Analisis Sistem Pembelajaran Daring Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Universitas Buana Perjuangan Karawang

Authors

  • Debby Yolanda Siburian Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Fitri Silvia Sofyan Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Tridays Rapelita Universitas Buana Perjuangan Karawang

DOI:

https://doi.org/10.56393/decive.v1i7.406

Keywords:

Mahasiswa, Motivasi Belajar, Pembelajaran Daring

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis “Sistem Pembelajaran Daring Terhadap Motivasi Mahasiwa Unversitas Buana Perjuangan Karawang”. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif menggunakan analisis deskriptif, yang dilatarbelakangi karena terdapat banyaknya keluhan-keluhan yang terjadi baik oleh pendidik dan peserta didik dilingkungan masyarakat. Subjek penelitian terdiri atas ketua Buana Online Course (BOC), perwakilan dosen universitas buana perjuangan karawang, dan perwakilan mahasiswa kristen yang terpilih secara acak. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, serta dokumentasi. Hasil dari penelitian yang didapat menunjukkan mahasiswa Universitas Buana Perjuangan Karawang mengalami penurunan motivasi belajar, dimana pada saat pembelajaran daring berlangsung mahasiswa menjadi cepat bosan karena banyaknya gangguan yang dialami selama proses pembelajaran daring yang membuat mahasiswa menjadi tidak fokus dan tidak memahami materi yang diberikan oleh dosen.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2016). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches. Sage Publications.

Daryanto. (2013). Inovasi Pembelajaran Efektif. Bandung: Yrma Widya.

Dimiyati, Mudjiyono. (2002). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rieka Cipta.

Gultom, A. F. (2019). Konsumtivisme Masyarakat Satu Dimensi Dalam Optik Herbert Marcuse. Waskita: Jurnal Pendidikan Nilai dan Pembangunan Karakter, 2 (1), 17-30.

Mahfud, M. N., & Wulansari, A. (2018). Penggunaan Gadget untuk Menciptakan Pembelajaran yang Efektif. Seminar Nasional Pendidikan 2018.

Martorejo, T. N. (2020). Pandemi Covid-19: Ancaman atau Tantangan bagi Sektor Pendidikan. Jurnal Binus, 7(1), 1-15.

Moleong. L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif (Revisi). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Noveandini, R., & Wulandari, M. S. (2010). Pemanfaatan media pembelajaran secara online (e-learning) bagi wanita karir dalam upaya meningkatkan efektivitas dan fleksibilitas Pemantauan Kegiatan Belajar Anak Siswa/i Sekolah Dasar. In Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI).

Pusdiklat Kemendikbud. (2020). Surat Edaran Mendikbud No 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyabaran Corona Virus Disease (COVID-19) – Pusdiklat Pegawai Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Https://Pusdiklat.Kemendikbud.Go.Id/.

Rifa’i, A dan Anni, C.T. (2012). Psikologi Pendidikan. Semarang: UPT UNNES PRESS

Subarkah, M. A. (2019). Pengaruh gadget terhadap perkembangan anak. Rausyan Fikr: Jurnal Pemikiran dan Pencerahan, 15(1).

Sudirman, A. M (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar dan Mengajar. Jakarta: PT. Grafindo Indonesia

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wadu, L. B., Gultom, A. F., & Pantus, F. (2020). Penyediaan Air Bersih Dan Sanitasi: Bentuk Keterlibatan Masyarakat Dalam Pembangunan Berkelanjutan. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 10(2), 80-88.

Zanthy, L. S. (2016). Pengaruh motivasi belajar ditinjau dari latar belakang pilihan jurusan terhadap kemampuan berpikir kritis mahasiswa di STKIP Siliwangi Bandung. TEOREMA: Teori Dan Riset Matematika, 1(1), 47-54.

Downloads

Published

2020-07-31

How to Cite

Siburian, D. Y., Sofyan, F. S., & Rapelita, T. (2020). Analisis Sistem Pembelajaran Daring Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Universitas Buana Perjuangan Karawang. De Cive : Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 1(7), 248–256. https://doi.org/10.56393/decive.v1i7.406

Issue

Section

Articles