Pengaruh Kompetensi dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Dinas Perhubungan Kota Banda Aceh

Authors

  • Kasmaniar Kasmaniar Universitas Serambi Mekkah Aceh
  • Susanti Susanti Universitas Serambi Mekkah Aceh
  • Rahmi Rahmi Universitas Serambi Mekkah Aceh

DOI:

https://doi.org/10.56393/aktiva.v1i3.1339

Keywords:

Kompetensi, Disiplin Kerja, Kinerja Pegawai

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kompetensi dan disiplin kerja terhadap kinerja pegawai pada Kantor Dinas Perhubungan Kota Banda Aceh; 2) untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kompetensi terhadap kinerja pegawai pada Kantor Dinas Perhubungan Kota Banda Aceh, dan 3) untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh disiplin kerja terhadap kinerja pegawai pada Kantor Perhubungan Kota Banda Aceh. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 91 orang. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil analisis data, maka persamaan regresi yang di dapat adalah sebagai berikut: Y= 5920+0,468X1+0,2269X2. Hasil uji serempak menunjukkan bahwa variabel kompetensi dan disiplin kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai. Koefisien determinasi memperlihatkan nilai R-quare sebesar 0,689 variabel kinerja pegawai dipengaruhi oleh variabel kompetensi dan disiplin kerja, sedangkan 31,1%  di pengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amelia, A., Barata, J., & Rinaldi, U. (2018). Disiplin, Etos Kerja Dan Iklim Organisasi Dampaknya Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Pertanian Kabupaten Kubu Raya. Jurnal Ekonomi STIEP, 3(2), 53-60.

Azhari, Z., & Syamsir, S. (2012). Pengaruh Kepuasan Kerja dan Lingkungan Kerja terhadap Motivasi Kerja PNS Sekretariat DPRD Sumatera Barat. Tingkap: Interdisciplinary Journal of Social Science & Social Studies, 8(1), 93-110.

Hasibuan, M.S.P (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara

Hasibuan, M.S.P (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Jakarta : Bumi Aksara.

Mauliza, P. (2020). Pengaruh Pengawasan, Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai di Dinas Pendidikan Kota Banda Aceh. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi), 6(2), 71-81.

Nababan, S., & Syaripuddin, E. (2019). Pengaruh Kepemimpinan Dan Lingkungan Kerja Terhadap Prestasi Kerja Pegawai Pada Dinas Komunikasi Dan Informasi Provinsi Sumut.

Nasution, E. K. (2021). Pengaruh budaya sekolah, komunikasi organisasi, pengawasan, dan motivasi kerja terhadap kinerja guru Madrasah Aliyah Negeri Mandailing Natal (Doctoral dissertation, UNIMED).

Suharno. (2016). Marketing in Pratice. Edisi Pertama. Yogyakarta:Graha Ilmu

Widjaja.A (2016). Komunikasi Pengantar. Jakarta:Rineka Cipta

Yudistira, Cokorda, G.D.P, & Wayan. S. (2017). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional Ketua Koperasi dan Kompetensi Kecerdasan Emosional Manajer Koperasi Terhadap Kepuasan Kerja dan Kinerja Manajer Koperasi di Kabupaten Buleleng. Jurnal manajemen, Strategi Bisnis dan Kewirausahaan, 6(I), 99-108

Downloads

Published

2023-01-28

How to Cite

Kasmaniar, K., Susanti, S., & Rahmi, R. (2023). Pengaruh Kompetensi dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Dinas Perhubungan Kota Banda Aceh. Aktiva : Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 3(1), 27–33. https://doi.org/10.56393/aktiva.v1i3.1339

Issue

Section

Articles