Kajian Teoritis tentang Hubbul Wathan Minal Iman dalam Upaya Menjaga Eksistensi Pancasila

Authors

  • Khalimatus Sadiyah Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
  • Nurul Nisah Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
  • Muhammad Zainuddin Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

DOI:

https://doi.org/10.56393/decive.v1i2.309

Keywords:

Hubbul Wathan Minal Iman, Eksistensi, Pancasila

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara teoritis tentang Hubbul Wathan Minal Iman dalam menjaga eksistensi Pancasila. Dasar penelitian ini ada dalam semangat juang umat  Islam mewujudkan rasa cinta terhadap tanah air yaitu Indonesia. Bentuk kecintaan terhadap negara secara mendasar menjadi bagian dari iman. Kecintaan dengan demikian menjadi sesuatu yang sangat urgent dan memang seharusnya dimiliki oleh setiap warga negara, termasuk umat Islam. Namun, sering kali kecintaan tersebut tidak diarahkan kepada hal yang bermanfaat sehingga banyak yang tidak menjadikannya tidak berarti. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Temuan penelitian adalah pertama, upaya menjaga eksistensi Pancasila memiliki beragam tantangan, maka diperlukannya rasa cinta yang mendalam yang diwujudkan melalui sikap nyata. Temuan kedua bahwa penelitian ini menyatakan bahwa umat Islam perlu memiliki sikap Hubbul Wathan Minal Iman dalam menjaga Pancasila sebagai ideologi bangsa Indonesia tetap dalam eksistensinya. Rekomendasi penelitian ini lebih mengarahkan agar bentuk kecintaan pada tanah air bisa digagas secara konseptual dan kemudian dilaksanakan dalam bentuk tindakan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, F. (2017). Bela Negara di Indonesia dalam Perspektif Politik Islam (Bachelor's thesis, Fakultas Syariah dan Hukum UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).

Aliazmi, M., Sihabudin, A., & Yusanto, Y. (2019). Gerakan Pemuda Ansor Kota Tangerang Dalam Memaknai Jargon “Hubbul Wathan Minal Iman” Nahdlatul Ulama (Studi Fenomenologi Anggota Gerakan Pemuda Ansor Kota Tangerang Dalam Memaknai Jargon “Hubbul Wathan Minal Iman” Nahdlatul Ulama) (Doctoral dissertation, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa).

Asmaroini, A. P. (2017). Menjaga Eksistensi Pancasila dan Penerapannya bagi Masyarakat di Era Globalisasi. JPK: Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 1(2), 50-64.

Basri, Yusmar, dkk. (1997). Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama untuk Siswa Kelas 1. Jakarta: Balai Pustaka.

Departemen Pendidikan Indonesia. (2014). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Dirjen Pothankam. (2020). Pendidikan Kesadaran Bela Negara (Pedoman Bagi Dosen Pendidikan Kewarganegaraan). Jakarta: Direktorat Jendral Potensi Pertahanan.

Hakim, L. (2020). Konsep Hubbul Wathan Minal Iman dalam Pandangan Ulama NU di Banda Aceh (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry).

Huda, M. C. (2018). Meneguhkan Pancasila Sebagai Ideologi Bernegara. Resolusi: Jurnal Sosial Politik, 1(1), 78-99.

Ibda, H. (2017). Relasi Nilai Nasionalisme Dan Konsep Hubbul Wathan Minal Iman Dalam Pendidikan Islam. International Journal Ihya''Ulum al-Din, 19(2). DOI: 10.21580/ihya.18.1.1740

Kaelan. (2013). Negara Kebangsaan Pancasila: Kultural, Historis, Filsofis, Yuridis dan Aktualisasinya. Yogyakarta: Paradigma.

Kaelan.. (2016). Pendidikan Pancasila. Yogyakarta: Paradigma,

Mahbubi. (2012). Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Pustaka Ilmu Yogyakarta,

Rofiq, N. (2018). Telaah Konseptual Implementasi Slogan Hubb Al-Wathan Min Al-Iman Kh. Hasyim Asy’ari dalam Pendidikan Karakter Cinta Tanah Air. Jurnal Keluarga Sehat Sejahtera, 16(2), 44-52. https://doi.org/10.24114/jkss.v16i32.11924

UUD 1945. (2014). Surabaya: Anugerah,

Zada, K., & Sjadzili, A. F. (2010). Nahdlatul Ulama: Dinamika Ideologi dan Politik Kenegaraan. Jakarta: Kompas.

Downloads

Published

2021-02-28

How to Cite

Sadiyah, K., Nisah, N., & Zainuddin, M. (2021). Kajian Teoritis tentang Hubbul Wathan Minal Iman dalam Upaya Menjaga Eksistensi Pancasila. De Cive : Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 1(2), 40–46. https://doi.org/10.56393/decive.v1i2.309

Issue

Section

Articles