Pengembangan Media Interaktif Berbasis Adobe Animate CC Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas IV

Authors

  • Dita Dwi Rahayu Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • Siti Halimatus Sakdiyah Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • Denna Delawanti Chrisyarani Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

DOI:

https://doi.org/10.56393/sistemamong.v2i1.354

Keywords:

Adobe Animate CC, Media Interaktif, Ilmu Pengetahuan Sosial

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi perlu adanya media pembelajaran interaktif yang sesuai dengan kebutuhan siswa sebagai pendukung dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial materi keberagaman budaya bangsa indonesia. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui media interaktif berbasis Adobe Animate CC yang dikembangkan layak, praktis, dan efektif untuk pembelajaran siswa kelas IV sekolah dasar. Metode penelitian yaitu penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE dengan 5 tahapan yang terdiri dari Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Instrument pengumpulan data yaitu validasi ahli materi, ahli desain, ahli bahasa, angket respon guru dan siswa serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media interaktif dinyatakan layak oleh para ahli dengan nilai rata-rata 92%. Penggunaan media interaktif medapat respon positif oleh guru memperoleh 84% dan respon positif dari siswa memperoleh 91%. Media efektif digunakan oleh siswa dengan hasil peningkatan nilai rata-rata pre-test dan post-test memperoleh nilai 85%. Dengan demikian, media interaktif berbasis Adobe Animate CC dinyatakan layak, praktis dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran interaktif pada pembelajaran IPS kelas IV sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akhmadi, A. (2019). Moderasi Beragama Dalam Keragaman Indonesia Religious Moderation in Indonesia’s Diversity. Jurnal Diklat Keagamaan, 13(2), 45–55.

Angraini, R. (2017). Karakteristik Media Yang Tepat Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (Pkn) Sebagai Pendidikan Nilai. Journal of Moral and Civic Education, 1(1), 14–24. https://doi.org/10.24036/8851412020171116

Antara, M., & Yogantari, M. V. (2018). Keragaman Budaya Indonesia Sumber Inovasi Industri Kreatif. Senada, 1, 292–301.

Clara Chevalier Iga Santosa, Slameto, E. W. S. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Menggunakan Adobe Flash Pro CS 5.5 Pada Pembelajaran IPA Untuk SIswa Kelas IV SD. 1(3).

Galih Pradana, A., & Nita, S. (2019). Rancang Bangun Game Edukasi “ AMUDRA ” Alat Musik Daerah Berbasis Android Afista Galih Pradana Sekreningsih Nita. Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 2(1), 77–80.

Gunawan. (2016). Pendidikan IPS Filosofi, Konsep, dan Aplikasi. Alfabeta.

Hadi, H., & Agustina, S. (2016). Pengembangan Buku Ajar Geografi Desa-Kota Menggunakan Model Addie. Jurnal Educatio, 11(1), 90–105.

Helaluddin, H. W. (2019). Analisis Data Kualitatif: Sebuah Tinjauan Teori&Praktik (1st ed.). Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.

Hermawan, I. (2019). Metodelogo Penlitian Kuantitatif, Kualitatif Dan Mixed Methode (C. S. Rahayu (ed.); 1st ed.). Hidayatul Quran Kuningan.

Hilmansyah, H. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Audiovisual Berbasis Adobe Flash Kompetensi Dasar Menggambar Rencana Struktur Rangka Atap Kelas Xi Dpib Smkn 3 Jombang. Kajian Pendidikan Teknik Bangunan ( JKPTB ), 06 Nomor 0, 1–7. https://ejournal.iainkendari.ac.id/al-tadib/article/view/411/396 · PDF

Maryono, M. (2017). Peran Guru Dalam Menerapkan Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 2(1), 72–89. https://doi.org/10.22437/gentala.v2i1.6819

Maulidta Hidayatul, W. S. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Flash Untuk Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas III SD. 06.

Nasution, H. F. (2016). Intrumen Penelitian Dan Urgensinya Dalam Penelitian Kuantitatif. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam IAIN Padangsidimpuan, 53(9), 1689–1699. http://publications.lib.chalmers.se/records/fulltext/245180/245180.pdf%0Ahttps://hdl.handle.net/20.500.12380/245180%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.jsames.2011.03.003%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.gr.2017.08.001%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.precamres.2014.12

Nur Kamelia, Sugiyono, H. K. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Adobe Flash CS6 Untuk Siswa Kelas IV SD/MI. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 9, No 8.

