Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Permainan Monopoli Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar PPKn

Authors

  • Eny Kurniawati Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.56393/pedagogi.v1i1.74

Keywords:

Media Pembelajaran, Permainan Monopoli, Prestasi Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa melalui media pembelajaran berbasis permainan monopoli. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen dengan jenis penelitian  pre experimental designs yang berbentuk intact group comparison. Berdasarkan uji independend sample t-test dapat diambil kesimpulan bahwa ada pengaruh media pembelajaran berbasis permainanan monopoli terhadap nilai prestasi belajar siswa di SMAN 1 Malang. Hasil itu dibuktikan dengan diperoleh data dari hasil uji independend sample t-test, yaitu nilai probabilitas dari data yang ada adalah 0,000. Maka Ho ditolak, karena nilai probabilitas kurang dari 0,05 yang artinya kedua rata-rata populasi adalah tidak identik, karena nilai probabilitas (0,000) < 0,05. Data tersebut didukung dengan hasil prestasi belajar siswa kelas kontrol lebih rendah daripada hasil prestasi belajar siswa kelas eksperimen. Hasilnya yaitu, kelas kontrol memiliki skor tertinggi 90, skor terendah 82 dan skor rata-rata sebesar 85,60 sedangkan kelas eksperimen memilikiskor tertinggi 90, skor terendah 84 dan skor rata-rata sebesar 88,06. Dengan demikian media pembelajaran berbasis permainan monopoli dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ambar. 2018. 8 Teori Media Pembelajaran Menurut Beberapa Ahli, (Online), (https://pakarkomunikasi.com), diakses 27 Maret 2018.

Fatimatuzzahro, Nurul. 2011. Permainan Monopoli Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Materi Jual Beli Di Lingkungan Rumah Dan Sekolah Pada Siswa Kelas 3 SDN Senden Jombang. Skripsi tidak Diterbitkan. Malang: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Malang.

Gultom, A. F. (2011). Guru Bukan Buruh. Malang: Servaminora.

Gultom, A. F. (2019). Konsumtivisme Masyarakat Satu Dimensi Dalam Optik Herbert Marcuse. Waskita: Jurnal Pendidikan Nilai dan Pembangunan Karakter, 2(1), 17-30. https://doi.org/10.21776/ub.waskita.2018.002.01.2

Gultom, A. F., Munir, M., & Ariani, I. (2019). Pemikiran Kierkegaard Tentang Manusia Agony dan Proses Penyembuhan Diri. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 4(2), 55-61. https://doi.org/10.21067/jmk.v4i2.4087

Kriyantono, Rachmat. 2014. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Puspitaweni, Dianita, Sukirman, & Elvia Ivada. 2015. Upaya Peningkatan Keaktifan Belajar Akuntansi Melalui Model Problem Based Learning dan Think Pair Share Dengan Media Monopoli pada Kelas X Ak-2 SMK N 6 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal “Tata Arta” UNS, 1 (2): 199-209.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV Alfabeta.

Undang-undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasioanal. Jurnal Hasil Riset. (online), (http://www.e-jurnal.com/2013/11/pengertian-pendidikan-menurut-para-ahli.html), diakses 21 november 2017.

Wulandari, Erma & Sukirno. 2012. Penerapan Model Kooperative Learning Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Berbantu Media Monopoli Dalam Peningkatan Aktivitas Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Akuntansi 2 SMK NEGERI 1 GODEAN Tahun Ajaran 2011/2012.Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 6 (1): 135-161.

Umayah, R. (2019). Penerapan Media Pembelajaran Monopoli Berbasis Paikem Dalam Peningkatan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran PPKN di Kelas VII SMP Negeri 1 Jabon. Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 7(2).

Downloads

Published

2021-01-31

How to Cite

Kurniawati, E. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Permainan Monopoli Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar PPKn. Pedagogi : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 1–5. https://doi.org/10.56393/pedagogi.v1i1.74

Issue

Section

Articles