Pengaruh Media Pembelajaran Autoplay Studio Terhadap Peningkatan Hasil Belajar di Sekolah Menengah Pertama

Authors

  • Marhamah Marhamah Universitas Islam Negeri Imam Bonjol
  • Hanesty Faradila Universitas Islam Negeri Imam Bonjol

DOI:

https://doi.org/10.56393/paidea.v3i1.1483

Keywords:

Media Pembelajaran, Autoplay Studio, Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam

Abstract

Tujuan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran hasil belajar kelas eksperimen yang menerapkan Media autoplay studio pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII SMP Negeri 1 Kubung. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest-group design dengan sistem pengambilan sampel menggunakan Simple Random Sampling. Subjek penelitian ini adalah dua kelas yang terdiri dari kelas eksperimen yaitu VIII-2 dan kelas kontrol yaitu VIII-3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar kelas eksperimen yang menerapakan media autoplay studio berada pada klasifikasi tinggi, sedangkan hasil belajar kelas kontrol yang tidak menerapkan media autoplay studio klasifikasi rendah. Berdasarkan hasil analisis uji yang dilakukan pada sofware SPSS 22, maka diperoleh sig α < 0,05 yaitu 0,000 artinya 0,000 < 0,005 maka Ha diterima dan Ho ditolak dan T hitung > T table yaitu 6,230  > 1,675 artinya Ha yang mengatakan terdapat Pengaruh Media Pembelajaran Autoplay Studio Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Kubung diterima dan Ho ditolak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anwar, S. (2014). Desain Pendidikan Agama Islam Konsepsi dan Aplikasinya dalam Pembelajaran di Sekolah, Yogyakarta : Idea Press Yogyakarta.

Arsyad, A. (2016). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Garfindo Perasada.

Arifin, Z. (2011). Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.

Beni, A. S. dan Hasan, B. (2016). Ilmu Pendidikan Islam. Bandung : Pustaka Setia.

Daryanto. (2010). Media Pembelajaran. Bandung: Satu Nusa.

Dahlan, M.D. (1994). Model-model Mengajar. Bandung: Diponegoro.

Ernawati, dkk. (2022). Skripsi: Perancangan Bahan Ajar Berbasis Media Pembelajaran Autoplay Media Studio 8.5 Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Di Kelas IX SMP Negeri 5 Muara Batang Gadis. Jakarta : Institut Pendidikan Tapanuli Selatan.

Gultom, A. F. (2011). Guru Bukan Buruh. Malang: Servaminora.

Gultom, Andri, “Pendidik Hebat dan Kesaksian yang Melampauinya,” Researchgate, 2023<https://www.researchgate.net/publication/370398013_Pendidik_Hebat_dan_Kesaksian_yang_Melampauinya>

Hale, C. B., Wadu, L. B., & Gultom, A. F. (2021). Keterlibatan Warga Negara Dalam Pembangunan Berkelanjutan Untuk Mewujudkan Lingkungan Yang Bersih. De Cive: Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 1(12).

Misbahul Munir, Tentang Autoplay Media Studio, (Indonesia, 2012), (Online), http://munirarber.co.id

Nara, H dan Eveline S. (2010). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Pratiwi, A. S., & Musfiroh, T. (2014). Pengembangan Media Game Digital Edukatif untuk Pembelajaran Menulis Laporan Perjalanan Siswa Sekolah Menengah Pertama. LingTera, 1(2).

Rahmat. (2003). Memanfaatkan Permainan Bagi Pendidikan Emosional, Dalam Jurnal Ilmu Pendidikan Islam: Kajian Tentang Konsep, Problem dan Prospek Pendidikan Islam, (Yogyakarta : Fakultas Tarbiyah UIN Kalijaga Yogyakarta.

Ramayulis. (2005). Metodologi Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Kalam Mulia.

Sutjipto, B dan Cecep, K. (2011). Media Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sanjaya, W. (2010). Perencanaan dan desain Sitem Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group.

Wijaya, I dan Lusia, R. (2015). Pengembangan media pembelajaran autoplay studio pada mata pelajaran perekayasaan sistem audio di smk negeri 3 surabaya. (Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, Volume 04 Nomor 03.

Downloads

Published

2023-02-09

How to Cite

Marhamah, M., & Faradila, H. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Autoplay Studio Terhadap Peningkatan Hasil Belajar di Sekolah Menengah Pertama. Paidea : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.56393/paidea.v3i1.1483

Issue

Section

Articles