Peningkatan Kesadaran Terhadap Pentingnya Memahami Kontrak Kerja Bagi Para Pencari Kerja Dalam Perspektif Yuridis

Authors

  • Zainul Akhyar Universitas Lambung Mangkurat
  • Muhammad Elmy Universitas Lambung Mangkurat

DOI:

https://doi.org/10.56393/jpkm.v4i2.1876

Keywords:

Kontrak kerja, Pencari kerja, Yuridis

Abstract

Pada awalnya sistim kontrak kerja diterapkan dalam sector swasta formal; namun sekarang ini sudah menjalar dan dipraktikkan di smua sektor/ bidang pekerjaan; termasuk sector pemerintahan juga dikenal dengan istilah Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K). Dengan demikian persoalan perjanjian kerja penting dipahami bagi pencari kerja sebelum perjanjian itu ditandatangani agar mereka lebih dapat memahami tentangapa saja konsekwensi hukum dari suatu perjanjian. Untuk itu peningkatan kesadaran pentingnya memahamai kontrak kerja merupakan sebuah kebutuhan bagi pencari kerja. Kegiatan penyuluhan ini dilakukan dalam bentuk workshop dan pelatihan yang didalamnya disertai dengan ceramah serta diskusi kasus. Kegiatan dihadiri sebanyak 40 peserta. Kegiatan penyuluhan yang dilakukan pada pencari kerja dinilai oleh para peserta sangat penting dan memberikan manfaat yang berarti dalam pemahaman mereka mengenai proses dan isi perjanjian kerja secara yuridis. Karena itu mereka memandang perlu kegiatan seperti ini dilanjutkan dan diperluas sasarannya. Selanjutnya dengan adanya kegiatan penyuluhan yang diberikan, peserta semakin menyadarkan diri mereka betapa pentingnya penguasaan, pemahaman dan kesadaran hukum agar apa yang dilakukan dan disepakati dalam perjanjian kerja tidak bertentangan dengan hukum.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asikin, Zainal; 2012, Pengantar Tata Hukum Indonesia; Penesrbit, PT. Rajia Grafilndo Pearsadah, Jakarta.

Abdussalam dan Adri Desasfuryanto; 2015, Hukum Ketenagakerjaan /Hukum Perburuhan; Penerbit PTIK Jakarta

Effendi, Masyhury; 1994, Dimensia Dinamika, Hak Asasi Manusia Dalam Hukum Nasional dan Internasional; Penerbit Ghalia Indonesia, Jakarta.

Fuady, Munir; 2014, Doktrin-Doktrin Modern dalam Corporate Law dan Eksistensinya Dalam Hukum Indonesia; Penerbit Citra Aditya Bakti, Bandung.

Hariyono, Iwan Nugroho dkk; 2013, Membangun Negara Hukum Yang Bermartabat; Penerbit Setara Press, Malang.

Hamidi, Jazim Hamidi; 2011, Hermeunitika Hukum, Sejarah, Filsafat dan Metode Tafsir; Malang, UB Press.

Kaelan; 2009, Filsafat Pancasila Pandangan Hidup Bangsa Indonesia; Penerbit Paradigma, Yogyakarta.

Kurnia, Titon Slamet; 2014, Konstitusi HAM, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia; Penerbit Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Nurtjahyo, Hendra; 2005, Ilmu Negara, Pengembangan Teori Bernegara dan Suplemen; Penerbit, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Poepoprodjo; 1988, Filsafat Moral, Kesusilaan Dalam Teori dan Praktik; Penerbit, Remaja Karya, Bandung.

Ramli, Lanny; Hukum Ketenagakerjaan; 2008, Penerbit Airlangga University Press; Surabaya.

Sarbaini & Zainul Akhyar; 2013, Pendidikan Kewarganegaraan; Membina Karakter Warga Negara Yang Baik; Penerbit Laboratorium Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Universitas lambung Mangkurat; Banjarmasin.

Sekretariat Jenderal dan Kepaniteraan Mahkamah Konstitusi; 2008; Undang-Undag Dasar Negara Republik IndonesiaTahun 1945 dan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2003 Tentang Mahkamah Konstitusi

Suharnoko; Hukum Perjanjian; 2004, Teori dan Analisis Kasus; Penerbit Prenada Media; Jakarta.

Setiawan, R.; 2011, Pokok-Pokok Hukum Perikatan; Penerbit Putra A. Bardin; Bandung; 1999. Soeroso, R.; Perjanjian di Bawah Tangan; Pedoman Praktis Pembuatan dan Aplikasi Hukum;Penerbit Sinar Grafika; Jakarta.

Sudikno Mertokusumo; 2012, Teori Hukum, Yogyakarta; Cahaya Atma Pustaka.

Undang-Undang No. 39 Tahun 1999 tentan Hak Sasi Manusia

Undang-Undang No. 4 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara; 2014, Penerbit Jogya Bangkit Publisher, Jogyakarta.

Undang-Undang No. 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan; 2014, Penerbit Jogya Bangkit Publisher, Jogyakarta.

Yovita A. Mangesti dan Bernard L. Tanya; 2014, Moralitas Hukum; Penerbit GENTA Publishing; Joryakarta.

Zaenal Asyhadie; 2013, Hukum Kerja, hukum Ketenagakerjaan Bidang Hubungan Kerja; Penerbit PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Zainuddin Ali; 2014, Metode Penelitian Hukum, Jakarta: Penerbit Sinar Grafika,.

Downloads

Published

2023-12-12

How to Cite

Akhyar, Z., & Elmy, M. (2023). Peningkatan Kesadaran Terhadap Pentingnya Memahami Kontrak Kerja Bagi Para Pencari Kerja Dalam Perspektif Yuridis. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 131–140. https://doi.org/10.56393/jpkm.v4i2.1876

Issue

Section

Articles