Studi Kasus Pergaulan Remaja Dalam Masyarakat di Tomohon Barat

Authors

  • Lisa C Rombon Universitas Negeri Manado
  • Apeles Lexi Lonto Universitas Negeri Manado
  • Maxi Ventje Keintjem Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.56393/decive.v1i5.467

Keywords:

Pergaulan Remaja, Perhatian Orangtua, Teknologi

Abstract

Usia remaja mengalami situasi rentan, karena ada kegagalan dalam perjalanan kehidupan. Bila masa remaja ini diisi dengan penuh kesuksesan, kegiatan yang sangat produktif dan berhasil guna dalam menyiapkan diri untuk memasuki tahap selanjutnya, kemungkinan manusia itu akan mendapat kesuksesan dalam perjalanan hidupnya. Masa remaja bisa menjadi kunci kesuksesan dalam memasuki tahapan kehidupan selanjutnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pergaulan yang di lakukan oleh remaja di Kelurahan Taratara Satu Kecamatan Tomohon Barat. Dalam penelitian ini rumuan masalah yang diangkat adalah bagaimana pergaulan remaja di masyarakat kelurahan Taratara Satu Kecamatan Tomohon Barat. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Data dalam penelitian kualitatif dikumpulkan bukan angka-angka, akan tetapi berupa kata-kata atau gambaran. Hasil penelitian dan pembahasan pergaulan remaja dalam masyarakat di  kelurahan Taratara Satu Kecamatan Tomohon Barat yaitu pergaulan remaja yang dipengaruhi oleh media teknologi yang semakin mengikuti perkembangan zaman. Selain itu, temuan yang ada adalah kurangnya perhatian orang tua dalam mendidik anak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aisyaroh, N., Kebidanan, S. P. P. D. I., & Unissula, F. I. K. (2010). Kesehatan Reproduksi Remaja. Jurnal Majalah Ilmiah Sultan Agung. Universitas Sultan Agung.

Dariyo, A. (2004). Psikologi Perkembangan Remaja. Bogor: Ghalia Indonesia

Ekarani, P. A. (2016). Pergaulan Siswa Remaja Tunarungu di SLB X: Studi Kasus Pergaulan Siswa Remaja Tunarungu Usia 12–18 Tahun Pada Saat Jam Istirahat Dan Pulang Sekolah Di SLB X (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Hadiono, A. F. (2018). Pernikahan Dini dalam Perspektif Psikologi Komunikasi. Jurnal Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi dan Pemikiran Hukum Islam, 9(2), 385-397.

Hanifa, D. S. (2021). Implementasi Pancasila Terhadap Moral Manusia di Era Revolusi Industri 4.0. Qalam: Jurnal Ilmu Kependidikan, 10(1), 17-26.

Maryati, I. (2013). Pola Asuh Orang Tua terhadap Perilaku Sosial Anak Remaja di Desa Arang Limbung Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya. JPMIS.

Moleong, L. J., & Edisi, P. R. R. B. (2004). Metodelogi penelitian. Bandung: Penerbit Remaja Rosdakarya.

Nisya, L. S., & Sofiah, D. (2012). Religiusitas, kecerdasan emosional dan kenakalan remaja. Jurnal Psikologi Tabularasa, 7(2).

Prasasti, S. (2017, July). Kenakalan remaja dan faktor penyebabnya. In Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling (Vol. 1, No. 1, pp. 28-45).

Rori, P.L.P (2016). Pengaruh Penggunaan Minuman Keras Pada Kehidupan Remaja di Desa Kali Kecamatan Pineleng Kabupaten Minahasa. HOLISTIK, Jurnal Of Social and Culture.

Santrock, J. W. (2015). Adolescence Perkembangan Remaja. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Saputro, B. M., & Soeharto, T. N. E. D. (2012). Hubungan antara konformitas terhadap teman sebaya dengan kecenderungan kenakalan pada remaja. Insight, 10(1), 1-15.

Sari, S. A. (2015). Peran Orang Tua Dalam Pembinaan Akhlak Remaja Usia 13-18 Tahun dan Hubungannya Dengan Pergaulan Bebas di Desa Tulungagung Kecamatan Kertasemaya Kabupaten Indramayu (Doctoral dissertation, IAIN Syekh Nurjati Cirebon).

Simanjuntak, B. (1979). Latar Belakang Kenakalan Remaja. Bandung: Alumni

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantiatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sulistyowati, D. (2006). Pengaruh Lingkungan Pergaulan Di Masyarakat Terhadap Timbulnya Kanakalan Remaja Di Kelurahan Wonosari Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).

Susanti, I. (2015). Perilaku Menyimpang di Kalangan Remaja Pada Masyarakat Karangmojo Plandaan Jombang. Paradigma, 3(2).

Tirang, Y. (2019, December). Pernikahan Dini Akibat Pergaulan Bebas Remaja. In Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Pendidikan (Vol. 3, pp. 42-49).

Wadu, L. B., Gultom, A. F., & Pantus, F. (2020). Penyediaan Air Bersih Dan Sanitasi: Bentuk Keterlibatan Masyarakat Dalam Pembangunan Berkelanjutan. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 10(2), 80-88.

Walid, M., & Uyun, F. (2011). Etika Berpakaian bagi Perempuan. Malang: UIN-Maliki Press.

Downloads

Published

2021-05-31

How to Cite

Rombon, L. C., Lonto, A. L., & Keintjem, M. V. (2021). Studi Kasus Pergaulan Remaja Dalam Masyarakat di Tomohon Barat. De Cive : Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 1(5), 151–155. https://doi.org/10.56393/decive.v1i5.467

Issue

Section

Articles