Pengembangan Permainan Secret Trail Untuk Perkembangan Kemampuan Sosial Emosional Kelompok A di Taman Kanak-Kanak

Authors

  • Dian Pratiwi Ramadhaniati Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • Rina Wijayanti Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • Ayu Asmah Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

DOI:

https://doi.org/10.56393/lentera.v1i2.552

Keywords:

Permainan Secret Trail, Emosional, Kemampuan Sosial

Abstract

Tujuan dalam penelitian adalah menghasilkan permainan secret trail yang layak digunakan  untuk perkembangan kemampuan sosial emosional kelompok A. Penelitian ini menggunakan  metode Research and Development (R&D) yang dikembangkan oleh Borg & Gall. Kelayakan  permainan ini berdasarkan hasil dari ahli materi, ahli permainan, dan anak kelompok A di TK  Harapan Bunda Desa Pamotan sebagai subjek uji coba. Instrumen pengumpulan data  menggunakan observasi, wawancara, angket, lembar observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis  data berupa kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah diuji dengan  beberapa tahap memperoleh hasil yaitu, hasil persentase dari validasi ahli materi 96,05%, validasi  ahli permainan 93,73%, sedangkan pada uji coba lapangan 91,66% dan 95% yang semua itu dalam  kategori “sangat layak”. Hasil tersebut menunjukkan bahwa permainan secret trail layak  digunakan, sehingga dapat dikatakan kegiatan permainan secret trail dapat mengembangkan sosial  emosional anak. Maka hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pengembangan permainan  secret trail sudah layak dan sangat baik digunakan untuk perkembangan kemampuan sosial  emosional kelompok A.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asmah, A. dan Wulandari T.C. (2017). Pengembangan Permainan Mahkota Berteman Untuk Pembelajaran Mengenalkan Konsep dan Lambang Bilangan Pada Anak Usia Dini. Jurnal Warna: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini. Vol. 02, No. 02.

Astini, B.N., dkk. (2017). Identifikasi Pemanfaatan Alat Permainan Edukatif (APE) dalam Mengembangkan Motorik Halus Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak. Vol. 6, Edisi 1.

Elfiadi. (2016). Bermain dan Permainan Bagi Anak Usia Dini. Itqan: Jurnal Ilmu ilmu Pendidikan. Vol. VII, No. 1.

Gultom, A. F. (2011). Guru Bukan Buruh. Malang: Servaminora.

Hale, C. B., Wadu, L. B., & Gultom, A. F. (2021). Keterlibatan Warga Negara Dalam Pembangunan Berkelanjutan Untuk Mewujudkan Lingkungan Yang Bersih. De Cive : Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 1(12). Retrieved from https://journal.actual-insight.com/index.php/decive/article/view/211

Hurlock, Elizabeth B. (2000). Perkembangan Anak, Jilid 1. Edisi: ed 6. Jakarta: Erlangga.

Huwaina, I. (2018). Perkembangan Sosial Emosional Anak Melalui Permainan Gerak Dan Lagu Di Taman Kanak-Kanak Assalam I Sukarame Bandar Lampung. Skripsi. Universitas Islam Negeri

Jannah, F.N. dan Rohayati S. (2014). Penerapan Problem Based Instruction Dengan Media Permainan Hunting Treasure Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Motivasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi. Vol. 2, No. 2.

Legawan, K.D. (2007). Permainan Mencari Harta Karun Sebagai Teknik Pembelajaran Membaca Denah Pada Siswa Kelas VII F SMP Negeri 2 Mandiraja Tahun Ajaran 2006/2007. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Mansur. (2005). Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Islam / Mansur. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Musfiroh. (2016). Bermain dan Permainan Anak. Universitas Terbuka.

Nuha, U. (2018). Permainan “Treasure Hunt” Sebagai Sebuah Strategi Pembelajaran Bahasa Arab. Tarbiya Islamia: Jurnal Pendidikan dan Keislaman. Vol. 7, No. 2.

Nurjannah, N. (2017). Mengembangkan Kecerdasan Sosial Emosional Anak Usia Dini Melalui Keteladanan. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling dan Dakwah Islam. Vol. 14, No. 1.

Permendikbud No. 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.

Rofiah, N. (2017). Upaya Meningkatkan Kerjasama Dan Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Ips Materi Perkembangan Teknologi Produksi, Komunikasi Dan Transportasi Melalui Metode Permainan Treasure Hunt Di Kelas Iv Mim Tambakan Ajibarang. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Sudjiono, A. (2009). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wardany, M.P. (2017). Pengaruh Aktivitas Bermain Kooperatif Terhadap Perkembangan Sosial-Emosional Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Pertiwi Kalibening Pekalongan Lampung Timur. Skripsi. Universitas Lampung.

Wijayanti, R. (2016). Permainan Tradisional Sebagai Media Pengembangan Kemampuan Sosial Anak. Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education). Vol. 04 No. 1

Downloads

Published

2021-12-30

How to Cite

Ramadhaniati, D. P., Wijayanti, R., & Asmah, A. (2021). Pengembangan Permainan Secret Trail Untuk Perkembangan Kemampuan Sosial Emosional Kelompok A di Taman Kanak-Kanak . Lentera : Jurnal Kajian Bidang Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(2), 49–56. https://doi.org/10.56393/lentera.v1i2.552

Issue

Section

Articles