Pelaksanaan Tugas Organis Sebagai Pengiring dan Instrumentalis Dalam Musik Liturgi

Authors

  • Yoga Rizki Pratama Tarigan Sekolah Tinggi Pastoral Santo Bonaventura Keuskupan Agung Medan
  • Tri Chandra Fajariyanto Sekolah Tinggi Pastoral Santo Bonaventura Keuskupan Agung Medan

DOI:

https://doi.org/10.56393/intheos.v4i7.2221

Keywords:

Organis, Liturgi Ekaristi Katolik, Harmoni, Musik Liturgi, Musik Instrumental

Abstract

Studi ini menyelidiki peran penting pemain organ dalam Liturgi/Ekaristi Katolik, khususnya di Paroki St. Yosep Delitua. Pemain organ bertanggung jawab untuk menciptakan harmoni dalam perayaan ini, mempertimbangkan ritme, gaya musik, dan tempo dari lagu-lagu yang dimainkan. Organ memberikan kontribusi signifikan dalam mewujudkan Musik Liturgi, menciptakan atmosfer yang harmonis, dan berfungsi sebagai pelaku liturgis. Studi bertujuan untuk memahami peran pemain organ dalam mengiringi nyanyian jemaat dan mengidentifikasi tugas mereka dalam memainkan musik instrumental. Metodologi penelitian kualitatif digunakan, dengan menekankan fokus terbatas pada kemampuan teknis daripada pendidikan liturgis yang komprehensif untuk pemain organ di banyak paroki, yang mengonfirmasi pelaksanaan tugas organis yang masih belum terlaksana dengan baik dalam perayaan liturgis. Studi ini mengungkap pentingnya peran pemain organ dalam Liturgi Katolik dan mengungkapkan bagaimana pelaksanaan yang baik dan sesuai dengan peraturan didalam musik liturgi gereja katolik, khususnya di Paroki St. Yosep Delitua. Metodologi penelitian kualitatif menyoroti kebutuhan akan pendidikan liturgis yang lebih komprehensif bagi pemain organ di banyak paroki. Semua ini menegaskan pelaksanaan yang signifikan yang dimainkan oleh pemain organ dalam perayaan liturgis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ernes Mariyanto. (2019). Kamus Musik Liturgi Sederhana.

Fitria, F., Adinuhgra, S., & Wahyuningrum, P. M. E. (2020). Pentingnya Katekese Dalam Meningkatkan Pemahaman Umat Katolik Mengenai Tata Gerak Liturgi. Sepakat: Jurnal Pastoral Kateketik, 6(2), 41-53.

Karl-Edmund Prier SJ, & Paul Widyawan (2012). Roda Musik Liturgi.

Karnanta, B. F. (2010). Peran Pembelajaran Organ di Pusat Musik Liturgi (PML) dalam Pengembangan Musik Liturgi Gereja Katolik.

Kristian, S., Adinuhgra, S., & Maria, P. (2021). Peran Musik Liturgi Dalam Meningkatkan Partisipasi Kaum Muda Katolik Dalam Perayaan Ekaristi. Sepakat: Jurnal Pastoral Kateketik, 7(1), 112-126.

Meranti, D. I. K., & Mutjia, R. (1960). Metodologi Penelitian. Zitteliana, 19 (8), 159–170.

PD Penerbit OBOR (1986). Bina Liturgia, 2B

Rif’at, D. F. (2021). The Influence of Liturgical Music and Song on Congregation of Saint Cornelius Madiun Church at 2019. Journal of Comparative Study of Religions (JCSR), 1(2).

Rusmansyah, A. (2010). Musik Litugi Gereja Katolik.

Satori, D., & Komariah, A. (2020). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Seni Pertunjukan, F. (2018). Aturan Musik Liturgi Gereja Kristen Indonesia Coyudan Surakarta Skripsi Oleh Ariel Kusuma Istyana NIM 13112103.

Sijabat, B. G. (2023). Analisis Fungsi Musik Liturgi pada Perayaan Ekaristi Gereja Katolik St. Elisabeth Stabat Kabupaten Langkat (Doctoral dissertation, Universitas Sumatera Utara).

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.

Suryanugraha, C. H. (2015). Melagukan Liturgi Menyanyikan Misa. Yogyakarta: Kanisius.

Downloads

Published

2024-06-10

How to Cite

Tarigan, Y. R. P., & Fajariyanto, T. C. (2024). Pelaksanaan Tugas Organis Sebagai Pengiring dan Instrumentalis Dalam Musik Liturgi. In Theos : Jurnal Pendidikan Dan Theologi, 4(7), 276–281. https://doi.org/10.56393/intheos.v4i7.2221

Issue

Section

Articles