Pengaruh Media Pembelajaran Teka-Teki Silang Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam

Authors

  • Andre Nurdiansyah Universitas Kuningan
  • Agus Gunawana Universitas Kuningan
  • Mia Zultrianti Sari Universitas Kuningan

DOI:

https://doi.org/10.56393/lentera.v3i2.1826

Keywords:

Media Pembelajaran, Teka-Teki Silang, Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Alam

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini adalah media pembelajaran teka-teki silang belum pernah digunakan dan pembelajaran masih berorientasi pada guru sehingga kurangnya antusias siswa pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran teka-teki silang terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan alam kelas IV yang berjumlah 36 siswa. Penelitian ini menggunakan metode Studi Quasi Eksperimen. Instrumen yang digunakan dala penelitian ini adalah tes tertulis dalam bentuk pilihan ganda. Tes terdiri dari Pretest dan Posttest. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis (uji t dan n-gain). Hal ini menunjukkan hasil analisis uji t bahwa t hitung lebih besar dari t tabel dan uji n-gain yang menunjukkan peningkatan dengan kategori tinggi. Maka dengan demikian, kesimpulan dari penelitian ini dapat dinyatakan bahwa terdapat perbedaan dan peningkatan terhadap hasil belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Sindangsari dengan menggunakan media pembelajaran teka-teki silang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amalia, N., Cahyaningsih, U. & Kurnio, Y. D. (2021). Studi Literatur: Teka Teki Silang Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Pendidikan.

Ananda, R. & Hayati, F. (2020). Variabel Belajar (Kompilasi Konsep). Medan. CV. PUSDIKRA MJ.

Arifin, Zaenal. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta: Rineka Cipta

Arikunto, S. (2014). Evaluasi Program Pendidikan : Pedoman Teeoritis Praktisi Pendidikan . Jakarta , Bumi Aksara .

Fitriani. (2016). Pengaruh Motivasi Belajar dan Disiplin Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP Karya Indah Kecamatan Tapung. Vol. 4, No. 2. Pendidikan.

Hanggara, A. (2018). Dasar-Dasar Statistika Manual dan SPSS. Bandung , Mujahid Press.

Hidayat, R. & Abdilah. (2019). Ilmu Pendidikan : Konsep, Teori dan Aplikasinya. Medan, Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI).

Juhaeni., Wiji, S., Wadud, A. J., Hadi, S., Azizah, I. N. & Safruddin. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar IPA Materi Perkembangbiakan Tumbuhan. Vol 2, No, 6. Pendidikan.

Kristanto, A. (2016). Media Pembelajaran. Jawa Timur, Bintang Sutabaya.

Kumala, F. N. (2016). Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Malang. Ediide Infografiak.

Maemunawati, S. & Alif, M. (2020). Peran Guru, Orang Tua, Metode dan Media Pembelajaran : Strategi KBM di Masa Pandemi Covid-19. Banten, 3M Media Karya Serang.

Prasasti, P. A. T. & Listiani, I. (2019). Pengembangan Pembelajaran Sains SD. Madiun, UNIPMA Press.

Riduwan.(2012). Belajar Mudah Penelitian.Bandung: Alfabeta

Sapriyah. (2019). Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Vol. 2, No. 1. Pendidikan.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung , Alfabeta .

Sulthon. (2016). Pembelajaran IPA yang Efektif dan Menyenangkan Bagi Siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI). Vol. 6, No. 1. Pendidikan.

Wirda, Y., Ulumudin, I., Widiputera, F., Listiawati, N. & Pujianita. S. (2020). Faktor-Faktor Determinasi Hasil Belajar Siswa. Jakarta. Pusat Penelitian Kebijakan, Badan Penelitian dan Pengembanganan dan Perbukuan, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Zaki, A. & Yusri, D. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Pelajaran PKN Di SMA Swasta Darussa’adah Kec. Pangkalan Susu. Vol. 7, No. 2. Pendidikan.

Zamzani, Nur B. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Crossword Puzzle (Teka-Teki Silang) Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas V SD Kalukuang Kecamatan Borombong Kabupaten Gowo. Skripsi.

Downloads

Published

2023-11-13

How to Cite

Nurdiansyah, A., Gunawana, A., & Sari, M. Z. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Teka-Teki Silang Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Lentera : Jurnal Kajian Bidang Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 59–65. https://doi.org/10.56393/lentera.v3i2.1826

Issue

Section

Articles