Penyuluhan dan Pelatihan Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Satu Lembar Bagi Guru Sekolah Menengah Pertama

Authors

  • Umi Chotimah Universitas Sriwijaya
  • Emil El Faisal Universitas Sriwijaya
  • Camellia Camellia Universitas Sriwijaya
  • Sulkipani Sulkipani Universitas Sriwijaya
  • Mariyani Mariyani Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.56393/jpkm.v1i1.1393

Keywords:

Penyuluhan dan Pelatihan, Pendampingan Guru, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Abstract

Salah satu perencanaan pembelajaran yang penting bagi guru adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Kegiatan pembelajaran tidak akan berjalan dengan baik tanpa adanya perencanaan pembelajaran. Tujuan dari Pengabdian ini adalah memberikan penyuluhan, pelatihan serta pendampingan kepada guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan pada Sekolah Menengah Pertama di Provinsi Sumatra Selatan untuk Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran 1 lembar. Metode dan bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah pelatihan, dengan teknik : ceramah secara daring yang divariasikan dengan diskusi dan tanya jawab, penugasan dan demonstrasi produk. Hasil kegiatan ini menunjukkan saat tes awal peserta yang mendapatkan nilai ≥ 50 sebanyak 10 orang atau sebesar 36 %. Setelah diadakan pelatihan, hasil tes akhir peserta menunjukkan 4 orang peserta yang mendapatkan nilai ≥ 50 atau sebesar 14 %, artinya terdapat peningkatan sebesar 22 % dan n-gain sebesar 0,5 dengan katagori sedang. Dengan demikian kegiatan penyuluhan dan pelatihan yang dilakukan memberikan peningkatkan pemahaman yang cukup siginifikan bagi guru mengenai penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran 1 lembar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Basuki, J. (2021). Tantangan Ilmu administrasi Publik: Paradigma baru Kepemimpinan Aparatur Negara. Public Inspiration: Jurnal Administrasi Publik, 6(2), 160-181.

Bhakti, C. P., & Maryani, I. (2016). Peran LPTK dalam Pengembangan Kompetensi Pedagogik Calon Guru. JP (Jurnal Pendidikan): Teori Dan Praktik, 1(2), 98-106.

Hake, R, R. (1999). Analyzing Change/Gain Scores. AREA-D American Education Research Association’s Devision.D, Measurement and Reasearch Methodology. Inservice Eduation. Jakarta: Rineka Cipta

Kunandar. (2011). Guru Profesional (Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan Sukses dalam Sertifikasi Guru). Jakarta: Raja Grafindo Persada

Muhardi, M. (2004). Kontribusi pendidikan dalam meningkatkan kualitas bangsa Indonesia. Mimbar: Jurnal Sosial dan Pembangunan, 20(4), 478-492.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah,

Sabri, A. (2020). Pendidikan Islam Menyongsong Era Industri 4.0. Deepublish.

Sahertian, Piet A., dan Sahertian, Ida Aleida. (2000). Supervisi Pendidikan: dalam Rangka Program

Sanjaya, Wina. (2009). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Surat edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Penyebaran corona Virus disease (COVID-19)

Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen

Wahyuni, Sri dan Ibrahim, Abd S. (2012). Perencanaan Pembelajaran Bahasa Berkarakter. Malang: Refika Adita

Downloads

Published

2021-06-30

How to Cite

Chotimah, U., Faisal, E. E., Camellia, C., Sulkipani, S., & Mariyani, M. (2021). Penyuluhan dan Pelatihan Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Satu Lembar Bagi Guru Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 26–31. https://doi.org/10.56393/jpkm.v1i1.1393

Issue

Section

Articles