagai Media Penilaian Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 23, 112–123.

Wirdhaningrum, T. A. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) Pada Materi Kubus dan Balok Siswa Kelas VIII SMP. Repository.Uir, 24–32.

Downloads

Published

2024-10-31

How to Cite

Andarawan, N. D., Oktaviani, V., & Kowiyah, K. (2024). Efektivitas Aplikasi Quizziz Mode Kertas Dalam Pembelajaran Matematika Materi Perkalian Kelas 3 Sekolah Dasar. Sistem-Among : Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 4(2), 67–72. https://doi.org/10.56393/sistemamong.v4i2.2546

Issue

Section

Articles