Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarnegaraan

Authors

  • Aidah Fauziyyah Universitas Pasundan
  • Asep Deni Normansyah Universitas Pasundan
  • Cahyono Cahyono Universitas Pasundan

DOI:

https://doi.org/10.56393/lentera.v4i1.2505

Keywords:

Audio Visual, Hasil Belajar, Pendidikan Pancasilan dan Kewarnegaraan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Media Pebelajaran Audio Visualdalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Metode yang digunakan peneliti ini yaitu pendekatan kuantitatif dengan metode ekperimen. Variabel independen dalam penelitian ini yaitu Audio Visual dan variabel dependen yaitu Hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan teknik nonprobability sampling. Sampel yang digunakan oleh peneliti yaitu di kelas VIII. Peneliti melakukan teknik pengumpulandata angket dengan serta pretest dan posttest yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik. Lalu, teknik analisis data penelitian menggunakan sebagai penunjang dalam penelitian ini agar penelitian ini dapat lebih konkrit diantaranya adalah Uji Normalitas, Uji Homogenitas, Uji Regresi Linear Sederhana dan Uji Hipotesis. Dari hasil penelitian ini memiliki respon yang posistif.Berdasarkan hasil regresi linear sederhananya Koefisien regresi X sebesarmemberikan pengaruh dengan nilai 0.241 terhadap variabel Y, uji hipotesis yaitu nilai signifikansi 0.001 < 0.05 maka simpulannya bahwa variabel X yaitu Audio Visual dan Variabel Y yaitu Hasil belajar. Berdasarkan nilai t hitung 3,478 > t tabel2,028 dapat disimpulkan bahwa variabel X yaitu Audio Visual dan Variabel Y yaituHasil belajar. Berdasarkan hasil uji hipotesis dapat diambil kesimpulan bahwasannya Ha diterima dan Ho ditolak karena adanya pengaruh yang signifikan dari variabel X yaitu Audio Visual dan Variabel Y yaitu Hasil belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Budiutomo, Tri Wahyu. "Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membentuk Karakter Bangsa." Academy Of Education Journal 4.1 (2013).

Fitria, Ayu. "Penggunaan media audio visual dalam pembelajaran anak usia dini." Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5.2 (2014).

Hidayat, Heri, et al. "Peranan Teknologi Dan Media Pembelajaran Bagi Peserta didik Sekolah Dasar Di Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan." Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha 8.2 (2020): 57-65.

https://jurnal.fkipuwgm.ac.id/index.php/pendasmahakam/article/view/229

Karo-Karo, Isran Rasyid, and Rohani Rohani. "Manfaat media dalam pembelajaran." AXIOM: Jurnal Pendidikan Dan Matematika 7.1 (2018).

Magdalena, Ina, Ahmad Syaiful Haq, and Fadlatul Ramdhan. "Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Sekolah Dasar Negri Bojong 3 Pinang." Bintang 2.3 (2020): 418-430.

Nana Sadjana, 2001. Media Pengajaran Jakarta: Sinar Baru Algesindo

Nomleni, Fransina Thresiana, and Theodora Sarlotha Nirmala Manu. "Pengembangan media audio visual dan alat peraga dalam meningkatkan pemahaman konsep dan pemecahan masalah." Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 8.3 (2018): 219-230.

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Subana,2013. Fungsi Dan Manfaat Media Pembelajaran, Jakarta : Rineka Cipta. Dimyati Dan Mudjono, 2006. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta:

Sudijono, Anas. 2014. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sulfemi, Wahyu Bagja. "Penggunaan metode demontrasi dan media audio visual dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik mata pelajaran Ips." Pendas Mahakam: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar 3.2 (2018): 151- 158.

Sundayana, Rostina. 2014. Media dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika.Bandung : Alfabeta

Wahyuningtyas, Rizki, and Bambang Suteng Sulasmono. "Pentingnya media dalam pembelajaran guna meningkatkan hasil belajar di Sekolah Dasar." Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan 2.1 (2020): 23-27.

Winarno. (2013). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan: Isi,Strategi,dan Penilaian. PT. Bumi Aksara.

Wulandari, S., Peni, R., Fahmi, M., & Ayuningtyas, F. A. (2023).Implementation e-learning for islamic education in class xii mipa 2 sma negeri 3 sidoarjo.

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Fauziyyah, A., Normansyah, A. D., & Cahyono, C. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarnegaraan. Lentera : Jurnal Kajian Bidang Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 19–27. https://doi.org/10.56393/lentera.v4i1.2505

Issue

Section

Articles