Nurrita, T. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Journal of Physics: Conference Series, 1321(2), 171–187. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1321/2/022099

Permana, E. P., & Nourmavita, D. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Pada Mata Pelajaran Ipa Materi Mendeskripsikan Daur Hidup Hewan Di Lingkungan Sekitar Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal PGSD, 10(2), 79–85. https://doi.org/10.33369/pgsd.10.2.79-85

Prasetyo, F. (2018). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Powerpoint 2016 Pada Subtema 1 Manusia Dan Lingkungan Di Kelas V Sekolah Dasar. … Berbasis Powerpoint 2016 Pada Subtema …, 1–20. https://repository.unja.ac.id/4582/

Puspita, A., Kurniawan, A. D., & Rahayu, H. M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Booklet Pada Materi Sistem Imun Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMAN 8 Pontianak. Jurnal Bioeducation, 4(1), 64–73. https://doi.org/10.29406/524

Rahmad. (2016). Kedudukan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada Sekolah Dasar. 2(1), 67–78.

Samsudin, S., Irawan, M. D., & Harahap, A. H. (2019). Mobile App Education Gangguan Pencernaan Manusia Berbasis Multimedia Menggunakan Adobe Animate Cc. Jurnal Teknologi Informasi, 3(2), 141. https://doi.org/10.36294/jurti.v3i2.1009

Setiadi, A. (2018). Pengembangan Aplikasi Pneumatik Berbasis Android Sebagai Multimedia Pembelajaran Interaktif. Plastics Engineering, LIII(8), 18–23.

Solikin, I. (2018). Implementasi Penggunaan Smartphone Android untuk Control PC (Personal Computer). Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT, 3(2), 249–252. https://doi.org/10.30591/jpit.v3i2.766

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113

Urnika, A. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Berrbasis Adobe Flash Muatan Pembelajaran PPKn Materi Keberagaman Budaya Indonesia Kelas IV SD Negeri Patemon 01 Semarang.

Utomo, A. Y., & Ratnawati, D. (2018). Pengembangan Video Tutorial Dalam Pembelajaran Sistem Pengapian Di Smk. Taman Vokasi, 6(1), 68. https://doi.org/10.30738/jtvok.v6i1.2839

Wahyu, I., Utami, P., & Putra, P. (2017). Analisis Fakta Pada Muatan Ips Dalam Pembelajaran Kurikulum 2013 Kelas Iv Sd. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 3(1), 56–69.

Wahyuni, A. T. (2018). Pengembangan Multimedia Berbasis Macromedia Flash 8 Untuk Menentukan Jaring-Jaring Balok Dan Kubus Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Education, 2(1), 1–13. http://link.springer.com/10.1007/978-3-319-76887-8%0Ahttp://link.springer.com/10.1007/978-3-319-93594-2%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/B978-0-12-409517-5.00007-3%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.jff.2015.06.018%0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/s41559-019-0877-3%0Aht

Windi Astuti, Muhammad Taufiq, T. M. (2021). Implementasi Wilcoxon Signed Rank Test Untuk Mengukur Efeketifitas Pemberrian Video Tutorial Dan PPT Untuk Mengukur Nilai Teori. 5(1), 405–410.

Yuliawati, F. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Adobe Flash CS3 Professional dalam Pembelajaran IPA Berbasis Integrasi Islam-Sains di SD/MI Kelas 5. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 3(3), 129–138. http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/trihayu/article/view/1874/1043

Yusfrizal. (2019). Rancang Bangun Aplikasi Kriptografi Pada Teks Menggunakan Metode Reverse Chiper Dan RSA Berbasis Android. Jurnal Teknik Informatika Kaputama (JTIK), 3(2), 29–37.

Downloads

Published

2022-04-06

How to Cite

Rahayu, D. D., Sakdiyah, S. H., & Chrisyarani, D. D. (2022). Pengembangan Media Interaktif Berbasis Adobe Animate CC Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas IV. Sistem-Among : Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.56393/sistemamong.v2i1.354

Issue

Section

Articles