Kreativitas Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam Menerapkan Metode Pembelajaran Berbasis Teknologi

Authors

  • Widya Anastasia Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah Kediri

DOI:

https://doi.org/10.56393/pedagogi.v2i2.1119

Keywords:

Kreativitas Guru, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Metode Pembelajaran Berbasis Teknologi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mendeskripsikan hal ihwal kreativitias guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) dalam menerapkan metode pembelajaran berbasis teknologi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian menemukan, pertama, kreativitas guru dalam penggunaan metode pembelajaran PPKN kurang bervariatif. Hal ini dibuktikan dari penggunaan metode yang dilakukan oleh guru dalam proses pembelajaran di kelas. Kedua, kreativitas guru dalam penggunaan metode pembelajaran belum bervariatif dan tidak sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah direncanakan dan kurang memperhatikan karakteristik dari pada peserta didik di kelas dan juga materi pelajaran yang diajarkan, kurangnya penguasaan materi seluruhnya berdampak terhadap peserta didik dalam proses pembelajaran. Maka, guru sebaiknya menggunakan metode yang berbeda di dalam pembelajaran, khususnya dalam pemilihan metode pembelajaran yang berbeda dan tidak hanya terpaku pada satu, dua atau tiga metode pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Emzir. (2012). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta : Rajawali Pers. Hasyim Hasanah. Teknik – Teknik Observasi : Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Negeri Semarang.

Fitri, N., & Montesori, M. (2021). Implementasi Online Learning Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Di SMA Negeri 2 Lintau Buo. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(2), 381-386.

Imam Dwi Upayanto. (2017). Pelaksanaan Proses Pembelajaran Kurikulum 2013 SD Negeri 4 Krandengan : Universitas Negeri Yogyakarta.

Juwandi, R. (2020, November). Penguatan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Berbasis Pembelajaran Daring di Era Digital 4.0. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP (Vol. 3, No. 1, pp. 448-451).

Martini, E. (2018). Membangun karakter generasi muda melalui model pembelajaran berbasis kecakapan abad 21. JPK (Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan), 3(2), 21-27.

Muslich, M. (2008). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan: Dasar Pemahaman dan Pengembangan, Jakarta: Bumi Aksara.

Muthmainah, Rustiyarso Imran. (2015). Analisis Kreativitas Guru Dalam Penggunaan Metode Pembelajaran Sosiologi Di Kelas X MAS AL – JIHAD PONTIANAK : FKIP Universitas Tanjungpura Pontianak.

Nurgiansah, T. (2019, October). Pemutakhiran Kurikulum Pendidikan Kewarganegaraan di Era Revolusi Industri 4.0. In Prosiding Seminar Nasional “Reaktualisasi Konsep Kewarganegaraan Indonesia” (vol. 1, pp. 95-102). Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan.

Nursyifa, A. (2019). Transformasi pendidikan ilmu pengetahuan sosial dalam menghadapi era revolusi industri 4.0. Journal of Civics and Education Studies, 6(1), 51-64.

Sastrawan, K. B. (2016). Profesionalisme guru dalam upaya meningkatkan mutu pembelajaran. Jurnal Penjaminan Mutu, 2(2), 65-73.

Satori, Dkk. (2014). Profesi Keguruan. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka. Setyawanto, Sunaryo, Basuki. Rencana Pelakasanaan Pembelajaran (RPP) Guru Bahasa Indonesia Tingkat SMP di Kota Malang: Universitas Negeri Malang.

Sawaludin, S., Muttaqin, Z., Sina, S., & Saddam, S. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kreatif Produktif Untuk Meningkatkan Aktifitas Belajar Mahasiswa Melalui Lesson Study Di Program Studi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan. INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1).

Setia, A., Barorina, Z., & Mahardhani, A. J. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn Melalui Penambahan Jam Mata Pelajaran dan Inovasi Metode Pembelajaran. Prosiding Konferensi Nasional Kewarganegaraan V Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta, 28.

Sumaryati, S., Retnasari, L., & Winarti, T. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi (TI) dalam Penguatan Tujuan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan pada Peserta Didik di Sekolah Menengah Atas. JPK (Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan), 5(2), 1-12.

Wadu, L. B., Kasing, R. N. D., Gultom, A. F., & Mere, K. (2021, April). Child character building through the takaplager village children forum. In 2nd Annual Conference on Social Science and Humanities (ANCOSH 2020) (pp. 31-35). Atlantis Press.

Winkel, W. S., & Hastuti, M. S. (2005). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Media Abadi

Downloads

Published

2022-07-29

How to Cite

Anastasia, W. (2022). Kreativitas Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam Menerapkan Metode Pembelajaran Berbasis Teknologi. Pedagogi : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 54–59. https://doi.org/10.56393/pedagogi.v2i2.1119

Issue

Section

Articles