Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Kahoot Terhadap Antusiasme Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila
Keywords:
Antusiasme Belajar, Kahoot, Media Pembelajaran, Pendidikan Pancasila dan KewarganegaraanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh media pembelajaran interaktif Kahoot terhadap antusiasme belajar peserta didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen, serta desain pre-test dan post-test control group. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 252 Jakarta dengan populasi kelas VII pada tahun ajaran 2023/2024, dan sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VII E sebagai kelas kontrol dan VII G sebagai kelas eksperimen. Sampel dipilih menggunakan teknik probability sampling dengan simple random sampling. Data antusiasme belajar dikumpulkan melalui angket yang diberikan kepada peserta didik. Analisis data dilakukan menggunakan uji Independent Sample T-Test dengan nilai alpha 0,05. Hasil uji menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,001, yang berarti kurang dari 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Kahoot berpengaruh terhadap antusiasme belajar peserta didik. Berdasarkan perhitungan effect size menggunakan rumus Cohen’s, pengaruh yang diperoleh sebesar 0,871, yang termasuk dalam kategori besar (large). Temuan ini menunjukkan bahwa penggunaan Kahoot dapat meningkatkan keterlibatan dan motivasi siswa dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, disarankan agar Kahoot dapat dijadikan alternatif media pembelajaran yang lebih sering digunakan di kelas untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran.
Downloads
References
Anam S, M., & Dwiyogo, W. D. (2019). Teori Belajar Behavioristik DAnam S, M., & Dwiyogo, W. D. (2019). Teori Belajar Behavioristik Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran. Universitas Negeri Malang, 2.an Implikasinya Dalam Pembelajaran. Universitas Negeri Malang, 2. Retrieved from https://cdn-gbelajar.simpkb.id/s3/p3k/Pedagogi/Artikel/Teori_Belajar_Behavioristik_Dan_Implikas.pdf
Andari, R. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Kahoot! Pada Pembelajaran Fisika. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 6(1), 135. doi:10.31764/orbita.v6i1.2069
Asria, L., Sari, D. R., Ngaini, S. A., Muyasaroh, U., & Rahmawati, F. (2021). Analisis antusiasme siswa dalam evaluasi belajar menggunakan platform quizizz, 3(1), 1–17. doi:10.35316/alifmatika.2021.v3i1.1-17
Bagila, S., Kok, A., Zhumabaeva, A., Suleimenova, Z., Riskulbekova, A., & Elmira, U. (2019). Teaching primary school pupils through audio-visual means. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 14(22), 122–140. doi:10.3991/ijet.v14i22.11760
Kholiqin, Yuliana, D., & Jaya, F. (2022). Pengaruh Video Pembelajaran Terhadap Antusiasme Siswa Kelas X Tkj Pada Mata Pelajaran Simulasi Dan Komunikasi Digital Di Smk Khamas Asembagus. Edusaintek: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 9(1), 202–214.
Mamonto, N., Umar, F. A. R., & Kadir, H. (2021). Penggunaan Media Kahoot Dalam Penilaian Pembelajaran Mengevaluasi Struktur dan Kebahasaan Teks Anekot Pada Siswa Kelas X SMK Negeri Suwawa. Jambura Journal Of Linguistics and Literature, 2(1), 1–14.
Mustikawati, F. E. (2019). Fungsi Aplikasi Kahoot sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa (Semiba), 99–104.
Ndraha, H., & Harefa, A. R. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Siswa di SMP Negeri 2 Gunungsitoli Utara. Journal on Education, 06(01), 5328–5339. Retrieved from https://www.jonedu.org/index.php/joe/article/view/3714%0Ahttps://www.jonedu.org/index.php/joe/article/download/3714/3082
Niama, S. U., Nurwahyunani, A., Sumarno, S., & ... (2023). Pemanfaatan Kahoot Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Permainan dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Biologi. Jurnal Pendidikan …, 7, 11250–11256. Retrieved from https://mail.jptam.org/index.php/jptam/article/view/8147%0Ahttps://mail.jptam.org/index.php/jptam/article/download/8147/6670
Salam, R., Akib, H., & Daraba, D. (2020). Utilization of Learning Media In Motivating Student Learning, 226(Icss), 1100–1103. doi:10.2991/icss-18.2018.232
Sukmawati, Tolla, I., & Haling, A. (2019). Pengaruh Penerapan Pendekatan Pembelajaran Tematik Terhadap Antusias Belajar Murid Kelas Ii Sd Negeri 14 Biru, 1–13.
Utami, Intaniasari, Y., & Diah, R. (2022). Menumbuhkan antusiasme belajar siswa sekolah dasar melalui media audio-visual dalam pembelajaran. Buletin Literasi Budaya Sekolah, 25–36. doi:10.23917/blbs.v4i1.17752
Wardana, S., & Sagoro, E. M. (2019). Implementasi Gamifikasi Berbantu Media Kahoot Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar, Motivasi Belajar, Dan Hasil Belajar Jurnal Penyesuaian Siswa Kelas X Akuntansi 3 Di Smk Koperasi Yogyakarta Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 17(2), 46–57. doi:10.21831/jpai.v17i2.28693