Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Unity pada Materi Bangun Ruang Siswa Kelas IV Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.56393/pedagogi.v4i1.2369Keywords:
Media Pembelajaran, Unity, Bangun Ruang, MatematikaAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi perkembangan dunia pendidikan dalam hal penggunaan media pembelajaran elektronik. Memberikan sebuah tantangan bagi guru untuk meningkatkan skill yang dimiliki. Selain itu kecenderungan siswa untuk minat kepada pembelajaran matematika dalam kategori kurang diminati oleh siswa. Sehingga guru harus membangun minat belajar matematika melalui media pembelajaran berbasis unity. Tujuan dari penelitian ini mendeskripsikan kelayakan, kefektifan dan hasil belajar siswa pada pembelajaran bangun ruang melalui media pembelajaran berbasis unity. Metode penelitian menggunakan penelitian pengembangan ADDIE yang terdapat 5 komponen yaitu Analisis (Analysis), Desain (Design), Pengembangan (Develop), Implementasi (Implement), & Evaluasi (Evaluate). Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa media pembelajaran berbasis unity pada pembelajaran bangun ruang mendapat nilai validasi media sebesar 92,5%, nilai validasi materi 87,5% dan Validasi bahasa sebesar 93% yang berarti media layak digunkan. Selain itu media berbasis unity mampu meningkatkan hasil belajar siswa dengan hasil uji t mendapay nilai sebesar 36,114 dengan signifikasi kurang dari 0,05 yang menunjukan adanya pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis unity dengan kenaikan nilai yang didapatkan oleh siswa dan di dukung oleh hasil Uji N-gain gain = 0,729 yang artinya N-gain = 0,729 > 0,7 sehingga dikategorikan peningkatan skornya adalah tinggi. Artinya ada peningkatan setelah peggunaan media pembelajaran berbasis unity.
Downloads
References
Agnew, P. W., & Kellerman, A. S. (2018). Fundamentals of multimedia. Multimedia Technologies: Concepts, Methodologies, Tools, and Applications, 1, 1–9.
Budhayanti, C. I. S., & Bata, J. (2021). Pengembangan game edukasi untuk materi bangun datar menggunakan lintasan belajar geometri. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, 5(1), 154-163.
Daniati, D. W. (2020). 27 Cara Asyik Belajar Matematika. Mungkid: Pustaka Rumah Cinta.
Eka, I. P. (2013). Teknologi Media Pembelajaran Sejarah Melaluui Pemanfaatan Multimedia Animasi. Jurnal TEKNOIF, 01(02), 1–6.
Fuadi, R. K., & Harmastuti, D. S. (2022). Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Bangun Ruang Berbasis Unity.
Hadi, S. (2017). Efektivitas Penggunaan Video Sebagai Media Pembelajaran untuk Siswa Sekolah Dasar. Prosiding TEP & PDs, 1(15), 96–102.
Hakim, L. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pai Berbasis Augmented Reality. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 21(1), 59–72. https://doi.org/10.24252/lp.2018v21n1i6
Irwan, M. R. I. (2021). Pengembangan augmented reality menggunakan unity berbasis android pada materi bangun datar dan bangun ruang siswa sd kelas rendah/Muhammad Rizki Irwan (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).
Kartikasari, D., & Nugroho, G. K. (2010). Media Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran Bahasa Jawa Pokok Bahasan Aksara Jawa pada Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Tawangsari Kabupaten Sukoharjo. Journal SPEED: Sentra Penelitian Engineering Dan Edukasi, 2(3), 1–6.
Muhson, A. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(2). https://doi.org/10.21831/jpai.v8i2.949
Pribadi, P., & Prasetyo, A. (2016). Aplikasi Alat Bantu Belajar Matematika Berbasis Multimedia untuk Kelas 3 Sekolah Dasar. Jurnal IT CIDA, 2(1), 29–43.
Purnama, M. D., Irfani, M., & Elizabeth, T. (2016). Rancang bangun aplikasi pembelajaran bangun ruang menggunakan unity 3d. Teknik Informatika, 2(1), 1-10.
Putra, M. T. M., Sari, A. K., & Risnasari, M. (2018). Pengembangan game educative berbasis android pada materi bangun ruang untuk siswa sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Edutic: Pendidikan dan Informatika, 5(1), 39-47.
Rafanti, E., Yuhana, Y., & Pujiastuti, H. (2023). Pengembangan Game Edukasi “Math-Village” sebagai Media Pembelajaran Matematika Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 6(2), 150-160.
Rahmaibu, (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Adobe Flash Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn. Jurnal Kreatif : Jurnal Kependidikan Dasar, 7(1).
Rahmawanti, W. (2023). Pembuatan Media Pembelajaran Matematika Untuk Anak Usia 6-8 Tahun Berbasis Android Menggunakan Unity 3d. Jurnal Ilmiah Teknik, 2(3), 15-23.
Setiani, R. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Mengapresiasi Teks Cerita Pendek Berbasis Adobe Flash CS5 Untuk Kelas XI SMA. Universitas Negeri Yogyakarta, 1–162.
Sriyolja, Z. (2013). Kontribusi Literasi Informasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Universitas. 40.
Wahyuni, D. (2019).Teknologi Internet Melalui Hotspot Area Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X Sma Pgri 2 Jombang Tahun Pelajaran 2018-2019. Jurnal Pendidikan Ekonomi.
Wandini, R. R., Sari, P. Z., Harahap, E. Y., Ramadani, R., & Adila, N. A. (2021). “Upaya Meningkatkan Proses Pembelajaran Matematika di SDN 34 Batang Nadenggan”. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 385