Peran Teman Sebaya Dalam Prokrastinasi Akademik Mahasiswa PPKn Dan Upaya Lulus Tepat Waktu

Authors

  • Fatimahtuz Zahra Asy Sopha Universitas Lampung
  • Muhammad Mona Adha Universitas Lampung
  • Rohman Rohman Universitas Lampung

DOI:

https://doi.org/10.56393/pedagogi.v3i1.1066

Keywords:

Mahasiswa, Prokrastinasi Akademik, Teman Sebaya

Abstract

Peran teman sebaya dapat memberikan dampak positif dan negatif, sehingga peneliti akan mencoba menjelaskan perilaku prokrastinasi akademik yang dilakukan mahasiswa PPKn FKIP Universitas Lampung serta upaya dari mahasiswa untuk dapat lulus tepat waktu. Teman sebaya merupakan salah satu lingkungan yang paling dekat dengan mahasiswa serta dapat mempengaruhi perilaku dan keputusan yang dilakukan, oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai peran teman sebaya, perilaku prokrastinasi, serta upaya yang dapat dilakukan oleh mahasiswa PPKn untuk lulus tepat waktu. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dan jenis penelitian field research dengan mendapatkan sumber data sesuai pertimbangan dan tujuan penelitian. Hasil penelitian ditemukan bahwa teman sebaya berperan dalam hal kerja sama dengan memberikan motivasi antar mahasiswa, namun salah satu dampak negatif yang muncul dari lingkungan pertemanan yaitu perilaku prokrastinasi yang dilakukan mahasiswa dengan alasan solidaritas pertemanan, dan salah satu upaya mahasiswa untuk dapat lulus tepat waktu yaitu dengan memilih lingkungan pertemanan yang baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adha, M. Mona & Santosa, Ridwan. (2020). Inovasi Pendidikan Karakter melalui Pembelajaran Berbasis Lingkungan Sosial dan Budaya. Prosiding Seminar Nasional FKIP Universitas Lampung 2019. Hal 568-575.

Adha, M Mona & Susanto, Edi. (2020). Kekuatan Nilai-nilai Pancasila dalam Membangun kepribadian Masyarakat Indonesia. Jurnal Kebudayaan dan Keagamaan. Vol. 15, No. 1.

Adha, M.M. SV Zulyan, & B Pitoewas (2014). Pengaruh keteladanan guru terhadap sikap belajar peserta didik. Jurnal Kultur Demokrasi. Jilid 2 (2)

Agwil, Winalia. Fransiska, Herlin. & Hidayati, Nurul. (2020). Analisis Ketepatan Waktu Lulus Mahasiswa dengan Menggunakan Bagging Cart. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika FIBONACCI. Volume 6 Nomor 2.

Al-Faruq, M. Shoffa, Saifillah & Sukatin. (2021). Psikologi Perkembangan. Sleman: CV. Budi Utama Deepublish.

Andrini, S.R., & Anne F. (2013). Hubungan Antara Distress dan Dukungan Sosial dengan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa dalam Menyusun Skripsi. Jurnal Talenta Psikologi. Vol. II, No. 2.

Anggraini, I. Susi. (2011). Motivasi Belajar dan Faktor-Faktor yang Berpengaruh: Sebuah Kajian Pada Interaksi Pembelajaran Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran. Volume 1 Nomor 2. Hal 100-109.

Burhan, M, N. Ikram. & Herman. (2019). Perilaku Prokrastinasi Akademik Mahasiswa (Studi pada Mahasiswa prodi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar. Social Landscape Journal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. ISSN 123-4567.

Daulay, Nurussakinah. (2021). Motivasi dan Kemandirian Belajar pada Mahasiswa Baru. Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan. Volume 18, Nomor 1.

Firmansyah, Yudi. Susanto, Erwi, & M. Mona. A. (2020). Pengelolaan Kelas Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam Meningkatkan Dsiplin Belajar. Jurnal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Vol. 5, No. 1.

Hidayah, Nur & Adi Atmoko. (2014). Landasan Sosial Budaya dan Psikologis Pendidikan: Terapannya di Kelas. Malang: Gunung Samudera.

Lailiana, N. Aulia & Handayani, Agustin. (2017). Motivasi Berprestasi Ditinjau dari Komitmen terhadap Tugas pada Mahasiswa. Proceedings Education and Language Internasional Conference. Volume 1 Nomor 1.

Lembaga Pengembangan dan Profesi Indonesia. https://www.lp3i.ac.id/7-cara-cerdas-lulus-kuliah-tepat-waktu-bagi-mahasiswa. Diakses pada 20 Maret 2022.

Nurmalisa, Yunisca & Mona, Adha. (2016) Peran Lembaga Sosial terhadap Pembinaan Moral Remaja di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jilid 1 (1). Hal. 64-71.

Rohman. Suntoro, Irawan. Adha, Mona. & Yanzi, Hermi. (2020). Pengaruh Budaya Sekolah terhadap Aplikasi Nilai-nilai Karakter Bangsa. Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan PKn. Volume 7. No 2. Hal 152-160.

Santosa, Slamet. (2009). Dinamika Kelompok. Jakarta: Bumi Aksara.

Saputra, Dwi W. Adha, M. Mona. & Pitoewas, Berchah. (2013). Pengaruh Pendidikan Nilai Dalam Keluarga Terhadap Sikap Tanggung Jawab Siswa. Jurnal Kultur Demokrasi. Jilid 2.

Saputra, Edi. Suntoro, Irawan & Adha, M. Mona. (2014). Pengaruh Penguasaan Konsep Diri dan Penegakan peraturan terhadap Tingkat Kedisiplinan. Jurnal Kultur Demokrasi. Jilid 2 (8)

Saputri, Diah. Sopha, Fatimahtuz Zahra & Adha, M. Mona. (2022). Pengaruh Self Control terhadap Prokrastinasi dalam Mengerjakan UAS pada Mahasiswa Semester Akhir PPKn Universitas Lampung. Prosiding Seminar Nasional FKIP Universitas Lampung. Hal 283.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Unit Pelayanan Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Padang. http://upbk.unp.ac.id/news/read/22/cara-bergaul-yang-baik-agar-anda-punya-banyak-teman. Diakses pada 30 Desember 2021.

Widarto. (2017). Faktor Penghambat Mahasiswa yang Tidak Lulus Tepat Waktu di Jurusan Pendidikan Teknik Mesin FT UNY. Jurnal Dinamika Vokasional Teknik Mesin. Volume 2 Nomor 2.

Downloads

Published

2023-01-28

How to Cite

Sopha, F. Z. A., Adha, M. M., & Rohman, R. (2023). Peran Teman Sebaya Dalam Prokrastinasi Akademik Mahasiswa PPKn Dan Upaya Lulus Tepat Waktu. Pedagogi : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 11–18. https://doi.org/10.56393/pedagogi.v3i1.1066

Issue

Section

Articles