Penerapan Nearpod sebagai Media Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Keterlibatan dan Motivasi Siswa

Authors

  • Iga Cahyani Pramesti Universitas Sriwijaya
  • Camellia Camellia Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.56393/pedagogi.v5i2.2486

Keywords:

Nearpod, Media Pembelajaran, Interaktif

Abstract

Penelitian ini mengkaji efektivitas pemanfaatan Nearpod sebagai media pembelajaran interaktif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan pre-experimental design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII, dengan sampel penelitian kelas VIII-4 yang berjumlah 31 siswa yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, angket, dan dokumentasi untuk memperoleh data yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Nearpod sebagai media pembelajaran interaktif secara signifikan meningkatkan motivasi belajar siswa. Peningkatan motivasi ini terjadi melalui pemanfaatan fitur-fitur Nearpod yang menarik seperti video, slide show, game interaktif, serta aktivitas berbasis waktu seperti "Time to Climb" dan "Fill in the Blank." Selain itu, media ini mampu memberikan pengalaman belajar yang lebih menyenangkan dan membuat siswa lebih terlibat dalam proses pembelajaran. Analisis data menunjukkan adanya perbedaan signifikan sebelum dan sesudah penerapan Nearpod, yang memperkuat kesimpulan bahwa media ini efektif dalam meningkatkan motivasi belajar. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa Nearpod dapat dijadikan alternatif media pembelajaran yang inovatif untuk mendorong partisipasi aktif siswa di kelas. Penelitian ini juga memberikan kontribusi penting dalam pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi di era digital.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arsyad, A. (2019). Media Pembelajaran. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Aslami, R. (2021). Optimalisasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Menggunakan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Nearpod. Bahtera Indonesia: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 6(2): 135 – 148.

Azkiya, H. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Aktif Tipe Card Sort dan Motivasi Belajar dalam Mata Kuliah Keterampilan Bersastra Ke SD-an Mahasiswa Prodi PGSD. Jurnal Bahastra, 37(1), 32-44.

Ghufron, G. (2018, September). Revolusi Industri 4.0: Tantangan, Peluang, dan solusi bagi dunia pendidikan. In Seminar Nasional Dan Diskusi Panel Multidisiplin Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2018 (Vol. 1, No. 1).

Hanipah, S. (2023). Analisis kurikulum merdeka belajar dalam memfasilitasi pembelajaran abad ke-21 pada siswa menengah atas. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 1(2), 264-275.

Ismaya, P., Aisyah, A., Sibuea, J. M., & Marini, A. (2024). Mengoptimalkan Manajemen Pendidikan SD yang Efektif dengan Teknologi dan Standar Kompetensi Guru. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(3), 11-11.

Khalishah, N., & Mahmudah, U. (2022, September). Analisis Perkembangan Pembelajaran STEM (Science, Technology, Engineering, And Mathematics) pada Keterampilan Abad 21. In SANTIKA: Seminar Nasional Tadris Matematika (Vol. 2, pp. 417-431).

Melati, E., Fayola, A. D., Hita, I. P. A. D., Saputra, A. M. A., Zamzami, Z., & Ninasari, A. (2023). Pemanfaatan animasi sebagai media pembelajaran berbasis teknologi untuk meningkatkan motivasi belajar. Journal on Education, 6(1), 732-741.

Minalti, M. P., & Erita, Y. (2021). Penggunaan Aplikasi Nearpod Untuk Bahan Ajar Pembelajaran Tematik Terpadu Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 3 Kelas IV Sekolah Dasar. Journal of Basic Education Studies. 4(1): 2231 – 2246.

Nispiah, N., & Alwin. (2023). Pemanfaatan Media Pembelajaran Interaktif Nearpod Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Georafflesia. 8(1): 9 -18.

Oktafiani., & Mujazi. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Nearpod Terhadap Motivasi Belajar Pada Mata Pelajaran Matematika. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia). 7(1): 124 – 134.

Putri, D. N. S., Islamiah, F., Andini, T., & Marini, A. (2022). Analisis Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media Interaktif Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar dan Sosial Humaniora, 2(2), 363-374.

Rahmawati, R. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa Kelas X SMAN 1 Piyungan Pada Mata Pelajaran Ekonomi Tahun Ajaran 2015/ 2016. Jurnal Pendidikan dan Ekonomi. 5(4): 326 – 336.

Ramadhan, N. B., Japar, M., & Raharjo. (2021). Perbedaan Hasil Belajar PPKn Dengan Menggunakan Aplikasi Zoom dan Nearpod Di Sman 61 Jakarta. CIVICS: Jurnal Pendidikan & Pancasila. 6(2): 204 – 212.

Rocmah, M., Umalihayati., & Daryuni, P. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Interaktif Menggunakan Nearpod Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Tik Di Sma Al – Mubarok Kota Serang. Innovative: Journal Of Social Science Research. 3(4).

Rosarian, A. W., & Dirgantoro, K. P. S. (2020). Upaya guru dalam membangun interaksi siswa melalui metode belajar sambil bermain [teacher's efforts in building student interaction using a game based learning method]. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 3(2), 146-163.

Downloads

Published

2024-09-09

How to Cite

Pramesti, I. C., & Camellia, C. (2024). Penerapan Nearpod sebagai Media Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Keterlibatan dan Motivasi Siswa. Pedagogi : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 90–94. https://doi.org/10.56393/pedagogi.v5i2.2486

Issue

Section

Articles