Pemberdayaan Ekonomi Kreatif Dan Ketahanan Pangan Masyarakat Dalam Optimalisasi Singkong Sebagai Penguatan Economic Civic

Authors

  • Ronni Juwandi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Ria Yuni Lestari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Qotrun Nida Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.56393/jpkm.v1i1.451

Keywords:

Ekonomi Kreatif, Ketahanan Pangan, Masyarakat, Economic Civic

Abstract

Kegiatan pengabdian ini merupakan bentuk pelatihan kepada masyarakat dalam implementasi pengolahan hasil kebun singkong di daerah Desa Citaman, kec. Ciomas Kabupaten Serang. Urgensi pelaksanaan pengabdian di Ciomas adalah kebutuhan masyarakat dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil panen kebun singkong untuk dapat dioptimalisasikan sebagai bentuk penguatan ketahanan pangan bagi masyarakat. Metode yang dilakukan adalah mengadakan pelatihan bagi masyarakat yang mayoritas bermata pencaharian petani. Tahapan yang dilakukan adalah memulai persiapan yaitu pengumpulan data warga yang memiliki mata pencaharian petani dan ketersediaan hasil panen singkong dari perkebunan. Selanjutnya, memulai tahap pelaksanaan dengan melibatkan penyuluh pertanian Desa Citaman untuk membantu memberikan pelatihan pengolahan mengenai potensi diversifikasi hasil panen singkong yang selama ini menjadi komoditas untuk dijual dengan harga yang sangat murah. Pelaksanaan pengabdian di atas juga mempunyai misi untuk mewujudkan ketahanan pangan sebagai salah satu misi Universitas dalam mengembangkan kualitas kehidupan masyarakat berbasis potensi kearifan lokal sebagai wujud kemandirian ekonomi warga negara (economic civic)

Downloads

Download data is not yet available.

References

A.Shim, Terence, 2003, Periklanan Promosi, Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu, Jakarta, Penerbit Erlangga.

Agustiar, 2012, Analisis Produksi Optimum Pada Industri Keripik Singkong (Studi Kasus Pada Industri Keripik Singkong Rajawali di Desa Rundeng Kecamatan Johan Pahlawan Kabupaten Aceh Barat), Jurnal Ilmu Pertanian Indonesia, Vol. 16 No.3, hal 209-217.

Alto Kristian Patoki dan Effendy, 2017, Analisis Profitabilitas Keripik Singkong Pada Industri Rumah Tangga Pasundan di Kota Palu, e-J. Agrotekbis 5 (1), hal 77-85.

Feliana F, Laenggeng A.H dan Dhafir, F. 2014. Kandungan Gizi Dua Jenis Varietas Singkong Berdasarkan Umur Panen di Desa Siney Kecamatan Tinombo Selatan Kabupaten Parigi Moutong. Jurnal e-Jipbiol volume 2 No 3, p. 1-14.

Lutfi, Mustofa; Setiawan, Sigit; Nugroho, A. Wahyuanto; Rancang Bangun Perajang Ubi Kayu Horizontal; Jurnal Rekayasa Mesin Vol.1, No. 2 Tahun 2010 : 41-46.

Rakhmat Supriyono, 2010, Desain Komunikasi Visual, Yogyakarta, Penerbit Andi

Raliby, Osman; Rusdjijati, Retno; Perancangan Alat Pengering Kerupuk Dengan Memanfaatkan GAs Buang Dari Proses Produksi pada Industri Pembuatan Kerupuk; Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi 2010; Fakultas Teknik Universitas Wahid Hasyim Semarang.

Suparmi. 2013. IbM Kalurahan Penggaron Lor Melalui Pemberdayaan PKK Dalam Pembuatan Jajanan Sehat Dengan Pewarna Alami. Semarang

Downloads

Published

2021-06-30

How to Cite

Juwandi, R., Lestari, R. Y., & Nida, Q. (2021). Pemberdayaan Ekonomi Kreatif Dan Ketahanan Pangan Masyarakat Dalam Optimalisasi Singkong Sebagai Penguatan Economic Civic. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 7–12. https://doi.org/10.56393/jpkm.v1i1.451

Issue

Section

Articles