Tinjauan Hukum Syariah Terhadap Pelaksanaan Transaksi Pada Peternak Ayam Broiler

Authors

  • Windu Baskoro Sekolah Tinggi Ekonomi Islam Yogyakarta
  • Muhamad Muhamad Sekolah Tinggi Ekonomi Islam Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.56393/nomos.v4i4.2401

Keywords:

Peternak, Transaksi, Hukum syariah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran transaksi kerjasama antara PT Trisula Bintang dengan peternak ayam broiler yang berada di Kapanewon Lendah Kulon Progo Yogyakarta. Kemudian peneliti juga meninjau dari segi pandangan hukum syariah suatu transaksi perjanjian tersebut.Penelitian ini merupakan penelitian kwalitatif dengan pendekatan studi kasus. Populasi penelitian ini sebanyak tiga peternak dari tujuh peternak di kapanewon Lendah yang bekerja sama dengan PT Trisula Bintang Utama. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan obsevasi. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan normatif , yaitu cara menyelesaikan masalah dengan melihat apakah persoalan itu benar atau tidak, diperbolehkan tidak berdasarkan hukum syariah.Transaksi  pada peternak ayam broiler dengan PT Trisula Bintang Utama di Kapanewon Lendah yaitu pihak PT Trisula Bintang Utama memberikan berupa sarana produksi bibit, pakan, obat, kimia, dan pendampingan dalam budidaya kemudian peternak mitra membudidayakan ayam broiler sampai panen. Pandangan hukum syariah terhadap pelaksanaan transaksi antara peternak ayam broiler dengan PT Trisula Bintang Utama yaitu  memenuhi empat rukun ijaroh sehingga transaksi tersebut sah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Baihaqi, M. (2023). Sistem Perlindungan Pekerja Penyapu Jalan Kota Banda Aceh Dalam Perspektif Ijârah ‘Ala Al-‘Amâl (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry Fakultas Syariah dan Hukum).

Candra, A. F. (2023). Implementasi Hukum Ekonomi Syariah terhadap sewa jasa dengan sistem maklon pada vendor seragam: Studi kasus di vendor seragam M Cloth UKM LIKM UIN SGD Bandung (Doctoral dissertation, UIN Sunan Gunung Djati Bandung).

Daulay, S. A., Harahap, J., & Lubis, A. (2023). Analisis Tentang Praktik Ba’i Al Wafa’Sawah di Desa Parannapa Jae Menurut Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal Nuansa: Publikasi Ilmu Manajemen dan Ekonomi Syariah, 1(4), 90-103.

Dwiyanto, A. 2002. Reformasi Birokrasi Publik Indonesia. Yogyakarta: UGM Hafsah, J.M. 2000. Kemitraan Usaha Konsep dan Strategi. Cetakan Kedua. PT.Penerbit

Fatimah, S. (2011). Pelaksanaan Sistem Bagi Hasil Peternak Sapi di Desa Sejangat di Tinjau Menurut Konsep Mudharabah (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).

Firdaus, M. N. (2022). Implementasi Usaha Peternakan Ayam Pedaging Dengan Sistem Kemitraan Ditinjau Dari Perspektif Ekonomi Syariah (Studi Kasus Peternakan Ayam Pedaging Di Desa Geuni Kecamatan Krueng Sabee Kabupaten Aceh Jaya) (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry).

Fitriyana, E., & Damayanti, W. D. W. (2024). Analisis Sewa Menyewa Tanah Dengan Sistem Bayar Musim Panen Menurut Fatwa DSN No. 112/DSN-MUI/IX/2017 (Studi Kasus di Desa Lempuyang Bandar Way Pengubuan Lampung Tengah). Berkala Hukum, Sosial dan Agama, 1.

Hamid, A. (2019). Analisis Hukum Islam Terhadap Pola Kemitraan Usaha Peternakan Ayam Potong di Panca Rijang Sidrap. DIKTUM: Jurnal Syariah dan Hukum, 17(2), 245-263.

Husniyyah, U. (2020). Tinjauan Fiqh Muamalah Terhadap Akad Jual Beli Online Pada Layanan Go-Mart di Aplikasi Go-Jek. Al-Iqtishod: Jurnal Ekonomi Syariah, 2(2), 105-122.

Kusumastuti, T. A., & Widiati, R. (2024). Kemitraan Broiler: Pola Bisnis atau Pemberdayaan Peternak. UGM PRESS.

Sari, D. M. (2022). Implementasi Kemitraan Pada Usaha Peternakan Ayam Broiler Di Kecamatan Bagan Sinembah, Kabupaten Rokan Hilir, Riau Menurut Perspektif Ekonomi Islam (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).

Sisminawati, S., & Suminto, A. (2021). Dualisme Akad Ijarah Dan Ijarah Muntahiyah Bit-Tamlik (IMBT) Perspektif Fiqh Muamalah. Musyarakah: Journal of Sharia Economic (MJSE), 1(1), 80-88.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung:Alfabeta

Ulfa, D., Suyatno, A., & Dewi, Y. S. K. (2021). Pola Dan Kinerja Kemitraan Pada Usaha Peternakan Ayam Broiler Di Kabupaten Kubu Raya Kalimantan Barat. Analisis Kebijakan Pertanian, 19(1), 19-32.

Windari, W. (2024). Kontrak Jasa: Ijarah dan Ijarah Muntahiyah Muntahiya Bit Tamlik. Al-Masharif: Jurnal Ilmu Ekonomi dan Keislaman, 12(1), 48-59.

Downloads

Published

2024-08-07

How to Cite

Baskoro, W., & Muhamad, M. (2024). Tinjauan Hukum Syariah Terhadap Pelaksanaan Transaksi Pada Peternak Ayam Broiler . Nomos : Jurnal Penelitian Ilmu Hukum, 4(4), 142–149. https://doi.org/10.56393/nomos.v4i4.2401

Issue

Section

Articles