Keterlibatan Remaja dalam Perayaan Ekaristi dan Ibadat Sabda di Stasi Santo Paulus Seberaya Kabanjahe Medan

Authors

  • Yeni Florida BR S Depari Sekolah Tinggi Pastoral Yayasan Institut Pastoral Indonesia
  • Martalia Odi Sekolah Tinggi Pastoral Yayasan Institut Pastoral Indonesia
  • Lorentius Goa Sekolah Tinggi Pastoral Yayasan Institut Pastoral Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56393/intheos.v1i12.1212

Keywords:

Remaja, Ekaristi, Ibadat Sabda

Abstract

Ekaristi adalah bentuk Ibadat yang paling utama dalam Gereja Katolik, yang biasa dikenal dengan “Ekaristi Kudus” atau “Perayaan Ekaristi” atau “Misa Kudus”. Perayaan Sabda merupakan bidang liturgi yang pokok, perayaan sabda  menunjuk pada ibadat yang berpusat pada pewartaan sabda Allah dan tanggapan manusia atas sabda Allah itu melalui doa pujian ataupun doa permohonan. Remaja merupakan bagian dari Gereja Katolik yang menjadi masa depan Gereja. Remaja katolik dipanggil untuk ikut serta dalam Perayaan Ekaristi ataupun  Ibadat Sabda. Tujuan penelitian ini yaitu ntuk mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikan, mengetahui sejauh mana keterlibatan remaja sebagai petusgas dan umat dalam perayaan Ekaristi dan Ibadat Sabda. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian Kuantitatif. Jenis penelitian menggunakan komparasi. Data diperoleh melalui angket yang disebarkan kepada Remaja Katolik di Stasi Santo Paulus Seberaya. Kegiatan penelitian melibatkan Ketua Stasi, Ketua OMK, dan salah satu orang yang dipercayakan untuk menyebarkan angket di stasi tersebut guna mendapatkan data yang benar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Araujo, T. Y., Yuniarto, Y. J. W., & Hartutik, H. (2022). Peran Orangtua Dalam Pendampingan Persiapan Komuni Pertama Di Stasi St. Benedictus Teluk Siak Estate Paroki St. Yohanes Pembaptis Perawang. Lumen: Jurnal Pendidikan Agama Katekese dan Pastoral, 1(1), 31-41.

Aryanto, A. G. A. W., & Lelono, M. J. (2021). Memaknai Ulang Ecclesia Domestica di Masa Pandemi Covid-19. DUNAMIS: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani, 6(1), 333-349.

Betu, F. S. (2021). Pastoral Remaja: Tinjauan Kurikulum Pendidikan Nonformal Terhadap JPA (Jadi Pendamping Adik) Di Keuskupan Agung Ende. Atma Reksa: Jurnal Pastoral dan Kateketik, 4(2), 113-121.

Bungan, F. P. Peran pendamping pia dalam membantu anak terlibat dalam perayaan ekaristi di paroki st. Antonius Padua Kotabaru Yogyakarta.

Goleng, M. G., Samdirgawijaya, W., & Lio, Z. D. (2017). Hari Minggu Dan Hari Raya Tinggi Kateketik Pastoral Katolik Bina Insan Keuskupan Agung Samarinda masa dewasa , masa usia belasan tahun , dan seseorang menunjukkan tingkah laku tertentu terhadap apa yang telah dialaminya . Mereka seolah-olah suka hura-hura. 1(2), 78–87. Studi, P., Dan, P., Agama,

Gultom, A. F. (2016). Enigma Kejahatan dalam Sekam Filsafat Ketuhanan. Intizar, 22 (1), 23-34.

Katolik, p. A. (2017). Penggunaan Bahasa Jawa Dalam Perayaan Ekaristi Di Stasi Santo Fransiskus Xaverius Kemranggen, Paroki Santo Yohanes Rasul Kutoarjo Skripsi.

Kewa, M. M. (2022). Dampak Perayaan Ekaristi Terhadap Keterlibatan Umat Paroki Pohon Bao Dalam Panca Tugas Gereja. JAPB: Jurnal Agama, Pendidikan dan Budaya, 3(1), 139-146.

Kristian, S., Adinuhgra, S., & Maria, P. (2021). Peran Musik Liturgi Dalam Meningkatkan Partisipasi Kaum Muda Katolik Dalam Perayaan Ekaristi. Sepakat: Jurnal Pastoral Kateketik, 7(1), 112-126.

Leo, F. P. (2022). Keaktifan OMK Dalam Hidup Menggereja Dan Sumbangannya Bagi Katekese Umat Di Paroki Katedral Keluarga Kudus Banjarmasin Di Masa Pandemi. Lumen: Jurnal Pendidikan Agama Katekese dan Pastoral, 1(1), 82-96.

P., Pastoral, J. K., & Pastoral, S. T. (2020). Ibadat Sabda Di Stasi Santo Paulus Seberaya Kabanjahe Medan.

Takke, M. (2020). Peran Geraja Bagi Remaja Masa Kini.

Wicaksono, G. (2022). Katekese Tentang Pelayanan Gereja Bagi Ppa Paroki Ijen Di Masa Pandemi Covid-19:(Peran Pelayan Katekese di Paroki Santa Perawan Maria dari Gunung Karmel Ijen-Malang). Jurnal Shema, 2(1).

Widyaningsih, B. D. (2011). Permasalahan Remaja dan Lingkungan Sekolah Katolik. JPAK: Jurnal Pendidikan Agama Katolik, 6(3), 75-86.

Downloads

Published

2023-01-20

How to Cite

Depari, Y. F. B. S., Odi, M., & Goa, L. (2023). Keterlibatan Remaja dalam Perayaan Ekaristi dan Ibadat Sabda di Stasi Santo Paulus Seberaya Kabanjahe Medan. In Theos : Jurnal Pendidikan Dan Theologi, 1(12), 372–376. https://doi.org/10.56393/intheos.v1i12.1212

Issue

Section

Articles