Pendidikan Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah Sultan Agung Babadan Baru, Depok, Sleman

Authors

  • Inas Anisa Nur Afifah Universitas PGRI Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.56393/educare.v1i1.87

Keywords:

Pendidikan, Pendidikan Akhlak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi nilai akhlak yang ditanamkan di Madrasah Ibtidaiyah Sultan Agung. Jenis penelitian ini adalah menggunakan metode kualitatif jenis studi kasus dengan pengambilan sampel didasarkan pada teknik purposive sampling. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1) Nilai-nilai akhlak yang ditanamkan di Madrasah Ibtidaiyah Sultan Agung yaitu, Akhlak kepada Allah, seperti takwa, taubat, dan memuliakan Rasulullah saw. dan Akhlak kepada sesama manusia seperti, menghargai, menghormati, bertanggung jawab, disiplin, sopan dan santun, peduli, rendah hati, jujur, dan kerja keras; (2) implementasi pendidikan akhlak di Madrasah Ibtidaiyah Sultan Agung yaitu melalui integrasi muatan kurikukulum yang pertama, program keunggulan berbasis lokal meliputi, kegiatan salat dhuha berjamaah yang diawali membaca shalawat nariyah bersama, membaca yasin bersama, salat dhuha berjamaah, membaca asmaul husna bersama, dan membaca doa setelah salat dhuha, kegiatan BTAQ (Baca Tulis Al-Qur’an), salat zuhur berjamaah, dan menjaga kebersihan. Sedangkan, untuk program literasi adalah menulis Al-Qur’an Follow the Line. Pendidikan akhlak yang digunakan adalah pembiasaan, teladan, dan nasihat pengawasan, perintah, larangan, ganjaran, dan hukuman.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ayu, Lira Gusti. Penanaman Sikap Sopan Santun Peserta Didik oleh Guru Pendidikan Agama Islam di Adisusilo, Sutarjo. 2014. Pembelajaran Nilai Karakter Konstruktivisme dan VCT sebagai Inovasi Pendekatan Pembelajaran Afektif. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Anwar, Shabri Sholeh. Tanggung Jawab Pendidikan dalam Perspektif Psikologi Agama. Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi, Vol. 1 No. 1, 2014.

Arif, Moh. Mengembangkan Kepribadian Muslim melalui Takwa dan Jihad. Kalam: Jurnal Studi Agama dan Pemikiran Islam, Vol. 7 No. 2, Desember 2013.

Ariyunita, Noorrela. Implementasi dan Pembiasaan Karakter Kepedulian dengan Pembelajaran PAI di MAN Yogyakarta II. Jurnal Tarbawi, ISSN 2088-3102, Vol. 16 No. 1, Januari-Juni 2019.

Fatiya, Mujiburrahman dan Dia Lukitasari. Pengaruh Teknik Life Modeling Terhadap Sikap Hormat pada Siswa Kelas XI di MA Ad-Dinnul Qayyim Gunungsari. Jurnal Realita: Bimbingan dan Konseling, ISSN 2503-1708, Vol. 4 No. 8, Oktober 2019.

Fitriani, Yulia dan Ivan Muhammad Agung. Religiusitas Islami dan Kerendahan Hati dengan Pemaafan pada Mahasiswa. Jurnal Psikolog, Vol. 14 No. 2, Desember 2018.

Gultom, A. F. (2011). Guru Bukan Buruh. Malang: Servaminora.

Gultom, A. F. (2016). Enigma Kejahatan dalam Sekam Filsafat Ketuhanan. Intizar, 22(1), 23-34. https://doi.org/10.19109/intizar.v22i1.542

Hadi, Abdul. 2018. KH. Hasyim Asy’ari. Yogyakarta: DIVA Press.

Handayani, Nita Warih dan Sumaryati. Upaya Orang Tua dalam Menanamkan Karakter Kerja Keras Anak Usia Remaja di Dusun Tegalyoso Banyuraden Gamping Sleman, Yogyakarta. Jurnal Citizenship, Vol. 4 No. 1 Juli, 2014.

Helmawati. 2017. Pendidik sebagai Model. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Hidayat, Nur. 2017. Konsep Pendidikan Akhlak Bagi Peserta Didik Menurut Pemikiran Prof. Dr. Hamka. Skripsi. Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan.

Holidi, Ahmad Farhan dan Miftahus Surur. Memasyarakatkan Shalawat NARIYAH Di BUMI Nusantara. Jurnal Ilmu Al-Qur’an dan Hadist, e-ISSN: 2615-2568. Vol. 2 No. 1, Januari 2019.

Iqbal, Abu Muhammad. 2013. Konsep Pemikiran Al-Ghazali tentang Pendidikan. Jawa Timur: Jaya Star Nine.

Julianto, Wawan. 2020. “Viral Remaja Perempuan Joget Tik Tok di Halaman Masjid, MUI Kota Padang: Inilah Kemerosotan Akhlak”. Diakses dari https://news.demokrasi.co.id/viral-remaja-perempuan-joget-tiktok-di-halaman-masjid-mui-kota-padang-inilah-kemerosotan-akhlak/ pada 20 Oktober 2020.

Messi dan Edi Harapan. Menanamkan Nilai-nilai Kejujuran di dalam Kegiatan Madrasah Berasrama (Boarding School). Jurnal Manajemen Kepemimpinan dan Supervisi Pendidikan, Vol. 1 No. 1, Juli-Desember 2017.

Mulyasa. 2014. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.

Nasihin, Husna. 2017. Pendidikan Akhlak Kontekstual. Semarang: CV. Pilar Nusantara.

Nawawi, Ikhsan. 2017. Transformasi Pendidikan Karakter sebagai Kesalehan Sosial Perspektif Iimam Al-Ghazali. Lampung: CV. Gre Publishing.

Noor, Hasmi. Pendidikan Akhlak dalam Al-Qur’an (Kajian Tafsir Tahlily). Al’ulum: Jurnal Bidang Ilmu Eksak dan Sosial, ISSN 2355-3898, Vol. 63 No. 1, Januari 2019.

Purwanto, Nanang. 2014. Pengantar Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Putro, A. A. Y. Pondok Pesantren As a Effective Education.

Syarbini, Amirulloh. 2013. Kunci Meraih Sukses Menurut Al-Qur’an. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Wulandari, Sri. 2016. Pembinaan Akhlakul Karimah Siswa melalui Pembiasaan Membaca Al-Qur’an Sebelum Belajar (Study di SD Negeri 109 Palembang). Skripsi. Palembang: Universitas Islam Negeri Raden Fatah.

Yaqin, Ainul. 2019. Membentuk Karakter melalui Pendidikan Afeksi. Yogyakarta: Media Akademi.

Yusuf, Muri. 2016. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, & Penelitian Gabungan. Bandung: Prenada Media Group.

Zuriah, Nurul. 2015. Pendidikan Moral & Budi Pekerti dalam Perspektif Perubahan Menggagas Platform Pendidikan Budi Pekerti secara Kontekstual dan Futuristik. Jakarta: Bumi Aksara

Downloads

Published

2021-02-01

How to Cite

Afifah, I. A. N. (2021). Pendidikan Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah Sultan Agung Babadan Baru, Depok, Sleman. Educare : Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 17–25. https://doi.org/10.56393/educare.v1i1.87

Issue

Section

Articles