Peran Pelatih Ekstrakurikuler Paskibra Dalam Mengembangkan Profil Pelajar Pancasila Pada Elemen Gotong Royong

Authors

  • Roni Roni Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Erwin Susanto Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Aris Riswandi Sanusi Universitas Buana Perjuangan Karawang

DOI:

https://doi.org/10.56393/decive.v4i7.2103

Keywords:

Elemen Gotong Royong, Profil Pelajar Pancasila, Pelatih Ekstrakurikuler Paskibra

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggali peran pelatih ekstrakurikuler paskibra dalam mengembangkan Profil Pelajar Pancasila pada elemen gotong royong di Sekolah Menengah Kejuruan TI Muhammadiyah Cikampek. Metode yang digunakan untuk penelitian yaitu deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu dengan reduksi data, display hasil, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menyatakan bahwa Pelatih ekstrakurikuler paskibra Sekolah Menengah Kejuruan TI Muhammadiyah Cikampek secara umum memiliki peran yang sangat penting dalam mengembangkan elemen gotong royong Profil Pelajar Pancasil pada siswa karena pelatih yang mempunyai tugas untuk membimbing dan memberikan arahan kepada siswa dengan tujuan untuk membentuk karakter siswa supaya memiliki akhlak yang baik, bertanggung jawab, saling peduli, berbagi dan saling bekerjasama atau bergotong royong, melalui program-program ekstrakurikuler paskibra pelatih dapat memberikan arahan dan bimbingan kepada siswa dengan baik serta pelatihlah yang membuat perencanaan dalam setiap program-program ekstrakurikuler paskibra Sekolah Menengah Kejuruan TI Muhammadiyah Cikampek.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akmalia, R. (2019). Pengaruh Perilaku Individu, Kelompok Dan Tim Kerja Terhadap Kinerja Guru Di Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Medan (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).

Al-Fawwaz, F. K. (2018). Implementasi religious culture melalui program penguatan pendidikan karakter di MAN 4 Jakarta (Bachelor's thesis, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).

Dian Bayu, Implementasi Program Kerja Ekstrakurikuler Paskibra dalam

Effendi, Tadjuddin Noer. (2013). Budaya Gotong-Royong Masyarakat dalam Perubahan Sosial Saat Ini. Jurnal Pemikiran Sosiologi, 2 (1), hlm. 1-18.

Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil pelajar Pancasila

Istinah, Anif dan Rini Puji Astuti. 2021. “Pendidikan Pancasila Sebagai Upaya Membentuk Karakter Pelajar Pancasila.” Jurnal Politik Hukum Sosial Budaya Dan Pendidikan 19(2): 7-202.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi Elektronik. Jakarta : Pusat Bahasa, 2008

Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : 2002

Kiram, S. (2023). Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Prestasi Ekstrakurikuler Di SMK Swasta Muhammadiyah 11 Sibuluan Kab. Tapanuli Tengah (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan).

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2018 tentang Pedoman Upacara Bendera di sekolah. Jakarta: Mendikbud

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No.22 Tahun 2020 tentang Profil Pelajar Pancasila. Jakarta: Mendikbud

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No.62 Tahun 2014 tentang Kegiatan ekstrakurikuler pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Mendikbud

Peraturan Panglima Tentara Nasional Indonesia Nomor 46 Tahun 2014 tentang Peraturan Baris Berbaris. Jakarta: Mendikbud

Sinaga, B., & Santika, A. M. (2022). Peran Kegiatan Ekstrakurikuler Paskibra Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Di Upt Smp Negeri 37 Medan.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Turrif'ah, M. (2014). Internalisasi karakter religius melalui sistem manajemen kesiswaaan: Studi multi situs di MTs NU Pakis dan MTs Al Hidayah Wajak Kabupaten Malang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 1982, Keputusan Mentri Pendidikan dan kebudayaan No. 0641/U/1984

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Sinar Grafika, 2011, cet. ke-4.

Zuchron, D. 2021. Tunas Pancasila. Direktorat Sekolah Dasar Dirjen PAUD, Dikdas

Downloads

Published

2024-05-06

How to Cite

Roni, R., Susanto, E., & Sanusi, A. R. (2024). Peran Pelatih Ekstrakurikuler Paskibra Dalam Mengembangkan Profil Pelajar Pancasila Pada Elemen Gotong Royong. De Cive : Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 4(7), 241–246. https://doi.org/10.56393/decive.v4i7.2103

Issue

Section

Articles