Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Sangkar Puzmagipat Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa

Authors

  • Ida Fitri Haryanti Universitas PGRI Yogyakarta
  • Mahilda Dea Komalasari Universitas PGRI Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.56393/sistemamong.v1i1.71

Keywords:

Pengembangan Media, Sangkar PuzMagiPat, Pembelajaran Matematika, Prestasi Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan produk pengembangan Sangkar PuzMagiPat materi bangun datar segi empat.  Metode penelitian yang digunakan yaitu Research and Development. Teknik dan pengumpulan data adalah angket, wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil kelayakan media pembelajaran Sangkar PuzMagiPat yang ditinjau dari aspek pemanfaatan, cara penggunaan dan tampilan/daya tarik, berdasarkan penilaian dari ahli media menunjukkan nilai dengan skor 60 memiliki kriteria baik. Hasil kelayakan media pembelajaran Sangkar PuzMagiPat yang ditinjau dari isi materi dan pembelajaran, berdasarkan penilaian dari ahli materi menunjukkan nilai dengan skor 60 yang memiliki kriteria baik. Hasil rata-rata nilai pretes dan postes dari uji coba pemakaian menunjukkan nilai rata-rata pretes adalah 63,34 dan nilai rata-rata postes adalah 81,66. Hasil peningkatan nilai pretes dan nilai postes menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar siswa pada materi bangun datar segi empat. Hasil uji nilai pretes dan nilai postes melalui uji paired sample t-test, nilai postes 81,66. Dengan demikian, ada perbedaan prestasi belajar siswa antara sebelum dengan sesudah menggunakan media pembelajaran Sangkar PuzMagiPat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A.Suciaty Al-Azizy. (2010). Ragam Latihan Khusus Asah Ketajaman Otak Anak Plus Melejitkan Daya Ingatnya. Yogyakarta: Diva Press.

Ayu Fitri Lestari. (2016). Skripsi: Pengaruh Efektivitas Program Corporate Social Responsibility (CSR) PT Mitssubishi Chemical Indonesia (MCCI) terhadap Pemberdayaan Masyarakat di Kelurahan Gerem Kecamatan Grogol Kota Cilegon. Serang: Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Djamarah, S. B. dan Zain, A. (2013). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Fathurrohman, M. dan Sulistyorini. (2012). Belajar dan Pembelajaran: Meningkatkan Mutu Pembelajaran Sesuai Standar Nasional. Yogyakarta: Teras.

Gultom, A. F. (2011). Guru Bukan Buruh. Malang: Servaminora.

Hamzan B. Uno. (2013). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamzah, A. dan Muhlistarini. (2014). Rencana dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT Grafindo Persada.

Hikmatun Nisa’enha. (2015). Skripsi: Pengembangan Media Puzzle pada Konsep Pengukuran Bangun Datar terhadap Pemahaman Siswa Kelas IV MI Al Mufidah Wongsorejo Banyuwangi. Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Komalasari, M. D., & Wihaskoro, A. M,. (2016). “Mengatasi Kesulitan Memahami Soal Cerita Matermatika Melalui Gerakan Literasi Sekolah Dasar”. Volume 1(1): 1-12. Universitas PGRI Yogyakarta.

Kustandi, C. dan Sutjipto, B. (2011). Media Pembelajaran; Manual dan Digital. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.

Maskun dan Rachmedita, V. (2018). Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Muhsetyo, G., dkk. (2011). Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Nafi’ah dan Indrawati, D. (2019). “Pengembangan Mdia Puzzle Motif Nusantara (MONTARA) dalam pembelajaran Bangun Datar”. Jurnal PGSD (JPGSD), Volume 07 Nomor 05, hlm. 3393-3402,Tahun 2019, Universitas Negeri Surabaya.

Nur Warifotul Laila. (2016). Skripsi: Pengembangan Media Pembelajaran Matematika PUZZEGIPAT (Puzzle Bangun Datar Segi Empat) Dalam Pokok Bahasan Bangun Datar Segi Empat Pada Siswa Tuna Netra Kelas VII SLB Muhammadiyah Purworejo Tahun Pelajaran 2015/2016. Purworejo: Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Nurdiana, M., Kholisho, Y. N., dan Fathoni, A. (2018). “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis CD Interaktif pada Materi Simulasi Digital Menggunakan Adobe Flash”. Jurnal Pendidikan Informatika, Volume 2 No. 2: 84-92, Desember 2018, Universitas Hamzanwadi.

Raisatun Nisak. (2011). Lebih Dari 50 Game Kreatif Untuk Aktivitas Belajar-Mengajar. Yogyakarta: Diva Press.

Ridho Agung Juwantara. (2019). “Analisis Teori Perkembangan Kognitif Piaget pada Tahap Anak Usia Operasional Konkret 7-12 Tahun dalam Pembelajaran Matematika”. Jurnal Ilmiah Guru Madrasah Ibtidaiyah, Vol. 9, No. 1 (Juni 2019), Hal. 27-34, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

S. M. Hanafi. (2014). “Konsep Belajar dan Pembelajaran. Makassar: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar”. Jurnal Pendidikan, Lintera Pendidikan, Vol. 17 No. 1, hlm. 66-135, Juni 2014. UIN Alauddin Makassar.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sukiman. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogia.

Sunarti dan Rahmawati, S. (2014). Penilaian Kurikulum 2013. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Suranto. (2015). Teori Belajar & Pembelajaran Kontemporer. Yogyakarta: LaksBang PRESSindo.

Suryani, N, dkk. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Tohirin. (2006). Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam: Berbasis Integrasi dan Kompetensi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Downloads

Published

2021-04-01

How to Cite

Haryanti, I. F., & Komalasari, M. D. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Sangkar Puzmagipat Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa . Sistem-Among : Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(1), 20–28. https://doi.org/10.56393/sistemamong.v1i1.71

Issue

Section

Articles