Proses Pembelajaran Pendidikan Pancasila Melalui Model Inside Outside Circle untuk Membentuk Karakter Peserta Didik

Authors

  • Kartika Amelia Tuasamu Sekolah Menengah Pertama Sunan Kalijogo Jabung

DOI:

https://doi.org/10.56393/pedagogi.v2i2.1118

Keywords:

Pendidikan Pancasila, Model Inside Outside Circle, Karakter Peserta Didik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran Pendidikan Pancasila melalui model pembelajaran Inside Outside Circle. Konteksnya untuk membentuk karakter peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara secara langsung kepada narasumber. Teknik analisis data dilakukan dengan interpretasi melalui pembacaan kritis pada data yang ditemukan melalui proses pembelajaran. Hasil penelitian menemukan bahwa pertama, model pembelajaran inside outside circle memiliki struktur yang jelas serta terstruktur, peserta didik dapat bekerja sama dengan teman sebayanya melalui bergotong royong serta membagi informasi yang didapatkan saat proses pembelajaran. Model pembelajaran ini mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan adanya dukungan dari peserta didik dalam penerapan model pembelajaran inside outside circle. Penerapan model pembelajaran inside outside circle dalam proses pembelajaran Pendidikan Pancasila mendasarkan pada nilai-nilai Ketuhanan, Kemanusiaan, Persatuan, Kerakyatan, dan Keadilan. Dengan model ini peserta didik tidak hanya mudah memahami materi yang akan guru sampaikan, namun juga akan dapat mengembangkan kreativitas dan aktivitas selama proses pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akhiruddin, A., Sukmawati, S., Jalal, J., Sujarwo, S., & Ridwan, R. (2021). Inside-Outside Circle Instructional Model for Multicultural Education. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 54(2), 399-405.

Ambarita, T. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Inside-Outside Circle Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Peserta didik Pada Mata Pelajaran PKn. Anthropos: Jurnal Antropologi Sosial dan Budaya (Journal of Social and Cultural Anthropology), 3(1), 43-47.

Angrawati, W., & Al Hamdani, M. D. (2018). Penggunaan Metode Pembelajaran Inside-Outside Circle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Penelitian Tindakan Kelas Di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 4 Cintanagara, Jatinagara, Kabupaten Ciamis). Jurnal Penelitian Pendidikan Islam,[SL], 6(2), 255-278.

Azmi, N. (2015). Model Pembelajaran Inside Outside Circle (Ioc)) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik Dalam Proses Pembelajaran. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 2(1).

Irwanto, I. (2020). Pengaruh penerapan model pembelajaran inside outside circle berasosiasi pendekatan kontekstual terhadap prestasi belajar peserta didik kelas IV dalam aspek kognitif pada mat pelajaran PKn di SDN Cikuda 0 (Doctoral dissertation, Universitas Djuanda Bogor).

Mukrimaa, S.S. (2014). 53 Metode Belajar dan Pembelajaran Plus Aplikasinya. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia

Nuraeni, R., & Luritawaty, I. P. (2017). Perbandingan kemampuan pemahaman matematis peserta didik antara yang menggunakan pembelajaran inside-outside-circle dengan konvensional. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 441-450.

Nurhidayati, N., Muhammad, S., & Ade, S. M. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Inside Outside Circle Terhadap Hasil Belajar Ips Peserta didik Kelas Iv Pada Tema 1 Indahnya Kebersamaan Di Sdn 15 Batang Barus Kabupaten Solok (Doctoral Dissertation, Universitas Bung Hatta).

Relawati, R., & Dewi, S. (2020). Perbandingan Kemampuan Penalaran Melalui Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaning Dengan Model Pembelajaran Inside Outside Circle. Jurnal Math-UMB. EDU, 8(1).

Silvianah, V. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inside-Outside Circle Terhadap Motivasi Belajar Peserta didik Pada Mata Pelajaran PKn Kelas V di MI Masyarikul Anwar Iv Sukabumi Bandar Lampung (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Wahyudi, D., & Marwiyanti, L. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Inside Outside Circle Dalam Mata Pelajaran Akidah Akhlak. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 7(2), 267-292.

Winkel, W. S., & Hastuti, M. S. (2005). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Media Abadi

Downloads

Published

2022-07-28

How to Cite

Tuasamu, K. A. (2022). Proses Pembelajaran Pendidikan Pancasila Melalui Model Inside Outside Circle untuk Membentuk Karakter Peserta Didik. Pedagogi : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 50–53. https://doi.org/10.56393/pedagogi.v2i2.1118

Issue

Section

Articles