Persepsi Masyarakat terhadap Peran Pendidikan dalam Perubahan Sosial

Authors

  • Ernilinda Bojan IKIP Muhammadiyah Maumere

DOI:

https://doi.org/10.56393/educare.v2i3.939

Keywords:

Persepsi, Peran Pendidikan, Perubahan Sosial

Abstract

Pentingnya pendidikan berkaitan pada persepsi masyarakat. Gagasan ini memberikan gambaran bahwa internalisasi penyelenggara pendidikan harus sesuai dengan pola hidup dalam masyarakat. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi masyarakat terhadap pendidikan dalam perubahan sosial. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Jenis data yang digunakan data primer dan sekunder, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data dan display data. Hasil penelitian menunjukan bahwa persepsi positif  terhadap peran pendidikan dalam perubahan sosial di desa ojang bahwa anak didik di desa Ojang sudah dapat menyelesaikan pendidikan mereka dengan baik. Persepsi negatif bahwa banyak anak di desa Ojang sudah menyelesaikan pendidikan tetapi masih banyak anak yang nganggur atau belum memiliki pekerjaan. Faktor penghambat yaitu, mahalnya biaya pendidikan, tingginya ongkos sosial, kecemburuan sosial. Faktor pendorong yaitu keinginan untuk merubah nasib, tingginya minat anak untuk belajar, dukungan pemerintah. Solusinya ada dari pihak orangtua dan pihak guru.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dewi, Tobing . (2016). Faktor-Faktor Yang Menghambat Coming Out Pada Lesbi Femme Di Bali. Jurnal Psikologi Udayana, 3(1), 20-34.

Esaputra, Atmadja . (2016). Analisis Sistem Pengendalian Internal Terhadap Kebijakan Pemberian Kredit Cepat Di Lembaga Perkreditan Desa (Lpd) Di Desa Pakraman Padang Keling. JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi) Undiksha, 4(1).

Gultom, A. F. (2019). Metafisika Kebersamaan Dalam Lensa Gabriel Marcel. Antropologi Metafisika & Isu-Isu Kekinian, 1.

Gultom, A. F., Munir, M., Wadu, L. B., & Saputra, M. (2022). Pandemic And Existential Isolation: A Philosophical Interpretation. Journal of Positive School Psychology, 8983-8988

Hakim. (2016). Pemerataan akses pendidikan bagi rakyat sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1).

Kadi, Awwaliyah. (2017). Inovasi Pendidikan: Upaya Penyelesaian Problematika Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Islam Nusantara, 1(2).

Kristianto .(2016). Persepsi guru sejarah terhadap perubahan beban kerja guru sejarah pada kurikulum 2013 di sma kesatrian 1 semarang (doctoral dissertation, universitas negeri semarang).

Makkulau., H. (2017). Analisis Strategi Bisnis dalam Meningkakan Market Share dengan Menggunakan Pendekatan Analisis Business Model Canvas (BMC) dan SWOT Analysis pada PT Semen Tonasa. Jurnal Bisnis, Manajemen dan Informatika, 149-159.

Maksum. (2016). Sosiologi pendidikan. Malang: Madani.

Ningsih, Jalil . (2017). Perubahan Sosial Budaya Suku Sakai Kampung Minas Barat Kecamatan Minas Kabupaten Siak (Doctoral dissertation, Riau University)

Sarnoto, A. Z. (2012). Konsepsi politik pendidikan di Indonesia. Jurnal Educhild, 1(1).

Sauri. (2016). Strategi Pembangunan Bidang Pendidikan Untuk Mewujudkan Pendidikan Bermutu.

Sopian, A. (2016). Tugas, peran, dan fungsi guru dalam pendidikan. Raudhah Proud To Be Professionals: Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 1(1), 88-97.

Suhendra, Witarsa . (2016). Peranan Beasiswa Bidikmisi dalam Meningkatkan Indeks Prestasi Komulatif Mahasiswa Pendidian Ekonomi Fkip Untan (Doctoral dissertation, Tanjungpura University).

Syafaruddin, S., & Lubis, R. (2021). Evaluasi Model Pelatihan Kepemimpinan Guru Berbasis Kompetensi Dari Al Qur’an Pada Madrasah Al Ittihadiyah Di Sumatera Utara.

Valdianto . (2016). TA: Pembuatan Game Bergenre Adventure Sebagai Upaya Penyadaran Perlindungan Satwa Kepada Remaja Dengan Tema Gajah (Doctoral dissertation, Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya).

Downloads

Published

2023-06-20

How to Cite

Bojan, E. (2023). Persepsi Masyarakat terhadap Peran Pendidikan dalam Perubahan Sosial. Educare : Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 36–42. https://doi.org/10.56393/educare.v2i3.939

Issue

Section

Articles